Samsung Galaxy Fold Harga Terbaru 2020 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Fold

Samsung akhirnya resmi merilis smartphone layar lipat “Galaxy Fold” ke Indonesia. Smartphone kelas flagship terbaru dari Samsung ini dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah. Dimana harga jual Galaxy Fold ini masih terbilang lebih mahal jika dibanding dengan flagship Samsung lainnya, seperti Galaxy Note 10+ ataupun Galaxy S10+.

Cukup wajar apabila harga ponsel layar lipat ini dibandrol cukup mahal, pasalnya Samsung telah membekali perangkat Galaxy Fold ini dengan teknologi dan spesifikasi yang sangat canggih. Salah satu kecanggihan tersebut dapat kita lihat dari rancangan panel layar yang bisa kita lipat layaknya kita membuka atau menutup buku.

Apabila kita artikan dalam bahasa Indonesia, makna dari kata “Fold” yang berarti lipatan. Seperti yang kita tahu, Galaxy Fold ini merupakan smartphone pertama Samsung yang memakai panel layar lipat. Yang mana pebrikan ponsel asal Korea Selatan ini sudah sangat lama mengembangkan teknologi tersebut, dan sekarang kita sudah bisa menikmatinya pada Galaxy Fold.

Sayangnya teknologi layar lipat ini masih jarang dipakai dan sangat mahal, tentu hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga jual Samsung Galaxy Fold. Mungkin butuh beberapa tahun bagi Samsung untuk bisa menghemat biaya produksi layar lipat ini, sehingga harga smartphone yang mengusung teknologi tersebut bisa lebih terjangkau. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap mengenai harga dan spesifikasi Galaxy Fold, silahkan simak artikel berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold

Harga HPRp. 21.499.000
Rp. –
RilisOktober 2019
Platform
ChipsetQualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)
CPUOcta-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640
RAM12 GB
Storage512 GB (microSD up to 1 TB)
OSAndroid 9.0, One UI 2.1
Bodi
Dimensi160.9 x 117.9 x 6.9 mm (Unfolded)
160.9 x 62.9 x 15.5 mm (Folded)
Berat263 gram
LayarFoldable Dynamic AMOLED 7.3 inci (1536 x 2152 piksel), rasio 20:9
Cover display: Super AMOLED 4.6 inci (720 x 1680 piksel), rasio 21:9
WarnaSpace Silver, Cosmos Black
Kamera Selfie
Dual10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
8 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1.22µm, depth sensor
Cover camera: 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
FiturHDR
Video[email protected]/60fps, [email protected], gyro-EIS
Kamera Utama
Triple12 MP, f/1.5-2.4, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom
16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/3.1″, 1.0µm
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected], [email protected]/240fps (gyro-EIS), [email protected] (gyro-EIS), HDR10
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes
USBUSB Type-C 3.1
Lainnya
RadioNo
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, ANT+
Bixby natural language commands and dictation
Samsung DeX (desktop experience support)
BateraiNon-removable Li-Po 4380 mAh
ChargingFast charging 15W
Fast wireless charging 15W
Reverse wireless charging 4.5W
CekHarga HP Samsung Terbaru

Snapdragon 855 + RAM 12GB

Pada bagian dapur pacu, Samsung Galaxy Fold dibekali dengan chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 855 yang dipadukan RAM 12GB sehingga performa yang dihasilkan performa sangat optimal. Selain itu juga di dukung GPU Adreno 640 yang berguna sebagai pengolah grafis yang mampu hasilkan tampilan grafis yang tajam dan smooth.

Sementara untuk keperluan menyimpan data aplikasi, Samsung juga membekali ponsel layar lipat ini dengan memori internal berkapasitas 512GB. Namun apabila dirasa masih kurang, juga terdapat slot memori eksternal yang dapat kamu gunakan untuk memperluas kapasitas ruang penyimpanan hingga 1TB.

Layar Lipat Canggih 7.3 inci HDR10+

Salah satu perbedaan mencolok antara Galaxy Fold dengan smartphone flagship Samsung lainnya yakni pada desain layar yang dapat dilipat seperti buku. Hadir dengan mengusung panel Foldable Dynamic AMOLED berukuran 7.3 inci dengan resolusi 1536 x 2152 pixels serta mendukung HDR10+.

Dengan rasio 20:9 serta kerapatan layar sebesar 362 ppi, sehingga tampilan gambar atau video yang dihasilkan sangat tajam namun tetap nyaman di mata. Selain itu juga terdapat layar tambahan berukuran 4.6 inci dengan panel Super AMOLED serta berresolusi 720 x 1680 piksel pada bagian covernya.

Desain Unik Samsung Galaxy Fold

Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold handir dengan desain yang unik, dimana smartphone ini dapat kita lipat layaknya kita sedang membuka atau menutup buku. Memiliki bodi yang bongsor dengan dimensi berukuran 160.9 x 117.9 x 6.9 mm serta bobot 263 gram. Namun apabila smartphone ini dilipat ukurannya menjadi 160.9 x 62.9 x 15.5 mm, maka akan sedikit terasa tebal ketika di genggam.

Samsung juga telah menguji ketangguhan smartphone ini dengan melakukan percobaan melipat layar Galaxy Fold lebih dari 200.000 lipatan. Material yang digunakan juga bukan material sembarangan, ponsel pintar ini diracik menggunakan bahan premium dengan pilihan warna yang cantik Space Silver dan Cosmos Black.

Triple Kamera Utama + Kamera Selfie

Kamera Samsung Galaxy Fold

Samsung terbilang tak tanggung-tanggung untuk urusan fotografi, Galaxy Fold juga telah dibekali enam lensa kamera sekaligus. Dengan konfigurasi triple kamera utaman yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP Pixel PDAF (wide), 12 MP 2x optical zoom (telephoto), dan 16 MP (ultrawide). Selain itu juga telah didukung fitur perekaman video seperti 4K, HDR10, AR Doodle dan AR Emoji.

Kemudian untuk kamera selfie, Samsung telah membekalkan lensa kamera beresolusi 10 MP (wide) dan ditambah depth sensor 8 MP. Selain handal untuk berswafoto, kamera selfie ini juga telah mendukung fitur perekaman video beresolusi 4K serta terdapat Gyro-EIS sensor yang berguna untuk mengompensasi getaran agar hasil perekaman lebih stabil.

Bukan hanya itu saja, ketika melipat Galaxy Fold kita akan memjumpai kamera selfie tambahan beresolusi 10 MP (wide) dengan aperture f/1.9. Kamera tersebut akan memudahkan pengguna Galaxy Fold untuk melakukan video call tanpa perlu membuka smartphone terlebih dahulu.

Stereo Speakers dan Dolby Atmos

Galaxy Gold Review

Samsung Galaxy Fold dirancang sebagai sebuah smartphone multimedia yang bertujuan untuk memberikan kesan mengasyikan kepada pengguna ketika menonton film, bermain game, dan berbagai macam kebutuhan mobile lainnya. Dimana smartphone ini telah didukung speaker stereo dari AKG yang dioptimalkan oleh Dolby Atmos.

Sementara untuk urusan konektivitas, Galaxy Fold hanya memiliki satu slot SIM card saja dan sudah dilengkapi fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), NFC, dan port USB Type-C generasi 3.1. Serta juga sudah dilengkapi fitur Samsung Dex, dimana fitur tersebut memungkinkan Galaxy Fold untuk terkoneksi ke komputer ataupun kelayar yang lebih besar hanya mengguanakan kabel saja.

Baterai 4235 mAh + Fast Charging 15W

Untuk menunjang semua fitur dan spesifikasi yang ada, Samsung juga membekali perangkat Galax Fold ini dengan baterai lithium polymer berkapasitas 4.235 mAh. Meski memiliki kapasitas batrai yang biasa, namun dalam hasil pengujian kami Galaxy Fold ini memiliki daya tahan batrai yang handal. Dimana mampu bertahan hingga 10 jam 30 menit dalam kondisi penelusuran web menggunakan Wi-Fi dan 17 jam perulangan video dalam mode pesawat.

Selain itu, smartphone layar lipat Samsung ini juga memiliki fitur dan teknologi pengisian baterai yang sangat canggih. Galaxy Fold telah didukung beberapa fitur pengian cepat, anara lain fast charging 15W, fast wireless charging 15W. Serta juga terdapat fitur reverse wireless charging 4.5W yang bisa dijadikan sebagai powerbank wireless untuk berbagai daya ke Galaxy Buds ataupun Galaxy Watch yang sama-sama mendukung wireless charging.

Galaxy Z FlipGalaxy Z Flip 2
Galaxy Z Fold 2Galaxy S20 FE

Harga Samsung Galaxy Fold

Kehadiran Samsung Galaxy Fold merupakan sebuah trobosan bersar, perangkat ini merupakan smartphone layar lipat pertama di dunia. Maka terbilang wajar apabila hargaya cukup tinggi, dipasaran saat ini ponsel pintar ini dibandrol dengan harga  sekitar Rp. 21 jutaan. Dengan harga semahal itu, tentu Samsung Galaxy Fold menjadi smartphone besutan Samsung dengan harga termahal di tahun 2019 ini.

Demikian ulasan singkat mengenai harga terbaru Samsung Galaxy Fold dan spesifikasi lengkap yang dapat kami informasikan kepada kamu. Semoga dapat bermanfaat, dan semoga bisa menjadi referensi untuk mencari ponsel pintar terbaru dari Samsung Indonesia.