Cara Merekam Layar di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara merekam aktivitas layar (screen recorder) sudah menjadi kebutuhan baru bagi para pengguna, terutama bagi pengguna HP Samsung yang hobi berbagi tips dan trik seputar game di kanal Youtube. Cara merekam layar cukup mudah, tiap ponsel Android sudah tersedia fitur perekam layar ini secara default.

Pada beberapa smartphone terbarunya, Samsung membekali fitur perekam layar bawaan yang juga bisa merekam suara internal dan suara dari mikrofon. Sangat cocok untuk kamu yang ingin merekam game atau melakukan live streaming, kamu dapat mengaksesnya dengan membuka menu “Settings > Advanced features > Game Options”.

| Baca Juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi Samsung

Sayangnya fitur bawaan Samsung tersebut hanya tersedia pada perangkat baru seperti Galaxy A series dan Galaxy M series. Untuk kamu pengguna ponsel Samsung keluaran lama tetap bisa melakukan screen recorder, yakni dengan cara memakai bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store.

Cara Merekam Layar Samsung Semua Tipe

Namun kami lebih menyarankan untuk kamu menggunakan fitur screen recorder bawaan dari Samsung, karena cara tersebut terbilang lebih aman dan tanpa perlu lagi download aplikasi tambahan. Selain itu fitur bawaan ini juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yakni mampu merekam suara internal ponsel maupun suara dari mikrofon.

| Baca Juga : Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Meski terbilang mudah, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara untuk merekam aktivitas layar hp Samsung. Adapun caranya kamu hanya perlu lakukan beberapa pengaturan di ponsel, langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya yang akan dibagikan oleh BursaHpSamsung berikut ini :

Merekam Layar HP Samsung Tanpa Aplikasi

Screen Recorder HP Samsung

Sebagian besar pengguna hp Samsung memakai aplikasi tambahan agar bisa melakukan perekaman aktivitas layar ponsel mereka. Namun saat ini tak perlu lagi, karena pada sistem bawaan Samsung (One UI) terbaru sudah tersedia fitur perekam layar. Nah untuk tahu lebih tntang cara merekam layar hp Samsung tanpa aplikasi, silahkan simak tutorialnya di bawah ini :

    1. Pertama-tama, silahkan kamu usap kebawah notifikasi bar di layar ponsel lalu pilih “Perekam Layar” atau “Screen Recorder”.
    2. Jika sudah, maka akan mencul pilihan “Pengaturan Suara” lalu kamu pilih salah satu. Diasana ada tiga opsi pengaturan, yakni Tanpa Suara, Suara Media, dan Suara Media dan Microfon.
    3. Untuk memulai proses perekaman layar ponsel, silahkan kamu tekan tombol “Mulai Merekam” atau “Start Recording”.
  1. Setelah itu akan muncul hitungan angka mundur yang menandakan perekam layar akan aktif dalam hitungan 3 detik. Setelah itu proses perekaman layar akan mulai berjalan.
  2. Kemudian untuk menghentikan perekaman layar, kamu tinggal tekan tombol “Stop”.
  3. Setelah selesai merekam, maka secara otomatis hasil rekaman layar akan tersimpan. Kalian bisa langsung menontonnya di Video Player atau Galeri.

Bukan hanya bisa merekam aktivtas layar saja, Samsung juga menyediakan menu Picture-in-Picture feature (PiP) yang memungkinkan kita merekam layar dengan overlay dari kamera depan. Selain itu, tersedia pula fitur “Draw On Screen” yang bisa digunakan untuk menulis atau menggambar pada layar ponsel ketika proses perekaman berjalan.

| Baca Juga : Cara Mundah Menggandakan Aplikasi Samsung

Cara Setting Fitur Perekam Layar Samsung

Merekam Layar Samsung

Untuk mengoptimalkan fitur perekam layar bawaan ini, Samsung juga menyediakan menu pengaturan pada fitur screen recorder ini yang berguna untuk mengatur resolusi video ataupun output suara. Lantas bagaimana cara mengaturnya? Untuk tahu langkah-langkahnya, silahkan kamu simak tutorial di bawah ini :

    1. Pertama, silahkan kamu masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan”.
    2. Jikah sudah, pilih menu “Advance Features” atau “Fitur Lanjutan”.
    3. Kemudian kamu pilih menu “Screenshots and screen recorder” atau dalam bahasa Indonesia ialah  “Gambar Layar dan perekam layar”.
  1. Pilih menu “Pengaturan Perekam Layar” atau “Screen Recorder Settings”.
  2. Lalu pilih kualiatas rekaman video dengan opsi resolusi 1080p, 720p, dan 480p. Selain itu, juga tersedia opsi untuk mengatur ukuran video selfie saat mengaktifkan Picture-in-Picture feature (PiP) dan pengaturan output suara.

Fitur perekam layar bawaan pada ponsel Samsung ini sangat berguna, dimana dengan hadirnya fitur ini membuat kita tidak perlu download aplikasi perekam layar di Play Store. Namun bagi yang lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka silahkan memilih aplikasi yang kamu rasa aman.

| Baca Juga : Cara Mengenggunakan NFC di HP Samsung

Demikian informasi singkat mengenai cara merekam layar di hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan mengenai smartphone Samsung kamu.