Cara Aktifkan Fitur Split Screen di HP Samsung Galaxy (One UI)

Cara Split Screen Samsung

Cara aktifkan split screen Samsung terbilang cukup mudah, fitur ini merupakan pembahruan dari Samsung yang disematkan pada smartphone besutannya. Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, tentu saja Samsung akan terus melakukan berbagai inovasi terutama dalam hal fitur.

Samsung merupakan salah satu pabrikan smartphone pertama yang menggunakan fitur split screen, dimana Galaxy Note series sudah lama mengusung fitur dua layar tersebut. Dengan menggunakan fitur split screen, memungkinkan pengguna untuk dapat mambagi tampilan layar ponselnya menjadi dua bagian.

| Baca Juga : Cara Merekam Aktivitas Layar Samsung

Dengan cara membuat tampilan layar Samsung menjadi 2, tentu akan membuat produktivitas dari pengguna lebih meningkat. Karena pengguna dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu tampilan layar, sebagai contoh kamu akan bisa melihat video dan membuka whatsapp secara bersamaan tanpa perlu menutup aplikasi.

Cara Mengaktifkan Split Screen di HP Samsung

Bukan hanya ponsel flagship saja, namun smartphone entry-level dari Samsung saat ini juga sudah mengusung fitur split screen. Dimana smartphone Samsung keluaran terbaru dengan antarmuka One UI, seperti Galaxy A series dan Galaxy M series sudah bisa mencoba fitur dua layar terpisah dari Samsung.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi dapat kamu buka dengan fitur multitasking split screen, beberapa aplikasi lama belum mendukung untuk digunakan pada fitur ini. Selain itu juga beberapa game juga belum suport dengan fitur dua layar terpisah ini, namun dalam waktu dekat semua aplikasi akan dapat digunakan dengan split screen.

Samsung Split Screen

Meski terbilang mudah, namun masih ada saja pengguna yang belum tahu mengenai cara menggunakan split screen di hp Samsung. Buat kamu yang belum mengetahui cara mengaktifkaf fitur dua layar samsung ini, maka langsung saja menyimak langkah-langkah mudah dari BursaHpSamsung berikut ini.

  1. Pertama, buka beberapa aplikasi yang ingin kamu gunakan secara split screen.
  2. Jika sudah, kamu dapat menekan tombol Recent (ikon 3 garis) di bagian bawah layar.
  3. Kemudia akan muncul Recent Apps atau aplikasi yang telah kamu buka tadi.
  4. Selanjutnya, kamu dapat menekan ikon aplikasi yang ingin dipilih.
  5. Setelah itu akan muncul beberapa opsi menu, lalu kamu pilih Open in Split Screen View.
  6. Maka secara otomatis aplikasi yang kamu pilih akan tampil pada bagian atas.
  7. Lalu kamu akan diminta untuk memilih aplikasi lainnya yang akan masuk ke dalam mode Split Screen.
  8. Jika berhasil, dalam tampilan layar hp Samsung kamu akan muncul dua aplikai secara bersamaan.

Sebagai catatan, bahwa tidak semua aplikasi sudah mendukung fitur ini. Apabila aplikasi tidak mendukung fitur split screen, maka ketika mode split screen ingin diaktifkan tidak akan muncul pilihan menu Open in Split Screen View. Aplikasi seperti Youtube tentu sudah pasti bisa tampil secara sempurna pada fitur split screen.


| Baca Juga : Cara Mengecek Status RAM di HP Samsung

Berkat adanya fitur split screen ini, kita bisa dengan mudah menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu tampilan layar. Sehingga dapat melakukan multitasking dengan lebih mudah, contohnya kamu bisa mencari bahan di internet pada aplikasi browser sekaligus mengetik tugas pada aplikasi editor dokumen WPS secara bersamaan tanpa harus berpindah-pindah.

Selain hp Samsung Galaxy versi antarmuka One UI, pada ponsel Samsung versi Experience juga sudah dibekali fitur split screen. Sebenarnya fitur split screen ini tidak hanya dimiliki oleh smartphone Samsung saja, hampir semua perangkat Android dengan OS versi 7 Nougat ke atas juga memilikinya hanya saja dengan cara penggunaan yang mungkin berbeda.

| Baca Juga : Cara Menggunakan NFC di HP Samsung

Itulah cara mudah menggunakan fitur split screen pada hp Samsung Galaxy yang menjalankan antarmuka One UI. Demikian informasi singkat dari kami, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Simak juga berbagai informasi menarik dari ponsel samsung lainnya di Bursa HP Samsung.