Cara Cek Garansi Samsung Terbaru 2021, Semua Tipe Ponsel

Cara cek garansi Samsung sangatlah penting, garansi ini sendiri merupakan layanan purna jual yang diberikan oleh vendor apabila smartphone alami kerusakan. Apabila kamu membeli hp Samsung baru tentu akan dapat kartu garansi resmi dari SEIN, untuk pengecekan dan klaim garansi dapat dilakukan di seluruh Samsung Service Center.

Garansi Samsung ini berlaku hingga 1 tahun, dimana selama setahun apabila handphone mengalami kerusakan kita bisa melakukan perbaikan gratis di Samsung Service Center. Sayangnya tidak semua hp Samsung yang beredar di Indonesia mendapat garansi resmi SEIN, tentu handphone black market tidak akan mendapat cek garansi ini.

| Baca Juga : Cara Mematikan HP Samsung Lemot

Membeli hp Samsung black market tentu sangat merugikan, apabila terdapat kerusakan tentu kita tidak bisa klaim garansi ke Samsung Service Center. Maka pastikan kamu untuk selalu Cek Garansi dan Cek IMEI Samsung, hal ini bertujuan agar tidak tertipu membeli hp Samsung rekondisi atau black market.

Cara Cek Garansi Samsung Semua Tipe

Samsung sudah banyak merilis smartphone, berbagai tipe dan model smartphone baik kelas bawah, menengah, dan atas telah diproduksi oleh vendor ini. Semua smartphone yang dipasarkan Samsung Indonesia bisa dipastikan sudah di lindungi oleh layanan garansi resmi Samsung selama satu tahun.

| Baca Juga : Cara Screenshoot HP Samsung A50

Terkadang ada beberapa pengguna yang masih penasaran dengan masa aktif garansi yang dimiliki oleh smartphone yang baru dibelinya. Cara cek masa aktif garansi Samsung cukup mudah, terdapat dua metode yang bisa kamu coba yaitu secara online atau menggunakan kode. Langsung saja simak langkah dan tutorial di bawah ini :

1. Cek Garansi Secara Online

Cara pertama untuk cek garansi hp Samsung yaitu melalui website atau secara online. Cara satu ini cukup panjang, namun kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai hp Samsung milikmu. Kamu hanya perlu membuka browser, lalu bisa mengecek garansi handphone. Langsung saja, kamu bisa simak tutorial lengkapnya dibawah ini :

  • Buka menu panggilan di ponsel, lalu ketik *#06# untuk Cek IMEI Samsung.
  • Nomor IMEI akan otomatis muncul di layar handphone.
  • Salin atau catat 15 digit nomor IMEI yang muncul tersebut.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung buka website www.imei.info dengan browser.
  • Lalu pada tab IMEI Checker, pilih Samsung Warranty Check.
  • Kemudian masukan nomor IMEI yang sudah disalin pada kotak pengecekan.
  • Kamu akan mendapatkan informasi mengenai hp Samsung yang digunakan.
  • Scroll ke bawah, informasi garansi akan terlihat di bagian Factory warranty till.

Selain melalui website imei.info, kamu juga bisa cek masa aktif garansi resmi Samsung secara online melalui situs samsungwarrantycheck.com. Untuk cara dan langkah-langkahnya juga tidak jauh berbeda dengan tutorial yang sudah kamu bagikan diatas.

2. Mengecek Garansi Dengan Kode

Cara cek batas masa garansi handphone berikutnya, yakni dengan kode rahasia Samsung. Cara ini terbilang lebih mudah dibanding cara sebelumnya, namun informasi yang akan ditampilkan juga lebih sedikit. Kamu hanya perlu memasukkan kode rahasia pada menu panggilan atau dial. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

  • Pertama-patama, menu panggilan di hp Samsung.
  • Kemudian masukkan kode #12580369#, lalu klik tombol Call.
  • Informasi hp Samsung akan muncul berupa kombinasi kode angka dan huruf.
  • Kamu bisa melihat tanggal pembelian di bagian RF Cal.

Misalnya RF Cal handphone kamu adalah 20210428, yang artinya kamu membeli hp Samsung pada tanggal 28 April 2021. Biasanya, masa aktif garansi resmi Samsung (SEIN) yakni berlaku hingga 12 bulan atau satu tahun mulai dari pertama kali kamu membelinya.

Ketentuan Garansi Samsung

Samsung sendiri tidak akan menerima klaim garansi dari pengguna apabila handphone mengalami kerusakan yang diakibatkan karena jatuh, terkena cairan, tegangan arus listrik, pecah atau retak akibat tekanan, tergores, berkarat, terkena noda, berjamur, atau kerusakan luar yang disebabkan penggunaan sehari-hari.

Tidak semua kerusakan bisa tercover garansi, setiap vendor pasti memiliki ketentuan tersindiri mengenai garansi atau layanan purna jual ini. Samsung juga memiliki beberapa ketentuan dan cara cek garansi, untuk mengetahui apakah ketentuan garansi resmi Samsung berlaku atau tidak silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Garansi resmi Samsung Indonesia hanya berlaku untuk smartphone yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia yang dipasarkan di wilayah Indonesia.
  2. Garansi Samsung berlaku hingga 12 bulan. Apabila masa garansi sudah berakhir, maka biaya perbaikan dan penggantian spare-part akan dibebankan kepada konsumen.
  3. Perbaikan hp Samsung yang rusak hanya bisa dilakukan di Samsung Service Center seluruh Indonesia. Dengan disertai kartu garansi dan bukti pembelian.

| Baca Juga : Cara Mudah Reset Samsung A10

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara cek garansi Samsung beserta langkah-langkahnya yang wajib kamu ketahui. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga berbagai info dan update menarik lainnya dari Bursa HP Samsung agar tidak ketinggalan berita.