Cara Menghilangkan Samsung Pay dari HP & Home Screen

Cara menghilangkan Samsung Pay – Di era yang serba digital seperti saat ini, kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi menjadi suatu kewajiban. Sebagai salah satu produsen ponsel Android terbesar dunia, Samsung juga menyediakan aplikasi dan layanan pembayaran digital yaitu Samsung Pay.

Samsung Pay merupakan aplikasi dalam hp Samsung Galaxy yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran lebih cepat dan mudah dengan memanfaatkan teknologi QR. Untuk smartphone Samsung keluaran terbaru seperti Galaxy A series dan Galaxy M series aplikasi Samsung Pay sudah tersedia secara default.

| Baca Juga : Cara Mengecek RAM HP Samsung

Samsung Pay bukan aplikasi dompet digital, aplikasi ini hanya merupakan wadah untuk mempermudah pengguna mengakses dompet digital. Saat ini, Samsung Pay telah terintegrasi dengan layanan DANA dan GoPay sehingga pengguna kedua layanan uang elektronik tersebut bisa menikmati kemudahan Swipe Up & Pay saat bertransaksi.

Cara Mehilangkan Widget Samsung Pay

Meski memiliki bayak manfaat, namun ada juga beberapa pengguna yang merasa kurang nyaman dengan aplikasi Samsung Pay ini. Khususnya setelah adanya perubahan yang diberikan oleh Samsung, beberapa pengguna merasa sedikit risih dan terganggu dengan hadirnya widget yang ada pada Home Screen maupun Lock Screen smartphone.

Banyak pengguna hp Samsung yang merasa terganggu dengan beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Samsung Pay. Maka dari itu pada kesempatan kali ini BursaHpSamsung akan membagiakn informasi menarik mengenai cara menonaktifkan Samsung Pay untuk menghilangkan widget mengganggu di hp Samsung. Langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya dibawah ini :

1. Menghilangkan Samsung Pay dari Home Screen

Menghilangkan Widget Samsung Pay

Widget Samsung Pay akan selalu muncul pada tampilan home screen smartphone, meskipun layar dalam keadaan terkunci sekalipun. Tentu hal ini sangat mengganggu, tidak heran jika ada pengguna hp Samsung yang ingin lakukan cara menghilangkan aplikasi Samsung Pay pada ponselnya. Langsung saja kamu bisa ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan kamu buka aplikasi “Samsung Pay”.
  2. Jika sudah, lalu kamu pilih menu bergaris 3 di pojok kiri atas.
  3. Kemudian kamu dapat pilih menu “Settings”.
  4. Berikutnya kamu cari dan pilih menu “Quick Access Settings”.
  5. Kemudian kamu dapat langsung menonaktifkan Samsung Pay di “Lock Screen” dan “Home Screen”.
  6. Setelah semua dinonaktifkan maka secara otomatis widget Samsung Pay akan hilang dari Lock Screen maupun Home Screen smartphone.

Meskipun telah berhasil menghilangkan widget, namun kamu tetap masih bisa melakukan pembayaran dengan cara digital menggunakan aplikasi Samsung Pay. Sedangkan apabila ingin mengaktifkan widget Samsung Pay tersebut kembali kamu bisa menggulangi lagi langkah-langkah diatas.

2. Menonaktifkan Samsung Pay di Smartphone

Menonaktifkan Samsung Pay

Samsung Pay merupakan aplikasi bawaan yang ada dalam smartphone Samsung, sehingga pengguna tidak akan bisa menghapusnya dengan mudah. Maka dari itu untuk menonaktifkan Samsung Pay dari smartphone pengguna bisa lakukan Force Stop (paksa henti) aplikasi. Berikut adalah cara menonaktifkan aplikasi Samsung Pay :

  1. Pertama, buka menu “Pengaturan” pada hp Samsung kamu.
  2. Jika sudah, kamu pilih menu “Apps”.
  3. Selanjutnya kamu cari dan pilih “Samsung Pay”.
  4. Lanjutkan dengan pilih opsi “Paksa Berhenti”.
  5. Selamat, kamu sudah berhasil menonaktifkan aplikasi Samsung Pay.

Catatan : Apabila kamu ingin mengaktifkan aplikasi Samsung Pay ini kembali, kamu hanya perlu mengulang cara yang sama seperti kamu menonaktifkannya.

| Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Force stop aplikasi tidak terpakai merupakan cara yang tepat apabila kamu ingin menonaktifkan aplikasi bawaan Samsung. Semua aplikasi bawaan yang ada di hp Samsung memang tidak bisa di hapus ataupun uninstal secara langsung, kamu perlu melakukan root ponsel terlebih dahulu.

3. Hapus Aplikasi Samsung Pay dari Handphone

Cara menghapus aplikasi Samsung Pay dari smartphone terbilang cukup rumit, terutama apabila kamu masih awam dalam dunia Android maka sangat tidak direkomendasikan. Dimana untuk melakukannya, terlebih dahulu kamu harus Root hp Samsung, agar kamu mendapat akses penuh ke sistem Android.

Untuk melakukan root hp Samsung ini sendiri juga sangat beresiko, karena dapat menyebabkan smartphone mati ataupun bootloop. Maka kami sangat tidak rekomendasikan untuk menghapus aplikasi Samsung Pay dari ponsel, kamu bisa mecoba kedua cara sebelumnya karena cukup aman dan mudah.

| Baca Juga : Cara Mengganti Tema di HP Samsung

Demikian informasi singkat mengenai cara menghilangkan Samsung Pay dari hp, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.