Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung Semua Tipe

Bursa HP Samsung – Cara menampilkan persentase baterai di status bar Samsung cukup mudah. Bagi sebagian pengguna hp Android, visualisasi persentase baterai merupakan sebuah fitur yang penting. Fitur ini berguna sebagai indikator untuk mengetahui seberapa banyak kapasitas baterai yang tersisa, sehingga pengguna bisa menentukan waktu pengecasan seoptimal mungkin.

Untuk menampilkan persentase baterai di hp Samsung cara melakukannya bisa dengan aplikasi atau tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Kami sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan fitur bawaan Samsung, dimana untuk mengaktifkan fitur peresentase baterai hp Samsung ini kalian bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan.

| Baca Juga : Cara Mudah Kalibrasi Baterai Samsung

Meski cara tersebut terbilang mudah, namun masih banyak pengguna Samsung Galaxy yang kesulitan mencari fitur untuk menampilkan persentase baterai. Karena letak dari pengaturan yang cukup tersembunyi, sehingga banyak pengguna yang kesulitan mencarinya terutama para pengguna baru yang masih belum terbiasa dengan antarmuka Samsung One UI.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

Dalam antarmuka Samsung One UI ini terdapat beberapa fitur keren dan menarik yang bisa kalian coba. Meski merupakan interface terbaru dari Samsung, namun UI ini hampir sama dengan UI sebelumnya. Dimana tampilan One UI ini terasa lebih ringan dan smooth, serta terdapat beberapa tambahan fitur anyar yang sangat bermanfaat.

Cara menampilkan visualisasi persentase baterai Samsung ini cukuplah mudah, apabila ingin mengaktifkan fitur ini kamu hanya perlu melakukan beberapa opsi pengaturan di smartphone. Dimana untuk lebih jelasnya kamu bisa mencoba beberapa cara seperti yang akan BursaHpSamsung jelaskan pada artikel dibawah ini :

Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Persentase Baterai Samsung

Cara pertama untuk menampilkan persentase baterai yakni menggunakan fitur bawaan dari Samsung, sehingga kita tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan. Dimana cara mengaktifkannya kita hanya perlu buka ke Settings, lalu melakukan beberapa opsi pengaturan, untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak tutorial berikut ini :

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Settings pada hp Samsung.
  2. Kemudian cari dan pilih opsi menu Notifications atau Notifikasi.
  3. Lalu kamu pilih menu Status bar untuk masuk ke pengaturan lanjut.
  4. Setelah itu, kamu aktifkan menu Show battery percentage.
  5. Jika sudah, maka persentase baterai akan muncul di status bar bagian kanan atas layar.

Catatan : Selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa melihat persentase baterai Samsung tanpa hurus mengaktifkan fitur show battery percentage. Untuk caranya kamu bisa buka menu “Settings > About Phone > Battery Information“, disana kamu akan melihat informasi lebih lengkap mengenai baterai dari smartphone.

| Baca Juga : Harga Baterai Original di Samsung Center

Menggunakan Aplikasi Battery Percentage

Apabila merasa tutorial diatas cukup ribet, kalian bisa mencoba cara menampilkan persentase baterai Samsung dengan menggunakan aplikasi Battery Percentage. Dimana cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu download aplikasi bernama Battery Percentage dari Play Store.


Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk tampilkan persentase baterai Samsung, seperti AIDA64, CPU-Z, maupun AccuBattery. Namun kami rasa aplikasi Battery Percentage sudah cukup baik, dengan pengaturan yang sangat mudah digunakan dan memiliki user interface yang simple.

| Baca Juga : Cara Matikan Hp Samsung Baterai Tanam

Kedua cara untuk menampilkan persentase baterai diatas bisa kamu coba terapkan pada hampir semua smartphone Samsung dengan antarmuka One UI, serti Galaxy A11, M11, S21, dan masih banyak lagi. Namun untuk perangkat Samsung seri terdahulu juga tersedia fitur ini, hanya saja pada cara mengaktifkannya yang berbeda.


Dengan adanya persentase baterai yang muncul di status bar Samsung, akan dapat mempermudah pengguna untuk mengetahui kondisi baterai smartphone secara akurat. Apabila kurang nyaman dengan adanya fitur tersebut, dan ingin menghilangkannya maka kamu hanya perlu mengulang langkah yang sama seperti cara diatas.

Demikian informasi singkat dari kami mengenai cara menampilkan persentase baterai di hp Samsung semua tipe, semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita semua mengenai smartphone Samsung. Terima kasih!