Cara Mematikan HP Samsung Baterai Tanam Yang Hang atau Lemot

Mematikan hp Samsung merupakan cara paling mudah dan efektif untuk mengatasi masalah smartphone yang hang atau stuck. Apabila tidak bisa dimatikan secara normal yakni dengan menekan tombol power, langkah pertama yang bisa kita lakukan ialah dengan melepas baterai handphone yang berfungsi sebagai sumber daya.

Namun saat ini hampir semua smartphone sudah mengusungkan konsep unibody atau baterai tanam, sehingga kita tidak bisa bebas melepas baterai-nya. Dimana smartphone jenis ini memiliki baterai yang tertanam dan menyatu ke bodi dengan perantara kabel fleksibel, berbeda dengan ponsel jaman dulu yang pada baterai-nya tidak memerlukan kabel sama sekali.

| Baca Juga : Cara Mengaktifkan 2 WhatsApp di Hp Samsung

Ketika smartphone mengalami hang tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan, karena semua respon tidak akan bisa terdeteksi dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara yang akan kami bagikan berikut ini supaya bisa mematikan smartphone dan dapat kembali normal tidak hang ataupun stuck lagi.

Cara Mematikan HP Samsung Baterai Tanam

Lantas untuk mematikan hp Samsung baterai tanam yang mengalami hang juga cukup mudah, ada beberapa cara yang biasa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berbeda dengan merek lain, pada hp Samsun tidak akan tersedia tombol khusus yang bisa digunakan untuk mematikan smartphone secara paksa.

Meski terbilang mudah, namun masih ada saja pengguna yang tidak mengetahui cara mematikan hp Samsung yang alami hang. Dimana untuk atasi permasalahan tersebut kamu hanya perlu lakukan beberapa langkah saja, dimana untuk lebih jelasnya kamu bisa mencoba beberapa cara seperti yang akan BursaHpSamsung jelaskan berikut ini :

1. Tekan Tombol Power + Volume Bawah

Cara Mematikan Hp Samsung Hang

Cara pertama untuk mematikan hp Samsung yang alami stuck atau hang, yaitu dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa saat. Sama seperti kebanyakan ponsel Android lainnya, cara tersebut juga bisa kamu praktekkan untuk memperbaiki smartphone merek lain yang mengalami hang.

Jika menekan tombol power dan volume bawah pada hp Samsung hanya sebentar, hal ini justru akan memunculkan fungsi sebagai screenshot. Namun apabila kamu menekan kombinasi tombol tersebut hingga 3 – 5 detik maka akan muncul opsi pilihan screen dan restart, jadi kamu pilih saja menu Restart.

2. Tunggu Hingga Baterai Habis

Selain menggunakan cara diatas, kamu juga bisa mematikan hp Samsung yang hang dengan membiarkannya hingga baterai benar-benar habis. Meski cara ini terbilang simple dan mudah namun memakan waktu yang lumayan lama, karena kita harus menunggu smartphone berjam-jam hingga daya pada baterai habis total.


| Baca Juga : Cara Masuk Recovery Mode di Hp Samsung

Jika baterai sudah benar-benar habis, kita tinggal mengisinya kembali lalu menyalakan handphone Samsung seperti biasa. Kemudian kamu tinggal menghapus data chace Samsung dan juga membersihkan file sampah yang tidak digunakan. Atau kamu juga bisa mereset ke kondisi pabrik untuk memastikan masalah tersebut tidak akan muncul kembali.

3. Membawa ke Samsung Service Center

Apabila kedua cara diatas masih belum berhasil, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk atasi smartphone yang hang yakni membawanya ke Samsung Service Center. Disana kamu akan ditanya oleh teknisi mengenai semua kendala yang pada handphone, dan jika sudah jelas mereka akan langsung melakukan perbaikan.


Biasanya proses perbaikan ini akan selesai dalam beberapa jam, namun hal tersebut juga tergantung dari banyaknya pelanggan dan ketersediaan part. Samsung Service Center akan menghubungi apabila proses perbaikan sudah selesai, pastikan juga nomor telepon yang kamu gunakan selalu aktif.

| Baca Juga : Cara Menghilangkan Samsung Pay di Ponsel

Itulah cara mudah dan cepat mematikan hp Samsung baterai tanam yang mengalami hang atau stuck. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga berbagai informasi menarik dari ponsel samsung lainnya di Bursa HP Samsung.