Cara Menggunakan NFC di HP Samsung Semua Tipe

Cara Menggunakan NFC di HP Samsung

Cara menggunakan NFC di hp Samsung cukup mudah, dimana fitur ini sangat berguna untuk mendukung layanan pembayaran digital. Dengan adanya fitur ini, pengguna hp Samsung lebih mudah untuk melakukan pembayaran, memindahkan berkas data, dan menghubungkan perangkat dengan aksesoris atau perangkat tambahan yang juga mendukungnya.

Meski terkenal sebagai fitur premium, namun seiring kemajuan teknologi sudah banyak perangkat Android yang menggunakan fitur NFC ini termasik smartphone buatan Samsung. Tidak hanya pada smartphone flagship saja, ponsel kelas menengah seperti Galaxy A series dan Galaxy M series yang sudah banyak dibekali dengan fitur NFC.

| Baca Juga : Cara Menghilangkan Widget Samsung Pay

Bagi kamu yang belum tahu, NFC singkatan dari “Near Field Communication” atau bisa juga diartikan Komunikasi Medan Dekat. NFC itu sendiri merupakan salah satu fitur konektivitas yang berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat dengan lebih cepat dan mudah, tanpa perlu pairing atau menghubungkan perangkat secara manual.

Cara Menggunakan NFC di Hp Samsung

Cara kerja NFC memang mirip seperti Bluetooth, hanya saja ketika menggunakan NFC kita tidak perlu melakukan pairing perangkat secara manual sehingga lebih lancar dan cepat. Dimana cara menggunakakan NFC di hp cukuplah mudah, kamu hanya perlu mengaktifkannya melalui pengaturan Samsung lalu dekatkan smartphone ke perangkat yang juga mendukung fitur NFC.

| Baca Juga : Cara Menghapus Data Cache di HP Samsung

Nah, bagi kamu pengguna hp Samsung berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menggunakan NFC di smartphone. Adapun caranya kamu hanya perlu melakukan beberapa pengaturan, langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya yang akan dibagikan oleh BursaHpSamsung berikut ini :

1. Aktifkan NFC Lewat Pengaturan Samsung

 

Cara Menggunakan NFC Samsung Settings

Cara pertama menggunakan NFC, yakni dengan melakukan beberapa opsi pengaturan di hp Samsung yang kalian punya. Meski terbilang mudah, namun ada juga beberapa pengguna yang tidak tahu cara untuk mengaktifkan fitur konektivitas ini. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu “Settings” atau “Pengaturan” pada hp Samsung.
  2. Lanjutkan dengan masuk ke menu “Connections”.
  3. Lalu tap opsi menu “NFC” dan aktifkan.
  4. Maka dengan otomatis fitur NFC di smartphone samsung kamu sudah aktif.
  5. Untuk menggunakannya silahkan dekatkan dengan perangkat lain yang mendukung fitur NFC.
  6. Maka dengan otomatis akan menunjukan sisa saldo uang digital yang tersimpan.
  7. Pastikan jarak yang gunakan cukup dekat dan juga alat yang digunakan berada di belakang smartphone.

Untuk pengaturan koneksi NFC lebih lanjut, kamu bisa coba mengaktifkan opsi “NFC and payment” dengan cara menggeser tombolnya. Dimana dalam menu tersebut terdapat fitur “Tap and pay”, yang terhubung dengan Samsung Pay untuk melakukan pembayaran secara digital.

2. Mengaktifkan NFC Melalui Quick Settings


Cara lebih cepat untuk menggunakan fitur NFC, kamu bisa menggunakan Quick Settings di bar notifikasi pada hp Samsung. Dimana untuk mengaktifkannya yaitu dengan mengusap layar Samsung ke bawah, lalu cari dan pilih tombol dengan ikon huruf N (NFC). Atau kalau pun tidak, kamu bisa menambahkannya sendiri.

Catatan : Semua cara untuk mengaktifkan NFC yang sudah kamu bagian pada tutorial diatas, bisa berjalan dengan baik pada semua tipe smartphone Samsung yang mendukung fitur NFC, seperti Galaxy A30s, Galaxy A50, Galaxy M10, dan masih banyak lagi.

| Baca Juga : Cara Merroring HP Samsung ke Televisi

Demikian informasi singkat mengenai cara menggunakan NFC di hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan mengenai smartphone Samsung kamu.