Samsung Galaxy A02 Harga Terbaru 2021 dan Spesifikasi

Galaxy A02 akhirnya resmi rilis di Indonesia, Samsung sebelumnya juga sudah memperkenalkan smartphone ini secara global pada suatu acara yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu. Galaxy A02 diperkenalkan sebagai suksesor dari Galaxy A01 yang memiliki cukup banyak peminat, meski telah dirilis pada tahun lalu.

Samsung juga menyebutkan bahwa Galaxy A02 dihadirkan untuk para konsumen yang menginginkan hp esensial namun dengan harga terjangkau. Galaxy A02 merupakan salah satu handphone entry-level dari Samsung yang hadir di tujukan untuk pengguna pemula namun masih tetap mengusung spesifikasi dan fitur menarik di kelasnya.

Selain harga jual yang terjangkau, Samsung juga mempersenjatai ponsel Galaxy A02 dengan kapasitas baterai yang besar 5000 mAh. Sama seperti Galaxy A12, smartphone ini juga hadir dengan dukungan layar besar 6.5 inci yang memenuhi bagian depan, serta dipercantik oleh poni berdesain Infinity-V di atasnya.

Untuk mengetahu lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga terbaru dari smartphone Samsung Galaxy A02 ini. Langsung saja kalian bisa membaca review dan ulasan singkat yang telah disajikan oleh team Bursa HP Samsung berikut ini :

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

Harga HP Rp 1.499.000
Rilis Februari 2021
Platform
Chipset Mediatek MT6739W (28 nm)
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8100
OS Android 10, One UI 2.0
Memori
Slot microSDXC (up to 256GB)
RAM 3 GB
Penyimpanan 32 GB
Bodi
Dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm
Berat 206 gram
Material Glass front, plastic back, plastic frame
Warna Denim Black, Denim Grey
Layar
Tipe PLS IPS
Ukuran 6.5 inci, 102 cm2 (~81.9% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~407 ppi density)
Kamera Depan
Single 5 MP, f/2.0
Video
Kamera Belakang
Dual 13 MP, f/1.9, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (macro)
Fitur LED flash
Video [email protected]
Konektivitas
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Jaringan GSM / HSPA / LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC No
Port Jack audio 3.5 mm
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
Radio FM radio
Sensor Accelerometer, proximity
Baterai Li-Po 5000 mAh, non-removable
Cek Harga HP Samsung Terbaru

Chipset Mediatek MT6739W + RAM 3 GB

Pada sektor dapur pacu, Samsung membekali Galaxy A02 dengan dukungan spesifikasi chipset MT6739W besutan MediaTek yang berjalan dengan RAM 3GB. Selain itu juga disokong oleh posesor Quad-core dengan clock speed 1.5 GHz yang berkolaborasi dengan GPU PowerVR GE8100 sebagai pengolah grafis-nya.

Untuk penyimpanan internal, Samsung menyediakan storage yang cukup lapang sebesar 32GB. Apabila merasa masih kurang dan butuh space lebih, tersedia tersedia slot microSDX dengan kapasitas maksimal hingga 256GB. Tidak ketinggalan OS Android 10 yang dipoles dengan antarmuka One UI 2.0 juga disematkan dalam ponsel ini.

| Baca Juga : Harga Samsung Galaxy A32 dan Spesifikasi

Desain Samsung Galaxy A02 Sederhana

Harga Samsung Galaxy A02

Galaxy A02 hadir dengan desain yang sederhana, tidak ada sesuatu yang terlihat spesial dari tampilan smartphone ini. Tetap diracik menggunakan material plastik yang ringan dan kuat, serta bagian depannya berbalut kaca dengan dimensi keseluruhan 164 x 75.9 x 9.1 mm dan bobot 206 gram.

Meski biasa namun tetap terkesan tidak murahan, Samsung memberi lekukan pada pinggiran bodi yang membuat ponsel pintar harga terjangkau ini terasa nyaman saat digenggam. Sebagai daya tarik, Samsung membalut Galaxy A02 dengan dua pilihan warna yang netral yaitu Denim Black dan Denim Grey.

Layar PLS IPS 6.4 Inci Resolusi HD+


Spesifikasi Galaxy A02 pada sektor display, Samsung menawarkan panel PLS IPS yang lapang berukuran 6.5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Mengusung desain layar Infinity-V yang membuat tampilannya lebih luas, serta di hiasi punch hole pada bagian atasnya yang juga sebagai  tempat dudukan kamera depan.

Bezel bagian bawah layar juga dirancang cukup tipis, sehingga membuat tampilan Galaxy A02 terlihat kian menarik. Sangat cocok untuk digunakan bermain game dan multimedia, dengan rasio 20:9 serta kedalaman warna hingga 16 juta warna ini mampu menampilkan gambar yang tajam dan jernih.

| Baca Juga : Harga Samsung Galaxy A02s dan Spesifikasi

Dual Kamera Utama 13 MP + 2 MP

Samsung Galaxy A02 Kamera

Meskipun dibandrol dengan harga yang terbilang murah, namun Samsung tetap membekali Galaxy A02 ini dengan spek kamera yang cukup handal. Tersusun secara vertikal, pada bagian belakang terdapat dua lensa masing-masing beresolusi 13MP wide, dan lensa macro 2MP. Selain itu juga terdapat LED flash untuk membantu pencahayaan.

Sementara di bagian depan, Galaxy A02 mengandalkan dukungan lensa kamera beresolusi 5MP yang disematkan dalam punch hole di tengah atas layar. Secara keseluruhan, total tiga lensa yang disematkan Samsung pada ponsel pintar besutan mereka ini, sehingga terasa berimbang dengan harga jualnya.

| Baca Juga : Harga Samsung Galaxy A22 dan Spesifikasi

Kapasitas Baterai Besar 5000 mAh

Daya tahan ponsel juga menjadi bagian yang tidak kalah penting dan patut menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone baru. Oleh karena itu, Samsung juga membenamkan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh ke dalam bodi Galaxy A02 yang mampu menyuplai tenaga ponsel selama seharian penuh.

Di atas kertas baterai pada Galaxy A02 dapat bertahan selama 180 menit dalam pemakaian normal, bahkan hingga 119 jam dalam kondisi standby. Namun sayang hp android murah ini belum di dukung teknologi fast charging, sehingga untuk proses pengisian ulang baterai akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Konektivitas Samsung Galaxy A02

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

Galaxy A02 memiliki spesifikasi konektivitas yang biasa saja, tidak ada yang istimewa pada bagian ini. Sama seperti smartphone android lainnya, dimana terdapat dua slot kartu SIM, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth v5.1, GPS (GLONASS), microUSB 2.0, jack audio 3.5 mm, dan beberapa fitur lainnya.

Sayang smartphone ini belum dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti fingerprint scanner dan face recognition yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar. Namun terbilang wajar, mengingat harga jual Samsung Galaxy A02 yang tergolong cukup bersahabat dengan kantong.

Samsung A72 Samsung M12
Samsung A52 Samsung M02

Harga Samsung Galaxy A02 Terbaru 2021

Bagi kamu yang tertarik membeli smartphone entry-level ini, Samsung membandrol Galaxy A02 dengan harga yang cukup terjangkau. Dimana pasaran saat ini  ponsel Galaxy A02 di hargai pada kisaran Rp 1.499.000 untuk yang baru, sementara untuk bekas tentu akan jauh lebih murah.

Demikian ulasan singkat mengenai harga terbaru Samsung Galaxy A02 dan spesifikasi lengkap yang dapat kami informasikan kepada kamu. Semoga dapat bermanfaat, dan semoga bisa menjadi referensi untuk mencari ponsel pintar terbaru dari Samsung Indonesia.