Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Dengan 3 Metode Mudah

Cara mengunci aplikasi di hp Samsung cukup mudah, di jaman yang serba digital seperti saat ini keamanan dan privasi pengguna sangatlah penting. Apalagi kini banyak pengguna yang seringkali menggunakan smartphone sebagai media untuk menyimpan data atau dokumen penting.

Banyak data sensitif yang sering kita simpan pada smartphone, seperti pekerjaan, akun media sosial, perbankan, password, dan berbagai aplikasi penting lainnya yang memang tidak boleh di akses orang lain. Data-data inilah yang seringkali menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk di salah gunakan, maka dari itu kita harus waspada.

Dengan mengunci aplikasi di hp samsung, tentu saja cara ini dapat meminimalisir​ terjadinya pencurian data penting pada smartphone. Sehingga apabila kita kehilangan handphone maka semua data penting yang tersimpan dalam smartphone akan tetap aman, tidak bisa di akses atau di buka oleh orang lain.

Meski smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi fitur keamanan biometerik seperti fingerprint dan face unlock. Namun, supaya lebih aman kamu bisa memberi keamanan tambahan dengan cara mengunci aplikasi di HP Android secara personal. Pada kali ini Bursa HP Samsung akan membagikan beberapa cara mengunci aplikasi di Samsung supaya data kamu aman dan terhindar dari pencurian.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengunci WA, internet banking, galeri, dan aplikasi penting lainnya di HP Samsung kamu. Samsung sendiri sudah menyediakan fitur bawaan untuk mengunci aplikasi, namun jika dirasa cukup ribet kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya dibawah ini :

1. Mengunci Aplikasi Dengan Fitur Bawaan Samsung

Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Samsung sebenarnya juga sudah menyediakan fitur untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi penting di hp besutannya. Namun ada beberapa pengguna yang tidak tahu cara untuk menggunakan fitur ini, mungkin saja karena ketidak tahuan atau beberapa alasan lainnya. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, klik ikon Apps pada home screen, lalu kamu buka menu Settings.
  2. Jika sudah, pilih menu Lock screen and security. Selanjutnya pilih Other security settings.
  3. Gulir layar kebawah cari menu Pin windows. Kemudian pilih opsi untuk mengaktifkan fungsi Pin windows.
  4. Disini kamu bisa mengatur jenis kunci layar untuk Unpin windows. Ketuk pada tombol Use screen lock type to unpin untuk mengaktifkannya.
  5. Selain itu kamu juga bisa mengatur Notification settings ketika layar dalam posisi dikunci. Jika sudah klik DONE.
  6. Lalu pilih App yang ingin kamu tetapkan pada layar. Klik pada opsi Recent applications key.
  7. Sebuah ikon Pin akan ditampilkan dibagian bawah, klik ikone tersebut. Kemudian klik opsi Start untuk mengaktifkan fitur kunci aplikasi.
  8. Nantinya aplikasi yang kamu pilih akan ditetapkan pada layar. Dimana kamu tidak akan bisa mengakses aplikasi lainya saat fungsi ini aktif.
  9. Sentuh pada Recent applications key dan Back key secara bersamaan untuk melepas/unpin pada layar. Kemudian kamu masukkan 4 digit PIN yang telah diatur sebelumnya.

Meski cukup ribet namun cara mengunci aplikasi di hp samsung ini sangat efektif, kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga. Dimana cara diatas bisa kamu coba pada semua tipe hp Samsung baik keluaran lama dengan RAM terbatas maupun yang terbaru, seperti samsung a11, samsung a21s, samsung a31, dll.

2. Mengunci Aplikasi di Samsung Menggunakan AppLock

Mengunci Aplikasi Menggunakan AppLock

Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi AppLock ini untuk mengunci aplikasi penting di ponsel Samsung. Dimana penggunaannya juga sangat simple, selain itu kamu juga bisa memilih metode untuk membuka kuncian aplikasi sesuai yang kamu inginkan, mulai dari pattern, password, bahkan fingerprint. Berikut adalah cara mengunci aplikasi di Samsung menggunakan AppLock :

Langkah 1 – Download dan Install AppLock

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah download dan instal aplikasi AppLock di hp Samsung. Kamu juga bisa mengunduh AppLock pada link berikut (Download AppLock).
  2. Jika sudah, bukalah aplikasi AppLock. Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan pattern agar aplikasi ini tidak dapat diakses oleh orang lain.
  3. Klik pada tombol “Agree and Start” untuk mulai mengaktifkan AppLock.

Langkah 2 – Opsi Pengamanan Aplikasi

  1. Pada menu utama, kamu pilih tab “Protect” untuk dapat memilih opsi-opsi lanjutan. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  2. Klik pada “Unlock Settings” untuk mengatur pengamanan aplikasi. Kamu bisa memilih opsi mengunci aplikasi dengan Pattern atau Password.
  3. Jika masih merasa kurang aman, kamu bisa masuk ke tab “protect”, pilih opsi “General”, lalu aktifkan “Advanced Protection”. Kamu akan diminta untuk menuliskan alamat email sebagai backup.

| Baca Juga : Cara Ganti Tema HP Samsung Semua Tipe

Langkah 3 – Mengunci Aplikasi

  1. Untuk mengunci aplikasi, kamu bisa masuk ke tab “Privacy” lalu pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci dengan AppLock.
  2. Apabila hp Samsung kamu menggunakan OS Android 5.0 ke atas, kamu harus memberi akses kepada aplikasi AppLock dengan me-klik opsi “Permit”.
  3. Apabila nampak ikon gembok di samping aplikasi yang kamu pilih, artinya aplikasi tersebut sudah dikunci oleh AppLock.
  4. Untuk membuka kunci aplikasi, kamu bisa memasukkan pattern atau password yang sudah kamu buat sebelumnya.

3. Cara Mengunci Aplikasi Dengan AppLock – Fingerprint

Kunci Aplikasi Dengan AppLock Fingerprint

Selain aplikasi AppLock di atas, kamu juga kamu juga bisa mencoba aplikasi pengunci yang nggak kalah bagus yakni AppLock – Fingerprint. Aplikasi ini memiliki metode pengoperasian yang lebih mudah, namun dilengkapi dengan fitur keren yang tidak ada pada aplikasi lain. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini :

| Baca Juga : Cara Mudah Download MP3 Dari Youtube di HP

Langkah 1 – Download dan Install Applock – Fingerprint

    1. Pertama-tama, kamu wajib download dan instal aplikasi AppLock – Fingerprint di hp Samsung terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya pada link berikut (Download AppLock – Fingerprint).
  1. Jika sudah, kamu akan diminta untuk memasukkan master PIN untuk dapat mengakses aplikasi ini. Pilih kombinasi PIN yang dirasa aman.
  2. Berikan izin pada Applock – Fingerprint untuk mengakses data yang ada di HP Samsung kamu. Baru deh, kamu bisa mengoperasikan aplikasi ini.

Langkah 2 – Opsi Pengamanan Aplikasi

  1. Agar lebih aman, kamu bisa mengubah beberapa opsi yang ada pada tab “Settings” di menu utama aplikasi Applock – Fingerprint.
  2. Buka menu “Password Settings” untuk menyetel tipe kunci yang sesuai kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur kuncian dengan menggunakan fitur Fingerprint atau Face Detection.
  3. Tidak hanya setelan keamanan, kamu juga bisa mengubah tampilan layar kunci aplikasi supaya terlihat lebih menarik.

| Baca Juga : Cara Mengatur Sensitivitas Layar Samsung

Langkah 3 – Mengunci Aplikasi

  1. Apabila semua setelan telah diatur sesuai dengan keinginan, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk dapat mulai mengunci aplikasi pilihanmu menggunakan Applock – Fingerprint.
  2. Masuk pada tab “AppLock”, lalu klik pada tombol “+” berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah layar.
  3. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kamu kunci dengan aplikasi Applock – Fingerprint, yakni dengan menggeser slider yang ada di sebelah kanan nama aplikasi.
  4. Setelah slider berubah menjadi warna biru, klik lagi pada tombol “+” berwarna biru yang ada di kanan bawah layar.
  5. Kamu akan dibawa kembali ke halaman utama aplikasi. Di sebelah kanan logo aplikasi, kamu akan melihat dua opsi tambahan yang sangat menarik untuk kamu coba.

Demikian informasi singkat mengenai cara mengunci aplikasi di hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan mengenai smartphone Samsung kamu.