Cara Menghubungkan (Mirroring) HP Samsung ke TV Cepat dan Mudah

Menghubungkan HP Samsung ke TV

Cara menghubungkan Hp Samsung ke TV cukuplah mudah, seperti kita tahu smartphone dan TV merupakan salah satu media hiburan yang banyak pakai saat ini. Bukan hanya sebagai media media hiburan saja, dalam kondisi tertentu HP android juga bisa kita sambungkan ke TV untuk keperluan presentasi ataupun hal lainnya. Sehingga membuat banyak orang susah lepas dari kedua perangkat tersebut.

Bukan hanya itu saja, dengan cara menyambungkan hp Samsung ke TV kita juga bisa bermain game dan menonton video pada layar yang lebih besar. Karena dengan melakukan screen mirroring maka semua tampilan gambar pada layar hp Samsung juga akan muncul pada layar TV yang lebih besar, sehingga lebih lega ketika menonton.

| Baca Juga : Cara Mengatur Sensitivitas Layar Samsung

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kita bisa menghubungkan ponsel Samsung ke TV dengan atau tanpa menggunakan kabel. Cara menghubungkannya pun juga cukup mudah, ada beberapa metode yang sering digunakan untuk screen mirroring TV Samsung. Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu simak informasi dibawah ini.

Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV

Di internet ada banyak tutorial mengenai cara menggubungkan HP Samsung ke TV yang bisa kamu coba. Namun tidak kesemua cara tersebut bisa melakukan sinkronisasi smartphone ke televisi dengan mudah dan cepat. Lantas bagaimana cara menyambungkan hp samsung ke TV biasa ataupun Indihome, untuk tahu lebih jelasnya Bursa HP Samsung akan sedikit menjelaskannya pada artikel berikut ini.

| Baca Juga : Cara Download Lagu MP3 Dari YouTube

Menggunakan Kabel HDMI

Cara Menghubungkan HP ke TV

Cara pertama untuk menghubungkan hp Samsung ke TV yakni dengan menggunakan kabel micro HDMI to HDMI, dimana kita hanya perlu menyambungkan kabel-kabel saja. Dengan menggunakan kabel HDMI tampilan gambar yang muncul di TV akan lebih jernih dan jelas, terlebih apabila TV sudah memiliki resolusi Full HD+. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, pastikan smartphone dan TV sudah mendukung fitur HDMI. Kemudian siapkan kabel micro HDMI to HDMI.
  2. Selanjutnya, kamu perlu mematikan TV yang akan disambungkan ke HP. Untuk menghindari hal yang tak di inginkan.
  3. Hubungkan HP Samsung ke TV menggunakan kabel HDMI yang sudah kamu siapkan. Ujung yang kecil (micro HDMI) untuk dipasang ke smartphone, sedangkan ujung yang besar (HDMI) untuk dipasang ke soket TV yang bertuliskan HDMI.
  4. Jika sudah terpasang, nyalakan kembali TV yang sebelumnya sudah kamu matikan. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke opsi HDMI.
  5. Selamat, sekarang kamu bisa menonton video Youtube atau bermain games melalui layar TV yang lebih lebar.

Tampilan layar TV kamu kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar smartphone. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah saling terhubung, geng.

Menggunakan Adapter MHL

Selain menggunakan kabel HDMI, kita juga bisa menghubungkan HP Samsung ke TV dengan menggunakan adapter MHL. Untuk menggunakan adapter ini caranya juga terbilang mudah, kamu hanya perlu menyambungkan kabel konektor dari HP ke TV. Berikut adalah cara menyambungkan HP ke TV menggunakan adapter MHL :

  1. Langkah pertama, siapkan adapter MHL-ke-HDMI serta kabel HDMI. Semakin panjang kabel HDMI maka akan semakin panjang pula jangkauan yang kamu miliki dari HP ke TV.
  2. Hubungkan adapter MHL ke port USB atau lubang charger pada HP Samsung, yang mana posisinya ada pada bagian bawah smartphone.
  3. Jika sudah hubungkan pula kabel HDMI ke adapter, lalu colokan ujung yang lainya ke port HDMI pada televisi (TV).
  4. Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik, tarik menu “Pengaturan” pada HP Samsung kalian, lalu navigasikan ke perangkat “Saya > Aksesoris, tekan output audio, dan pilih surround”.

Catatan : Metode ini membutuhkan daya eksternal untuk menyambungkan TV dan HP, maka gunakan charger pengisi daya dan sambungkan ke adapter MHL. Sambungkan charger tersebut ke sebuah port out pada adapter MHL.

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Selain kedua cara diatas yang menggunakan kabel, kita juga bisa menghubungkan HP Samsung ke TV tanpa kabel alias wireless. Dimana terdapat  dua cara yang untuk melakukannya, yakni menggunakan alat eksternal bernama Chromecast atau menggunakan fitur bawaan Miracast dari smartphone. Langsung saja baca artikel berikut untuk lebih lengkapnya.

| Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Ganda di HP Samsung

Menggunakan Chromecast

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Cara berikutnya untuk menghubungkan HP Samsung ke TV yakni dengan menggunakan Chromecast. Perangkat ini merupakan adapter atau dongle HDMI buatan Google yang berfungsi untuk menyambungkan layar HP kamu ke TV, bahkan mengakses internet di TV kamu. Dan untuk mencobanya kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama, pasang Chromecast ke soket TV yang bertuliskan HDMI.
  2. Install aplikasi Google Home di HP Samsung kamu. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengontrol Chromecast. Kamu dapat megunduhnya pada link berikut (Download Google Home)
  3. Jika sudah terinstal, lalu sambungkan smartphone kamu ke jarignan WiFi.
  4. Beralih ke TV kamu. Pindahkan saluran ke HDMI dengan remote TV yang kamu miliki.
  5. Kamu akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kamu akan terhubung.

Cara menyambungkan HP ke TV Samsung tanpa kabel maupun merk lainnya ini memang sangat praktis untuk dilakukan. Namun, pastikan spesifikasi pada smartphone dan TV kamu juga telah mendukung fitur-fitur diatas.

Menggunakan Miracast

Miracast Screen Mirroring

Miracast atau WiFi Display merupakan sebuah fitur bawaan pada smartphone yang memungkinkan kita untuk melakukan cara menghubungkan HP Samsung ke TV tanpa menggunakan kabel. Dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi membeli Chromecast seperti cara diatas, namun tidak semua HP dan TV Samsung mendukung fitur ini. Berikut adalah cara menggunakan Miracast Screen Mirroring.

  1. Langkah pertama, pastikan HP dan TV kamu sudah mendukung fitur Miracast. Hal ini bertujuan agar kamu berhasil ketika mencoba cara menyambungkan HP ke TV Samsung atau merek lainnya.
  2. Selanjutnya, nyalakan TV lalu pada opsi Menu carilah setelan yang berguna untuk mengaktifkan Miracast atau Screen Mirroring. Setiap merek TV memiliki setelan yang berbeda-beda.
  3. Setelah mengaktifkan Miracast / Screen Mirroring, beberapa saat kemudia TV kamu akan langsung memindai smartphone yang mengaktifkan fitur WiFi Display.
  4. Buka HP kamu, lalu buka menu Settings. Setelah itu klik pada Connection & Sharing, lalu pilih opsi Cast.
  5. Setelah itu, HP kamu akan memindai TV yang sedang mengaktifkan Miracast juga. Tunggu hingga TV kamu mendeteksi HP atau sebaliknya.

Catatan : Setiap merek smartphone dan televisi memiliki setelan Miracast Screen Mirroring yang berbeda-beda, meskipun perbedannya tidak terlalu signifikan. Tapi, pastikan spesifikasi kedua perangkatnya memadai, ya!

Semua cara diatas dapat berjalan baik pada semua smartphone buatan Samsung, sperti Galaxy J5, Galaxy J7, Galaxy A10s, dan masih banyak lagi. Demikian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan berguna sebagai sumber referensi yang tepat untuk kita semua.