Cara Cek Baterai Samsung Untuk Mengetahui Kesehatan HP

Cara cek baterai hp Samsung terbilang cukup mudah, dimana metode ini perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi serta kesehatan baterai. Seiring dengan lamanya usia pemakaian handphone, maka kemampuan dan kapasitas baterai dalam menyimpan energi listrik juga akan menurun.

Penurunan performa baterai Samsung dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti terlalu sering memainkan hp sambil ngecas. Hal ini dapat membuat sel kimia pada baterai menjadi panas, sehingga pada periode tertentu baterai Samsung tidak akan lagi bisa menyimpan energi listrik dengan maksimal.

| Baca Juga : Harga Baterai HP Samsung Original

Sebelum membeli hp Samsung bekas kita juga perlu mengecek kondisi baterai, cara ini bertujuan untuk cek peforma baterai apakah masih bagus atau tidak. Untuk permudah pengecekan baterai, Samsung memiliki fitur khusus yang bisa berguna sebagai indikator untuk mengecek kesehatan baterai handphone.

Cara Cek Kondisi Baterai HP Samsung

Berbeda dengan pabrikan lain yang menerapkan fitur tersebut ke menu pengaturan, namun Samsung secara khusus menyisipian fitur untuk cara cek baterai ini dalam aplikasi Samsung Members. Jika belum memilikinya, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis pada Play Store ataupun Galaxy Store.

| Baca Juga : Cara Cek Samsung SEIN Paling Akurat

Tak hanya itu, masih ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek kesehatan dari baterai ponsel Samsung yang kamu miliki sekarang. Khusus pada artikel ini Bursa HP Samsung akan berbagi beberapa totorial mengecek kondisi baterai Samsung apakah masih sehat atau rusak. Langsung saja simak informasi berikut ini :

1. Melalui Samsung Members

Samsung Members
Samsung Members

Cara cek baterai Samsung yang pertama bisa kalian coba dengan memakai apliksai “Samsung Members“. Dimana cara ini sangat efektif untuk mengecek dan mengetahui kesehatan dari baterai hp Samsung apakah masih bagus atau tidak.¬†Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Langkah awal, instal atau update aplikasi Samsung Members.
  • Jika sudah, jalankan aplikasi setelah terpasang di handphone.
  • Lalu masuk ke bagian Get Help dengan pilih ikon Headset di menu bawah.
  • Selanjutnya, kamu pilih menu Interactive checks.
  • Pada menu Interactive checks, kemudian pilih opsi Battery.
  • Informasi kesehatan baterai, bisa kamu lihat pada bagian Life.

Samsung Members ini sendiri merupakan layanan komunitas yang khusus di sediakan untuk para pengguna ponsel Samsung. Dimana pada aplikasi ini pengguna bisa menjumpai berbagai macam tips, trik, maupun ulasan lain dalam menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi pada smartphone Samsung.

| Baca Juga : Cara Menampilkan Persentase Baterai

Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa melakukan pengecekan berbagai fungsi dan kondisi dari hp Samsung, seperti mengecek kapasitas baterai, bluetooth, wifi, mic, kamera dan lainnya. Untuk caranya sendiri kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas, disana akan ada beberapa pilihan sesuai yang akan kamu cek.

2. Cek Fisik Baterai Samsung

Cara cek baterai hp Samsung berikutnya yaitu dengan melakukan pengecekan fisik baterai secara manual. Sekarang ini kebanyakan smartphone yang ada di pasaran sudah mengadaptasi teknologi baterai tanam atau non-removable sehingga baterai tak bisa terlihat. Namun kamu bisa mengeceknya dengan melihat bentuk fisik belakang ponsel.

Untuk lebih memastikannya kamu bisa melihat bagian belakang hp Samsung, apakah bentuknya mengembung yang membuat backcover terangkat. Selanjutnya periksa juga bagian lubang pengisian baterai, pastikan lubang pengisian dalam kondisi yang baik dan berada di posisinya yang benar.

| Baca Juga : Cara Menghemat Baterai HP Samsung

3. Kode Rahasia Samsung

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk cek baterai hp Samsung apakah masih bagus atau tidak yaitu dengan menggunakan kode rahasia. Cara ini di sinyalir paling efektif, dimana kode rahasia Samsung ini bisa menampilkan berbagai informasi penting mengenai performa dari hp Samsung termasuk pada baterai.

Di dalam kumpulan kode tersebut, terdapat beberapa jenis kode rahasia yang memiliki kegunaan untuk mengecek performa baterai dari ponsel kamu. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu bisa membaca informasi mengenai cara cek baterai Samsung dengan beberapa kode rahasia berikut ini :

  • *#0228# atau #8999*228# : Kode untuk cek informasi baterai.
  • #*2286# : Kode untuk mengecek pemakaian daya baterai.
  • #*2474# : Kode untuk mengecek kecepatan pengisian baterai.


| Baca Juga : Cara Simpan Video TikTok ke Galery

Ketiga kode rahasia diatas sudah sangat cukup untuk bisa melakukan pengecekan baterai hp Samsung apakah dalam kondisi masih bagus atau rusak. Sementara untuk cara serta langkah-langkah penggunaan kode rahasia Samsung tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka aplikasi Telepon atau Dial pada hp Samsung.
  2. Kemudian ketikan salah satu kode cek baterai Samsung diatas.
  3. Jika sudah, silahkan tekan tombol panggilan atau Call.
  4. Maka akan muncul informasi tentang baterai Samsung paling akurat.
  5. Sayangnya tak semua tipe hp Samsung bisa mengakses kode tersebut.

Demikian artikel mengenai cara cek kondisi baterai Samsung paling mudah beserta langkah-langkahnya yang wajib kamu ketahui. Itulah info singkat dari kami, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk menyimak juga berbagai info dan update menarik lainnya dari Bursa HP Samsung agar tak ketinggalan berita.