Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Menghapus file sampah di hp Samsung cukup mudah, cara ini berguna untuk membersihkan file tersembunyi yang dapat membuat memori serta RAM smartphone cepat penuh. Dengan rutin membersihkan sekaligus menghapus file sampah di hp Samsung tentu akan membuat performa dan kinerja dari hp Samsung kita dapat selalu terjaga.

File sampah ini sendiri merupakan berkas yang tersimpan lama dalam memori smartphone dan menumpuk namun tidak memiliki manfaat yang berarti. Selain itu, file sampah yang menumpuk juga akan membuat hp Samsung kamu menjadi lemot dan tidak dapat bekerja optimal. Sehingga kita membutuhkan cara untuk menghapus file sampah di Samsung agar performa dan kinerja ponsel normal kembali.

| Baca Juga : Cara Hapus Data Cache di Hp Samsung

Semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka file sampah yang tersimpan di ruang memori hp Samsung juga akan semakin menumpuk. Hal ini tentu akan membuat performa dari smartphone akan menurun, maka dari itu sebagai pengguna kita juga harus sesering mungkin menghapus file sampah agar kinerja dari smartphone tetap optimal.

Cara Menghapus File Sampah Samsung

Ada beberapa cara ampuh yang bisa kita coba untuk hapus file sampah pada ponsel Samsung, yakni secara manual ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Samsung sendiri sudah menyediakan fitur pembersih file sampah pada semua smartphone besutannya, sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengunduh aplikasi cleaner atau pembersih.

Meski terbilang mudah, namun masih ada saja pengguna yang tidak tahu cara untuk membersihkan file sampah yang tersimpan di hp Samsung. Dimana untuk melakukannya kamu hanya perlu masuk ke menu “Settings” lalu lakukan beberapa pengaturan. Langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya yang akan dibagikan oleh BursaHpSamsung berikut ini :

  1. Pertama-tama, silahkan buka menu Settings atau Pengaturan di hp Samsung kamu.
  2. Lanjut scroll ke bawah, lalu cari dan pilih menu Device Care atau Pemeliharaan.
  3. Setelah itu, silahkan kamu pilih opsi Storage atau Penyimpanan pada tampilkan smartphone.
  4. Silahkan kamu tekan tombol Clean Now.
  5. Maka semua file sampah dan data cache yang tersimpan di hp Samsung akan terhapus secara otomatis.

| Baca Juga : Cara Menghubungkan Hp Samsung ke TV

Hapus File Sampah Secara Manual

Selain cara di atas, masih ada beberapa cara lagi yang juga ampuh untuk membersihkan file sampah yang ada pada hp Samsung. Dimana caranya yakni dengan menghapus file sampah secara manual pada setiap aplikasi, meski terbilang ribet namun cara ini sangat optimal untuk menghapus file sampah dan data cache aplikasi.

Apabila secara tiba-tiba muncul peringatan bahwa memori internal hp Samsung penuh, padahal kamu tidak merasa menginstal aplikasi ataupun download secara berlebih. Permasalahan tersebut bisa dikarenakan file sampah atau data cache aplikasi pada handphone sudah menumpuk. Adapun cara untuk mengatasinya sebagai berikut.

  1. Masuk menu Pengaturan atau Settings di hp Samsung kamu.
  2. Jika sudah, lalu kamu pilih menu Aplikasi.
  3. Cari dan pilih salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan.
  4. Kemudian pilih opsi Penyimpanan atau Storage.
  5. Lalu kamutekan tombol Hapus memori.
  6. Selesai.

Jika memori hp Samsung dirasa masih penuh, kamu bisa lakukan hal yang sama pada semua aplikasi yang sering kamu gunakan. Misalnya instagram, facebook, whatsapp, youtube, tiktok dan aplikasi lainnya. Bahkan lakukan juga pada aplikasi bawaan, macam gallery, kamera, file manager dan lain sebagainya.

| Baca Juga : Cara Download MP3 Youtube di HP Samsung

Demikian informasi singkat mengenai cara membersihkan file sampah di hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.