Cara Cek Tipe HP Samsung Terbaru 2021 Paling Akurat

Cara cek tipe hp Samsung memang sangat penting untuk kamu ketahui, terutama jika ingin membeli smartphone dari tangan kedua alias bekas. Biasanya penjual handphone bekas tersebut akan mengklaim bahwa hp yang mereka jual sebagai tipe tertentu, sesuai dengan yang sedang kamu cari.

Bukan hanya ketika ingin membeli hp android bekas saja, namun saat membeli hp baru kamu juga perlu mengecek tipe dari handphone samsung yang ingin kamu beli. Hal ini bertujuan agar dapat memudahkan kamu dalam mencari informasi di internet mengenai spesifikasi dan fitur yang terdapat dalam smartphone tersebut.

| Baca Juga : Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Semua Tipe

Maka dari itu kamu perlu tahu bagaimana cara cek tipe hp Samsung secara mandiri, bertujuan agar tidak mudah ditipu oleh si penjual. Namun apabila kamu belum mengetahui-nya, pada kali ini Bursa HP Samsung akan menulis artike mengenai informasi cara melihat tipe hp Samsung paling akurat yang bisa kamu coba.

Cara Cek Tipe HP Samsung Paling Akurat

Saking banyaknya hp Samsung yang beredar dipasaran, terkadang membuat kita kesulitan dalam membedakan tipe dari setiap smartphone. Tak jarang pula kita sampai bingung membedakan smartphone tersebut lantaran memiliki desain yang sekilas hampir sama, misalnya smartphone terbaru Samsung yakni Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Dengan melihat cara cek tipe hp Samsung sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui spesifikasi serta fitur yang tertanam dalam smartphone. Adapun caranya cukup mudah, mulai dari melihat keterangan di dus book hingga download aplikasi tambahan di Play Store. Untuk lebih jelas, kalian bisa mengikuti beberapa tutorial dibawah ini.

1. Melalui Dus Book / Kemasan

Cara paling mudah untuk cek tipe hp Samsung yang kamu punya adalah dengan melihat lebel pada dus book atau kemasannya. Informasi mengenai tipe hp samsung bisa dengan mudah kamu lihat pada bagian depan dus book, biasanya tertera berdekatan dengan merek smartphone. Tentu ini bakal mudah jika kamu membeli hp baru.

Namun apabila membeli hp Samsung dalam kondisi second atau bekas, tentu besar kemungkinan kamu tidak akan mendapat dus book-nya. Tidak usah bingung, karena masih ada beberapa cara mudah dan akurat yang bisa kamu coba untuk mengecek tipe atau model hp Samsung yang kamu pakai.

2. Dengan Restart HP Samsung

Cek tipe hp Samsung yang ke dua ini juga terbilang mudah, cara untuk melihatnya yaitu dengan me-restart (reboot) smartphone. Dimana ketika kamu me-restart handphone, maka beberapa saat kemudian pada tampilan layar akan muncul logo Samsung beserta tipe atau model hp yang kamu pakai saat ini.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan tombol “Power” dan menahannya beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan. Silahkan kamu pilih menu “Restart“, maka handphone akan otomatis melakukan booting ulang sambil menampilkan logo Samsung berserta keterangan tipe dari smartphone. Cara ini bisa kamu coba pada hampir semua tipe hp Samsung.

| Baca Juga : Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

3. Dengan Kode Rahasia Samsung

Cek Tipe dengan Kode Rahasia Samsung

Cara mengetahui tipe hp Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan dial code atau kode rahasia. Tak banyak orang yang tahu, bahwa smartphone Samsung memiliki kode-kode rahasia yang berguna sebagai jalan pintas untuk mengecek beberapa hal. Salah satunya yakni untuk cek tipe hp samsung, untuk mengetahui cara lengkapnya kalian bisa melihat tutorial berikut ini :

  • Buka menu Phone atau Telepon.
  • Lalu ketikan kode cek tipe handphone yaitu *1234#.
  • Jika sudah tekan Call atau Panggil.
  • Maka akan muncul layar keterangan tipe hp kalian.

Cara diatas bisa kamu terapkan pada hampir semua hp Samsung, baik itu smartphone seri terbaru maupun keluaran lama. Bahkan hampir pabrikan smartphone juga pasti memiliki kode rahasia tersendiri yang berguna untuk cek tipe, IMEI, dan spesifikasi dari hp Samsung yang kamu pakai.

4. Cek Tipe Samsung Melalui Pengaturan

Cek Tipe Melalui Pengaturan Samsung

Untuk melihat tipe hp Samsung juga bisa melalui pengaturan ponsel, informasi tersebut terdapat pada pilihan menu about phone atau tentang ponsel. Caranya, silahkan masuk ke menu pengaturan (simbol ikon roda bergerigi) dari daftar aplikasi di hp Samsung kamu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat pada tutorial di bawah ini :

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Settings di ponsel kamu.
  • Lalu cari menu pilihan About Phone. Biasanya berada pada menu paling bawah.
  • Jika sudah, kamu akan melihat berbagai informasi dari smartphone yang kalian gunakan.

Bukan hanya tipe hp Samsung saja, pada menu pilihan tersebut akan muncul beberapa informasi penting seperti nomor IMEI, build number, kernel number, dan masih banyak lagi. Cara diatas juga berkerja dengan baik di semua tipe hp Samsung, baik itu smartphone keluaran terbaru ataupun yang sudah lama.

5. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara terakhir untuk cek tipe hp Samsung yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang dapat kamu download secara gratis di Play Store. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengakses informasi mengenai tipe, spesifikasi, bahkan nomor IMEI dari hp Samsung yang kamu gunakan saat ini. Adapun aplikasi-aplikasi tersebut antara lain :

Semua aplikasi di atas memiliki antar muka yang sederhanya, sehingga akan lebih mudah untuk di operasikan dan pahami oleh pengguna pemula sekalipun. Sebagai aplikasi yang di rilis secara gratis, kesemua aplikasi tersebut tetap memiliki kekurangan yaitu adanya iklan namun tidak terlalu mengganggu.

| Baca Juga : Cara Merekam Percakapan di HP Samsung

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana cara cek tipe dan model hp Samsung Galaxy, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.