Samsung Galaxy Z Flip Harga Terbaru 2020 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Z Flip

Harga Samsung Galaxy Z Flip – Di tahun 2020 ini Samsung kembali akan meluncurkan ponsel layar lipat terbarunya. Meski sama-sama ponsel lipat namun Galaxy Z Flip ini bukanlah penerus dari Galaxy Fold, yang mana kedua smartphone kelas flagship ini memiliki konsep lipatan yang berbeda. Galaxy Z Flip memiliki sumbu lipatan horizontal dari atas ke bawah seperti ponsel clamshell.

Teknologi layar lipat ini masih tergolong baru, maka sangat wajar apabila harga jual Galaxy Z Flip saat ini masih terbilang sangat mahal. Meski dipasarkan dengan harga selangit namun saat pembukaan pre-order Galaxy Z Flip, Samsung Indonesia mengklaim ponsel lipat ini sangat laris manis hingga terjual habis hanya dalam waktu satu jam saja.

Wajar apabila Samsung Galaxy Z Flip dijual dengan harga yang sangat tinggi, mengingat spesifikasi yang ada pada smartphone ini terbilang sangat canggih dan futuristik. Salah satu kecanggihan tersebut dapat kita lihat dari teknologi layar lipat yang dapat kita buka tutup (Flip) yang mengingatkan kita pada desain handphone jaman dulu.

Buat kamu yang ingin mencoba kecanggihan Samsung Galaxy Z Flip, pada artikel kali ini Bursahpsamsung.com akan membagikan informasi spesifikasi lengkap dan harga terbaru November 2020. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan dan review singkat yang telah kami sajikan berikut ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Harga HPRp. 18.499.000
Rp. –
RilisFebruari 2020
Platform
ChipsetQualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
CPUOcta-core (1×2.95 GHz Kryo 485 & 3×2.41 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640 (700 MHz)
RAM8 GB
Storage256 GB
OSAndroid 10, One UI 2.5
Bodi
DimensiUnfolded: 167.3 x 73.6 x 7.2 mm
Folded: 87.4 x 73.6 x 17.3 mm
Berat183 gram
LayarFoldable Dynamic AMOLED 6.7 inci (1080 x 2636 piksel), HDR10+
Cover display: Super AMOLED 1.1 inci (112 x 300 piksel)
WarnaMirror Purple, Mirror Black, Mirror Gold
Kamera Selfie
Single10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
FiturHDR
Video[email protected]
Kamera Utama
Dual12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1.12µm
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]/60fps, [email protected]/240fps, [email protected], HDR10+
Konektivitas
SIMNano-SIM, eSIM
JaringanGSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes
USBUSB Type-C 3.1, USB On-The-Go
Lainnya
RadioNo
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
ANT+
BateraiNon-removable, Li-Po 3300 mAh
ChargingFast charging 15W
Fast wireless charging 9W
CekHarga HP Samsung Terbaru

Review Samsung Galaxy Z Flip

Kehadiran Samsung Galaxy Z Flip memang patut untuk di tunggu, ponsel layar lipat gnenrasi ke dua dari Samsung ini hadir dengan mengusung spesifikasi mempuni serta desain yang futuristik. Jika kita lihat dari desain maupun spesifikasi yang diusung, Galaxy Z Flip sangat memenuhi syarat sebagai smartphone utama yang sangat bisa diandalkan dalam berbagai hal.

Galaxy Z Flip hadir dengan desain yang unik dan futuristik, dimana layar smartphone ini dapat dilipat layaknya kita membuka atau menutup cangkang kerang. Yang apabila Galaxy Z Flip ini dalam kondisi terbuka memiliki ukuran dimensi 167.3 x 73.6 x 7.2 mm serta bobot 183 gram. Namun saat dilipat ukurannya menjadi 87.4 x 73.6 x 17.3 mm, sangat pas dikantong dan nyaman untuk di genggam.

Snapdragon 855 Plus + RAM 8GB

Spek Samsung Galaxy Z Flip

Untuk performa Samsung Galaxy Z Flip tidak perlu diragukan lagi, ponsel lipat ini telah ditenagai chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 855+. Selain itu juga dipadukan dengan RAM 8GB, serta terdapat GPU Adreno 640 sebagai pengolah grafis yang terbukti sangat mumpuni dalam menghasilkan tampilan grafis yang tajam dan smooth. Dalam hasil pengetesan AnTuTu benchmark, Galaxy Z Flip mampu mengumpulkan skor diatas 450.000.

Sementara untuk keperluan menyimpan data aplikasi, Galaxy Z Flip juga dibekali memori internal berkapasitas 256 GB dengan tipe UFS 3.0. Sayangnya Samsung tidak menyediakan slot microSD, tapi dengan memori yang dimiliki sudah sangat cukup untuk menyimpan semua foto dan video. Lalu untuk sistem operasinya mengadopsi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.5.

Foldable Dynamic AMOLED 6.7 Inci

Samsung Z Flip

Salah satu kelebihan Galaxy Z Flip yakni desain layarnya yang bisa dilipat, dimana teknologi tersebut tidak dimiliki oleh smartphone lain. Samsung meracik Galaxy Z Flip menggunakan panel Foldable Dynamic AMOLED dengan bentang layar 6.7 inci. Serta memiliki resolusi 1080 x 2636 piksel dengan rasio 21.9:9 serta kerapatan layar sebesar 425 ppi, dan juga telah mendukung HDR10+.

Selain itu pada bagian belakang Galaxy Z Flip juga terdapat layar tambahan berukuran 1.1 inci yang posisinya berada di samping kamera utama. Layar tersebut berfungsi untuk menampilkan Always On Display yang telah mengadopsi panel Super AMOLED beresolusi 112 x 300 yang dilindungi kaca Gorilla Glass 6.

Dual Kamera Utama + Selfie Mempuni

HP Galaxy Z Flip

Beralih ke bagian fotografi, smartphone lipat Samsung Galaxy Z Flip dibekali dual kamera utama dengan resolusi 12 MP Dual Pixel PDAF dan OIS (wide-angle) + 12 MP (ultra wide). Kedua kamera mampu merekam video dengan resolusi 4K 60fps serta telah dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) sehingga hasil rekaman videonya lebih stabil.

Sementara untuk kamera selfie, Samsung Z Flip telah dibekalkan lensa kamera beresolusi 10 MP (wide-angle) dengan bukaan f/2.2. Tidak hanya handal untuk berselfie, kamera ini juga mampu merekam video 4K [email protected] serta juga telah didukung beragam fitur fotografi lainnya.

Koneksivitas Samsung Galaxy Z Flip

Sama seperti ponsel pintar Android lainnya, sistem keamanan biometrik merupakan fitur penting yang wajib ada. Samsung juga telah membekali Galaxy Z Flip dengan sensor pemindai sidik jari yang ditanamkan pada bagian samping smartphone agar mudah diakses. Selain itu juga terdapat fitur koneksivitas wajib seperti dual SIM, WiFi, Bluetooth v5.0, GPS Navigasi, USB type-C 3.1, NFC dan beberapa fitur lainnya.

Sementara pada bagian sensor juga cukup lengkap, dimana terdapat accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer dan ANT+ bisa kita dapatkan di smartphone lipat ini. Kemudian untuk urusan audio telah di Tuned oleh AKG, namun sayangnya tidak tersedia jack audio 3.5 mm.

Baterai 3300 mAh + Fast Charging 15W

Untuk menunjang semua spek dan fitur diatas, Samsung Galaxy Z Flip telah ditanamkan baterai lithium polymer berkapasitas 3.300 mAh. Meski kapasitas baterai yang dimiliki cukup kecil, namun dari hasil pengujian yang kami lakukan baterai pada ponsel layar lipat ini mampu bertahan hingga 8 jam 26 menit untuk browsing, 6 jam 40 menit menonton video youtube, dan 7 jam 46 menit bermain game 3D.

Sementara untuk mengoptimalkan pengisian baterai, Samsung Z Flip ini telah di dukung fitur Ffast charging 15W dan Fast wireless charging 9W. Diman fitur tersebut dapat mempercepat proses pengisian daya baterai, yang mana untuk proses pengisian baterai dari 0% – 100% hanya butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit.

Galaxy Z Flip 2Galaxy Note 20
Galaxy Z Fold 2Note 20 Ultra

Harga Samsung Galaxy Z Flip Terbaru

Merupakan sebuah trobosan bagi Samsung ketika meluncarkan Galaxy Z Flip, yang mana smartphone layar lipat ini banyak ditunggu oleh pengguna. Meski dibandrol dengan harga cukup tinggi, namun hal tersebut wajar mengingat spesifikasi dan teknologi yang diusung terbilang canggih. Pada bulan November 2020 saat ini harga Samsung Galaxy Z Flip dipatok dengan kisaran harga Rp. 18 jutaan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai harga terbaru Samsung Galaxy Z Flip dan spesifikasi lengkapnya yang bisa kami informasikan kepada kalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk mencari smartphone terbaru dari Samsung Indonesia.