Cara Update HP Samsung Untuk Memperbarui Software

Cara update software hp Samsung terbilang mudah, pembaruan software ini diberikan Samsung secara rutin dengan tujuan untuk memberi keamanan sitem yang lebih baik. Dimana update yang diberikan bisa berupa peningkatan OS Android atau hanya update standar untuk memperbaiki bug pada sistem operasi.

Samsung menyebutkan, bahwa semua ponsel besutannya berhak mendapat pembaruan perangkat lunak. Bahkan berjanji akan rutin memberi update softrware selama tiga tahun pada semua hp Samsung terbaru. Jadi bila sekarang kamu memakai hp Samsung dengan OS Android 10, maka akan mendapat update rutin hingga Android 13.

| Baca Juga : Cara Screenshot Samsung A50 Mudah

Bagi pengguna Samsung atau smartphone Android lainnya, menjalankan proses update perangkat lunak (software) merupakan suatu hal yang penting. Lantaran sangat berkaitan dengan performa serta keamanan dari handphone, sehingga dengan melakukan update software maka kinerja dari hp Samsung akan tetap stabil.

Cara Update HP Samsung Terbaru 2022

Pada dasarnya, update Samsung ini merupakan cara atau langkah untuk memperbarui sistem Android serta semua aplikasi bawaan yang terinstal ke versi terbaru. Namun tak selalu memberi upgrade Android, terkadang pembaruan yang diberikan hanya sebatas update security patch dan penambahan beberapa fitur saja.

| Baca Juga : Cara Akurat Cek Samsung SEIN

Ketika melakukan pengecekan terdapat update sistem terbaru, kamu bisa langsung menginstal. Tak perlu takut data yang tersimpan hilang, serta ponsel akan menjadi lemot setelah instal pembaruan tersebut. Karena update Android ini terbilang sangat penting terutama untuk performa dan keamanan patch pada hp Samsung.

Apabila Samsung merilis update terbaru biasanya pada ponsel akan muncul notifikasi “System update“. Namun jika tidak ada, kamu bisa mengecek cara update hp Samsung secara manual. Bagi yang tidak mengerti caranya, kali ini Bursa HP Samsung akan sedikit menjelaskan langkah serta tutorialnya berikut ini :

| Baca Juga : Cara Mengembalikan Aplikasi Samsung

  1. Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” pada hp Samsung.
  2. Kemudian gulir ke bawah, lalu pilih opsi “Update Perangkat Lunak“.
  3. Jika sudah, kamu cari dan pilih opsi “Unduh dan Instal“.
  4. Setelah itu ponsel akan terhubung ke server untuk memeriksa pembaruan OTA yang tersedia.
  5. Jika tidak ada update terbaru maka akan muncul keterangan “Perangkat Lunak Anda Sudah Terbarui“.
  6. Namiun apabila software update tersedia, ponsel akan secara otomatis melakukan pengunduhan.
  7. Kamu juga bisa memilih untuk “Instal sekarang“, “Jadwalkan penginstalan“, atau “Nanti“.
  8. Jika kamu memilih Instal Sekarang, maka otomatis file update akan didownload dan akan langsung dinstal.
  9. Ketika proses instal update berjalan, ponsel akan restart secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai.
  10. Apabila proses update Samsung selesai,┬áponsel akan kembali hidup dan muncul notifikasi “Ponsel anda sudah diperbaharui“.
  11. Setelah itu rasakan perbedaan sesudah dan sebelum update software. Namun jika terdapat bug pada update terbaru, kamu hanya perlu menunggu update berikutnya untuk mengatasi bug tersebut.

Sangat mudah bukan? itulah cara untuk update software hp Samsung. Tak hanya itu, Samsung juga memiliki fitur update otomatis melalui jaringan Wifi. Jadi apabila ponsel terhubung ke jaringan Wifi maka secara otomatis ponsel akan download file update Samsung.

Untuk mengaktifkan fitur update otomatis ini juga sangat mudah, caranya yakni dengan masuk menu Pengaturan, lalu pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah itu tinggal aktifkan opsi “Unduh Otomatis Lewat Wi-Fi“. Selain itu tersedia pula menu untuk melihat pembaruan terakhir agar bisa mengetahui isi update yang diberikan.

Update software hp Samsung ini biasanya dirilis secara berkala, biasanya Samsung memberikan cara dan jadwal yang berbeda untuk setiap kawasan atau negara. Pada cara di atas kami menggunakan Samsung Galaxy A03s, dan untuk ponsel tipe lain mungkin langkah-langkah dan caranya berbeda.

| Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Itulah tadi informasi mengenai cara update hp Samsung paling mudah beserta langkah-langkahnya yang wajib kamu ketahui. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga berbagai info dan update menarik lainnya dari Samsung Center agar tidak ketinggalan berita.