Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Paling Mudah

Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) terbilang susah-susah gampang, seperti yang kita tahu semua ponsel besutan Samsung pasti dilengkapi aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dipasang oleh vendor untuk memberikan untilitas dan fitur spesifik ke dalam smartphone.

Ada beberapa aplikasi bawaan Samsung yang baisa kita jumpai seperti Samsung Internet, Samsung Member, Email Samsung, Galaxy Warable, dan Samsung Store. Namun tidak semua aplikasi tersebut bermanfaat, bahkan ada juga sebagian pengguna yang merasa terganggu dengan adanya aplikasi bawaan tersebut.

| Baca Juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi Samsung

Sehingga banyak pengguna yang ingin menghapus aplikasi bawaan Samsung, hal ini juga bertujauan agar memori dan RAM smartphone menjadi lebih lega. Menghapus aplikasi bloatware Samsung tentu tidak semudah ketika kita menghapus aplikasi lain, dikarenakan vendor biasanya telah melakukan proteksi khusus.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Sebenarnya aplikasi bawaan Samsung tidak bisa dihapus, pengguna hanya di izinkan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Namun tak perlu khawatir karena kali ini Bursa HP Samsung memiliki cara khusus yang bisa kamu coba untuk menghapus aplikasi bloatware atau junkware yang tidak terlalu berguna pada smartphone.

| Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi HP Samsung

Apabila kamu ingin menghapus aplikasi bawaan Samsung, namun belum mengetahui cara atau metode yang bisa digunakan untuk melakukannya. Ada beberapa cara dan langkah yang bisa kamu coba, mulai dari hanya sekedar menonaktifkan aplikasi hingga menghapus aplikasi baawaan dengan kondisi root.

1. Menggunakan Fitur Disable

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung yaitu menggunakan fitur Disable. Sesuai dengan namanya, fitur bawaan Samsung ini dapat digunakan untuk menyembunyikan atau menonaktifkan semua aplikasi bloatware yang tak terpakai.

Meskipun tidak bisa menghapus aplikasi bawaan secara permanen, namun cara ini cukup efektif untuk meringankan beban RAM serta aplikasi juga tak akan mendapat pembaharuan. Untuk lebih jelas mengenai cara penggunaan fitur Disable ini kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka menu “Pengaturan” pada hp Samsung.
  • Setelah itu langsung saja masuk ke menu “Aplikasi“.
  • Pilih aplikasi bawaan mana yang akan dinonaktifkan atau disable.
  • Jika sudah, cari menu “Nonaktifkan Aplikasi“.
  • Selesai, kamu berhasil menonaktifkan aplikasi bawaan.t

| Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

2. Mengaktifkan USB Debugging

Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung yang satu ini sedikit rumit terutama bagi kalian yang masih awam dalam hal oprek android. Sehingga ketika mencoba metode ini perlu berhati-hati, agar tak terjadi kesalahan atau masalah yang fatal pada hp Samsung. Langsung saja ikuti tutorial dan langkah berikut agar terjadi kesalahan :

  • Buka menu “Pengaturan” pada hp Samsung.
  • Kemudian tap pada menu “Tentang Perangkat“.
  • Selanjutnya tap dengan cepat sebanyak 7 kali pada bagian nomor versi handphone. Lakukan hingga muncul notifikasi “sudah menjadi pengembang“.
  • Jika sudah, kembali ke menu “Pengaturan” lalu cari menu “Opsi Pengembang“.
  • Scroll ke bawah, lalu cari opsi “Debugging USB” dan ubah ke “Enable“.
  • Apabila berhasil, kamu bisa memilih aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus.

Sayangnya tidak semua tipe hp Samsung mendukung metode diatas untuk hapus aplikasi bloatware. Selain itu, saat menghapus aplikasi bawaan Samsung kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut tak memiliki fungsi penting terkait dengan sistem android. Apabila salah hapus, kemungkinan akan terjadi kerusakan sistem pada hp Samsung.

3. Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Root

Cara berikutnya yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan yaitu dengan melakukan root hp Samsung terlebih dahulu. Medote ini sangat efektif, dalam keadaan root maka pengguna dapat melakukan perubahan pada sistem android salah satunya adalah menghapus aplikasi bawaan.

Untuk melakukan root hp Samsung sebenarnya sangat mudah, di internet banyak sekali tutorial dan aplikasi yang bisa digunakan untuk rooting hp dengan mudah dan cepat. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan root pada hp Samsung, ada baiknya kamu pertimbangkan dahulu resikonya.

Dengan melakukan root dan mengubah sistem pada hp Samsung adalah terjadinya kurusakan software atau bisa disebut bootloop. Selain itu garansi resmi tidak akan berlaku, artinya apabila terjadi kerusakan pada hp Samsung kamu tidak akan memperoleh layanan gratis perbaikan di Samsung Service Center,

| Baca Juga : Cara Cek Garansi HP Sampah Terbaru

4. Menggunakan Aplikasi Link2SD

Cara terkhir yang bisa kamu coba untuk menghapus aplikasi bawaan hp Samsung yaitu dengan gunakan bantuan aplikasi Link2SD. Aplikasi pihak ketiga ini sangat ampuh untuk menghapus aplikasi bloatware yang tidak berguna dan mengganggu pada smartphone kesayangan.

Namun untuk menggunakan aplikasi Link2SD ini, terlebih dahulu harus melakukan root atau hp Samsung sudah dalam keadaan rooting. Apabila sudah, langkah berikutnya yaitu kamu tinggal download aplikasi Link2SD yang banyak tersedia secara gratis di Play Store atau bisa Download DISINI.

Jika sudah, masuk ke bagian Setting atau Pengaturan pada aplikasi. Kemudian kamu tinggal carai dan pilih aplikasi yang ingin dihapus dari hp Samsung. Setelah itu, tap icon titik tiga yang berada disebelah pojok kanan atas dan pilih Hapus. Sangan muudah sekali bukan untuk melakukannya?

| Baca Juga : Cara Reset Samsung A10 dan A10s

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Samsung beserta langkah-langkahnya yang wajib kamu ketahui. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga info dan update menarik lainnya dari Samsung Center.