Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe

Menyembunyikan aplikasi Samsung terbilang cukup mudah, cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah di hp Samsung tanpa perlu lagi instal aplikasi. Seperti menggunci aplikasi Samsung, fitur menyembunyikan aplikasi ini juga sering digunakan untuk menjaga keamanan privasi dari pengguna agar lebih tejamin.

Pada dasarnya, Samsung juga sudah menyisipkan fitur menyembunyikan aplikasi ini di semua hp Android besutan mereka. Fitur untuk sembunyikan aplikasi Samsung tersebut bernama “Secure Folder”, dimana cara pemakainya penggua hanya perlu membuka menu “Settings” dan melakukan beberapa pengaturan.

| Baca Juga : Cara Mengaktifkan Night Mode Samsung

Sayangnya, Samsung hanya menyediakan fitur tersebut untuk smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat ke atas, seperti Galaxy A series dan Galaxy M series. Namun bagi kamu yang memakai hp Samsung keluaran lama, maka bisa coba mengunduh aplikasi “Hide App” atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Kami sendiri lebih menyarankan untuk memakai aplikasi Secure Folder yang tersediaa secara default di hp Samsung, karena lebih aman dibanding aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyembunyikan file-file penting sehingga privasi dari pengguna bisa tetap terjaga.

Banyak pengguna hp Samsung yang khawatir mengenai privasi dan keamanan dari smartphone mereka, sehingga banyak yang mencari cara untuk sembunyikan aplikasi dan file penting. Ada beberapa cara mudah dan cepat untuk melakukannya, kamu bisa mencoba tutorial yang akan dibagikan oleh BursaHpSamsung berikut ini :

1. Dengan Fitur Bawaan HP Samsung

Sembunyikan Aplikasi Samsung

Fitur untuk menyembunyikan aplikasi ini sebenarnya merupakan fitur bawaan Samsung yang tersediaa secara default tertanam pada sistem hp Samsung Galaxy. Namun karena ketidak tahuan atau beberapa alasan lainnya, masih ada pengguna yang tidak tahu cara menggunakan fitur “Secure Folder” ini. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan kamu buka menu “Setting”, lalu masuk ke pilhan menu “Lock Screen & Security”.
  2. Selanjutnya cari dan pilih menu “Secure Folder”, setelah terbuka kamu tinggal klik tombol “Next”.
  3. Kemudian klik tombol “Start”.
  4. Setelah itu kamu disuruh login ke Samsung Account. Jika belum mendaftar silahkan ikuti : Cara Membuat Akun Samsung.
  5. Pilih tipe keamanan untuk membuka Secure Folder. Kamu bisa pilih metode keamanan berupa Pattern, PIN, Password, Fingerprints, atau Iris Scanner.
  6. Jika sudah, lalu buka aplikasi Secure Folder pada menu utama smartphone (App Drawer).
  7. Kemudian klik tombol “Add Apps” untuk memilih aplikasi mana saha yang ingin kamu sembunyikan.

Catatan : Selain bisa untuk menyembunyikan banyak aplikasi di hp Samsung, seperti WhatsApp dan Instagram. Cara diatas juga bisa kamu gunakan untuk sembunyikan gambar, video, atau file penting yang tersimpan dalam galeri.

2. Aplikasi Pihak Ketiga “Hide App”

Menyembunyikan Aplikasi Samsung

Cara lain yang bisa kamu coba untuk sembunyikan aplikasi di hp Samsung yakni dengan memakai aplikasi Hide App yang bisa kamu dapatkan gratis di Play Store. Cara kerja aplikasi pihak ketiga ini sendiri bisa kamu lihat seperti langkah-langkah untuk menyembunyikan aplikasi Android di bawah ini:

  1. Langkah pertama, silahkan kamu download dan instal aplikasi Hide App di smartphone. Kamu bisa unduh aplikasi Hide App pada link berikut (Download Hide App).
  2. Jika sudah, bukalah aplikasi tersebut lalu pilih menu “Tambahkan” yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Setelah itu akan muncul semua aplikasi yang terpasang di hp Samsung, pilih dan centang aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari menu utama.
  4. Kemudian klik tombol “Hide” yang akan muncul setelah Anda melakukan centang aplikasi, lalu secara otomatis aplikasi sudah kamu pilih akan hilang dari menu utama ponsel.
  5. Untuk memunculkannya kembali kamu tinggal tekan tombol “Unhide” pada aplikasi Hide App.

| Baca Juga : Cara Backup Kontak di HP Samsung

Catatan : Meski terbilang cukup mudah dan cepat dibanding cara pertama, namun cara ini hanya bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi Android saja. Aplikasi ini tidak bisa kamu pakai untuk mengamankan gamabar, video, ataupun file-file penting.

3. Menggunakan Hola Launcher

Terkhir, cara efektif yang bisa kamu coba untuk sembunyikan aplikasi di hp Samsung yakni dengan menggunakan Hola Launcher. Dimana launcher ini juga sudah mendukung fitur menyembunyikan aplikasi Android, langsung saja untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama-tama, kamu harus download dan instal aplikasi Hola Launcher pada hp Samsung. Kamu juga bisa mengunduh Hola Launcher pada link berikut (Download Hola Launcher).
  2. Jika sudah buka aplikasi Hola launcher di smartphone kamu, lalu pilih menu “Pengaturan” yang ada di pojok kiri atas.
  3. Scroll ke bagian paling bawah dan klik menu “Pengaturan lanjutan”, lalu klik menu “Sembunyikan aplikasi”.
  4. Kemudian pilih beberapa aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari menu utama, selanjutka klik “Selesai” atau “Sembunyikan” di bagian paling bawah.
  5. Kembali ke menu utama Hola launcher, lalu aktifkan launcher tersebut sebagai tema utama Hp Samsung. Secara otomatis aplikasi yang sudah kamu pilih sebelumnya akan hilang dari menu utama.
  6. Untuk mengembalikannya cukup masuk ke aplikasi Hola launcher dan hilangkan tanda centang yang tadi kamu lakukan.

Catatan : Meski terlihat mudah, namun dengan menginstal aplikasi launcher, tentu hal ini akan memakan banyak memori RAM pada smartphone kamu. Sehingga performa dari hp Samsung menurun, hal ini tentu akan membuat smartphone menjadi lag ataupun freeze.

| Baca Juga : Cara Mengecek RAM di HP Samsung

Demikian informasi singkat mengenai cara mengunci aplikasi di hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.