Cara Cek RAM HP Samsung Untuk Melihat Sisa dan Total RAM

Cara Cek RAM HP Samsung

Cara Cek RAM Samsung sangat penting dilakukan, hal ini berguna untuk melihat sisa dan total pemakaian memori di hp Android. Seperti yang kita tahu RAM merupakan komponen penting dalam sebuah smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data aplikasi dan sistem secara temporer, serta juga untuk kebutuhan multitasking.

Ketika ingin membeli hp Sansung baru, kapasitas RAM juga menjadi salah satu faktor penentu harga jual sebuah ponsel. Biasanya semakin besar kapasitas RAM pada smartphone maka performa yang dimiliki juga semakin cepat. Oleh karena itulah rata-rata smartphone flagship seperti Galaxy Z series dan Galaxy S series memiliki RAM dengan kapasitas sangat besar.

| Baca Juga : Cara Cek Keaslian HP Samsung

Maka dari itu sangat penting untuk kita mengetahui cara cek spesifikasi RAM hp Samsung, agar kita tahu batas kemampuan dari sebuah ponsel Android. Namun sebelum melakukan pengecekan ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui fungsi RAM pada hp Samsung. Nah untuk tahu fungsinya silahkan kamu simak penjelasan dibawah ini.

Fungsi RAM Pada Smartphone

Random Access Memory atau sering disingkat RAM, merupakan ruang penyimpanan untuk berbagai data aplikasi yang masih aktif dalam ponsel. Sehingga apabila kita menutup aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan langsung keluar karena masih terdapat data aplikasi yang tersimpan dalam ponsel.

| Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki sebuah smartphone, maka semakin banyak data yang bisa disimpan secera sementara sehingga kinerja dan multitasking dalam menjalankan banyak aplikasi semakin optimal. Untuk pengguna hp Android Samsung, kamu bisa melihat atau cek kapasitas RAM dengan cara mengikuti langkah-langkah yang akan dibahas BursaHpSamsung berikut ini.

Cara Melihat dan Cek RAM Samsung

Bagi kamu yang memiliki hp Samsung dengan kapasitas RAM yang terbatas, kami sarankan untuk selalu mengecek sisa atau total RAM yang terpakai dalam ponsel. Apabila kapasitas RAM hampir penuh, tentu hal ini akan membuat performa smartphone menurun. Namun permasalahannya tidak semua pengguna tahu cara melihat atau cek RAM hp Samsung untuk mengetahui sisa RAM yang tersedia.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengecek RAM Samsung, pada dasarnya di pengaturan Samsung terdapat menu untuk cek status memori RAM. Namun apabila dirasa ribet kamu bisa menginstal aplikasi pihak ketiga. Langsung saja kamu bisa mencoba tutorial lengkapnya dibawah ini :

1. Cek RAM Dengan Fitur Bawaan Samsung

Cek RAM HP Samsung

Pada dasarnya tiap pabrikan hp Android termasuk Samsung yang menyediakan pengaturan bawaan untuk melihat atau cek sisa dan total pemakaian RAM. Namun ada saja pengguna yang tidak mengerti cara menggunakan fitur ini, mungkin karena ketidak tahuan atau beberapa alasan lainnya. Langsung saja berikut langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” atau “Settings” pada hp Samsung yang kamu miliki.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan cari menu “Perawatan Perangkat” atau “Device Maintenance”.
  3. Selanjutnya silahkan kamu tap pada bagian “Memori”.
  4. Setelah itu akan muncul sisa RAM yang tersedia dan kapasitas total RAM yang dimiliki hp Samsung.
  5. Nah agar sisa RAM lebih lega, silahkan klik “Hapus Sekarang” atau “Clean Now”.

Cara mengecek RAM di atas hanya berlaku untuk semua tipe hp Samsung yang telah menggunakan antarmuka One UI. Nah untuk kamu yang kebetulan memiliki hp Samsung tipe jadul maka lebih baik mencoba cek hp Samsung menggunakan aplikasi pihak ketiga yang kami jelaskan di bawah ini.

2. Cek RAM Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Cek RAM Samsung CPU-Z

Bagi kamu yang tidak mau ribet dengan cara cek RAM hp Samsung diatas, kamu bisa mencoba aplikasi CPU-Z yang ada di Play Store. Dimana aplikasi CPU-Z ini memiliki kemampuan untuk melihat spesifikasi sebuah smartphone secara detail dan lengkap. Berikut adalah cara melihat dan cek RAM Samsung menggunakan CPU-Z :

  1. Langkah pertama, kamu harus download dan instal aplikasi CPU-Z di hp Samsung. Kamu juga bisa mengunduh CPU-Z pada link berikut (Download CPU-Z).
  2. Jika sudah, buka dan tap pada bagian “Device”.
  3. Maka akan terlihat informasi spesifikasi hp Samsung, mulai dari Model, kapasitas memori internal, total RAM, dan sisa RAM.

Selain itu masih ada banyak fungsi dari aplikasi CPU-Z ini, diantaranya untuk mengetahui sistem Android yang sedang digunakan, CPU, Chipset, GPU yang dipakai, Battery Health, dan masih banyak lagi. Jika masih kurang puas kamu bisa mencoba aplikasi AIDA64 yang memiliki fitur lebih lengkap.

3. Cek RAM Dengan Aplikasi AIDA64

Cek RAM Samsung AIDA64

Selanjutnya kamu juga bisa gunakan aplikasi lain seperti AIDA64 yang juga sangat berguna untuk melihat sisa dan total RAM Samsung. AIDA64 merupakan aplikasi terbaik untuk mengecek spesifikasi lengkap hp Samsung. Sebagai buktinya AIDA64 memiliki fitur untuk melihat jenis RAM.

  1. Pertama-tama kamu wajib download dan instal aplikasi AIDA6 di hp Samsung terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya pada link berikut (Download AIDA64).
  2. Setelah itu kamu buka dan tap pada bagian “System”.
  3. Lalu akan muncul informasi lengkap mengenai hp Samsung kamu, seperti kapasitas memori internal, kapasitas RAM, dan juga jenis RAM.

Tidak hanya itu saja, masih ada banyak fungsi dari aplikasi AIDA64, diantaranya untuk mengetahui sistem Android yang sedang digunakan, CPU, GPU, Chipset yang dipakai, Battery Health, dan lain sebagainya. Secara garis besar AIDA64 memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama dengan CPU-Z.

Demikian informasi singkat mengenai cara cek RAM hp Samsung semua tipe, semoga artikel dari kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya, agar bisa menambah wawasan kita mengenai ponsel Samsung Galaxy.