Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Terbaru 2021 Semua Tipe

Cek spesifikasi merupakan salah satu cara yang perlu untuk diketahui sebelum kita membeli hp Samsung baru atau bekas. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa mengukur performa pada smartphone sebelum membelinya, dengan cara melihat berbagai spesifikasi yang diusung seperti chipset, processor, RAM, sistem operasi, dan lain sebagainya.

Meski dikenal sering merilis smartphone dengan spesifikasi mempuni, namun pengguna juga tetap perlu mengecek dan tahu lebih lengkap mengenai spesifikasi smartphone yang dimiliki. Dengan mengetahui spesifikasi hp Samsung, di harapkan nantinya pengguna dapat mengoptimalkan kinerja dan performa dari smartphone milikinya.

| Baca Juga : Cara Rekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi

Cara cek spesifikasi hp Samsung meski terbilang cukup mudah, namun dalam kenyataan ada saja pengguna yang masih belum memahaminya. Maka dari itu pada artikel kali ini Bursa HP Samsung akan memberikan informasi yang sangat menarik menggenai cara mengecek spesifikasi hp Samsung semua tipe paling mudah yang bisa kamu coba.

Cara Cek Spesifikasi HP Samsung

Pada dasarnya ketika kamu membeli smartphone, si penjual akan menginformasikan secara singkat mengenai spek dari smartphone tersebut. Namun agar lebih yakin kamu perlu mengeceknya sendiri, ada beberapa cara yang sering digunakan untuk mengecek spesifikasi handphone Samsung dari yang paling simple hingga menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dengan mengecek spesifikasi hp Samsung sehingga kita bisa lebih mengoptimalkan fungsi dan fitur yang terdapat dalam smartphone milik sendiri. Adapun caranya cukup mudah, hanya dengan menu pengaturan pada handphone atau memakai bantuan aplikasi pihak ketiga dari Play Store. Untuk lebih jelas, kalian bisa mengikuti beberapa tutorial dibawah ini.

1. Melihat Spesifikasi HP Lewat Dus Book

Cara pertama yakni dengan melihat dus book hp Samsung, disana terdapat berbagai informasi penting mengenai spesifikasi smartphone yang kalian gunakan. Namun informasi yang ditampilkan tidak terlalu mendetail, biasana dus book hanya tercantum informasi singkat seperti tipe, RAM, ROM dan prosesor hp.

Belum lagi ketika membeli smartphone Samsung dalam kondisi second atau bekas tentu kemungkinan besar kalian hanya mendapat smartphone saja tanpa dus book. Namun tidak perlu bingung, karena masih banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengecek spesifikasi yang terdapat dalam smartphone kesayangan kalian.

2. Cara Cek Spesifikasi HP lewat CPU-Z

Apabila ketika membeli hp Samsung bekas tidak mendapat dus book, kamu bisa coba cek spesifikasi handphone dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pendeteksi spesifikasi smartphone paling laris yakni CPU-Z, aplikasi ini memiliki jumlah unduhan di Play Store mencapai 50 juta kali unduhan oleh pengguna Android.

Dengan antar muka yang sederhana dan ukuran aplikasi yang ringan menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini dibanding dengan yang lain. Sebagai aplikasi yang dirilis secara gratis, CPU-Z tentu memiliki kekurangan yakni adanya iklan namun tidak terlalu mengganggu. Untuk cara penggunaannya kamu bisa ikuti tutorial berikut ini :

  • Pertama-tama, download aplikasi CPU-Z di Play Store atau klik (Download Disini)
  • Jika sudah, langsung saja kamu jalankan aplikasi CPU-Z tersebut.
  • Disana akan terlihat berbagai informasi dari spesifikasi hp Samsung yang kamu punya.

| Baca Juga : Cara Blokir Nomor Telepon di HP Samsung

3. Cek Spesifikasi Melalui Fitur About Phone

Cek Spesifikasi Melalui About Phone

Salah satu cara paling sederhana untuk cek spesifikasi hp Samsung adalah dengan menuju menu about phone atau tentang ponsel. Disana akan terlihat beberapa informasi mengenai spesifikasi dari hp Samsung kalian, mulai dari nomor IMEI, build number, kernel number, dan masih banyak lagi. Untuk cara lengkapnya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian cari menu pilihan About Phone. Biasanya berada pada menu paling bawah.
  • Jika sudah, disana akan tampil informasi spesifikasi dari smartphone yang kalian gunakan.

Cara ini bisa berfungsi di semua tipe hp Samsung, semisal pada Galaxy A52, Galaxy A72, dan masih banyak lagi tipe-tipe yang lain. Bukan hanya pada hp Samsung saja, tutorial diatas juga dapat kamu coba praktekkan pada hampir semua smartphone Android dari berbagai pabrikan.

4. Cek Spesifikasi HP dengan Kode Rahasia

Cek Spesifikasi denga Kode Rahasia Samsung

Dial code atau yang lebih sering disebut kode rahasia merupakan sebuah kombinasi nomor yang biasa digunakan untuk mengecek beberapa hal. Salah satunya yakni kita bisa cek spesifikasi hp samsung, untuk mengetahui cara lengkapnya kalian bisa melihat tutorial berikut ini :

  • Buka menu Phone atau Telepon.
  • Lalu ketikan kode cek spesifikasi hp Samsung yaitu *1234#.
  • Jika sudah tekan Call atau Panggil.
  • Maka akan muncul layar keterangan spesifikasi hp kalian.

Cara ini juga bisa kamu coba pada semua tipe hp Samsung, baik itu smartphone seri terbaru maupun yang keluaran lama alias jadul. Bahkan hampir pabrikan smartphone Android pasti memiliki kode rahasia tersendiri yang berguna untuk mengecek IMEI, spesifikasi, dan lain sebagainya.

5. Cek Spek HP Samsung Melalui Internet

Namun apabila semua cara ditas dirasa ribet, kamu juga bisa mengecek dan mencari informasi mengenai spesifikasi hp Samsung kesayangan dari internet. Banyak sekali website yang menyuguhkan informasi mengenai spesifikasi dan review smartphone dari berbagai merek semua tersedia di internet.

Nah, saat ini banyak orang bisa dengan mudah mencari informasi spesifikasi hp Samsung di internet melalui mesin pencari Google. Untuk mencarinya kita tinggal mengetikkan kata kunci dan tipe hp Samsung yang kalian cari, maka akan keluar ribuan informasi terkait spesifikasi hp samsung yang kita cari.

| Baca Juga : Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana cara cek spesifikasi hp Samsung Galaxy, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.