Cara Kalibrasi Baterai HP Samsung Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Kalibrasi Baterai HP Samsung

Cara kalibrasi baterai hp Samsung penting sekali untuk dilakukan, mengingat baterai merupakan bagian penting dari sebuah smartphone. Diibaratkan sebagai nyawa dari smartphone, baterai berguna sebagai penyuplai daya tegangan untuk mendukung semua fungsi dan kegunaan handphone dalam menunjang semua aktivitas pengguna sehari-hari.

Kesehatan baterai juga dapat mempengaruhi performa handphone, jika baterai dirasa mulai error maka performa yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Salah satu error yang sering terjadi yaitu pada indikator persentase baterai yang mulai bermasalah. Misalnya pada indikator baterai menunjukkan sisa 30%, tetapi baru beberapa menit ponsel tiba-tiba mati sendiri.

| Baca Juga : Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu

Kapan Kalibrasi Baterai Dilakukan?

Cara kalibrasi baterai sebenarnya tidak perlu dilakukan secara rutin atau berkala, terlebih jika hp Samsung kalian dirasa masih aman-aman saja. Namun dalam beberapa hal kalian harus segera melakukan kalibrasi baterai, seperti apabila kalian mengalami masalah-masalah berikut ini :

  • Smartphone suka tiba-tiba mati sendiri.
  • Ketika di charge persentase baterai malah berkurang.
  • Status persentase baterai suka berubah-ubah.
  • Baterai cepat habis, meski baru di charge.

Pada dasarnya kalibrasi baterai ini berfungsi untuk mengatur ulang status persentase baterai Samsung, agar data yang ditampilkan akurat. Sehingga proses kalibrasi ini tidak membuat baterai pada smartphone menjadi lebih hemat. Karena daya tahan baterai sebenarnya tergantung seberapa sering kita menggunakan smartphone tersebut.

| Baca Juga : Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung

Cara Kalibrasi Baterai HP Samsung

Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk kalibrasi baterai smartphone yang mulai error. Namun pada artikel kali ini Bursahpsamsung.com akan membagikan cara melakukan kalibrasi baterai Samsung tanpa aplikasi. Langsung saja kalian bisa mencoba tutorial lengkapnya berikut ini :

  1. Cara kalibrasi ini hanya bisa untuk hp Samsung, namun sebelum melakukannya pastikan baterai dalam kondisi baik. Yang artinya batrai tidak bocor, menggelembung, atau mengalami kerusakan serius. Silahkan lakukan kalibrasi ketika daya baterai tersisa 10-15%.
  2. Masuk ke menu dial telepon yang ada di hp Samsung, lalu ketikan kode rahasia *#0228#. Setelah mengetikan kode tersebut, maka secara otomatis akan masuk ke menu “BatteryStatus“.
    Kalibrasi Baterai Samsung
  3. Pada menu BatteryStatus ini terdapat beberapa informasi penting seputar baterai yang kita miliki, mulai dari Voltage, Status Charging, dll
  4. Selanjutnya, lihat bagian bawah lalu tekan tombol “Quick Start“. Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa FuelGauge akan direset, langsung saja klik “OK” untuk memulai proses kalibrasi baterai Samsung.
    Kalibrasi Baterai Samsung
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses kalibrasi selesai. Jika sudah, kita diharuskan untuk non-aktifkan smartphone, lalu charge baterai ponsel hingga penuh.
  6. Jika sudah penuh, biarkan hp tetap di charge selama 30-60 menit. Lalu cabut kabel charger dan biarkan handphone tetap dalam kondisi mati selama 2 jam. Terakhir tinggal nyalakankan smartphone, dan berharap baterai kembali normal.
  7. Lakukan kalibrasi hanya jika baterai kamu benar-benar mengalami masalah. Jika tidak ada masalah, sebaiknya tidak perlu melakukan kalibrasi.

| Baca Juga : Cara Atasi Fingerprint Samsung Error

Catatan : Proses kalibrasi ini tidak bisa mengembalikan performa baterai seperti pertama beli, namun kalibrasi ini dapat menstabilkan kembali penggunaan daya baterai pada smartphone. Jangan lakukan kalibrasi secara berulang-ulang, karena akan merusak baterai smartphone.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara kalibrasi baterai hp Samsung. Langsung saja kalian bisa mencoba cara diatas untuk mengatur ulang status persentase baterai pada hp Samsung kalian. Akhir kata, cukup informasi dari kami kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.