Cara Mengatur Sensitivitas Layar HP Samsung Semua Tipe

Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung

Cara mengatur sensitif layar Samsung sangat perlu untuk dilakukan. Dengan seiring berjalannya waktu, akan muncul berbagai masalah pada hp Samsung salah satunya yakni sensitivitas layar sentuh yang berkurang. Dimana masalah ini membuat layar agak sulit untuk di tekan, sehingga hp Samsung terasa sangat kurang nyaman untuk di oprasikan.

Tidak heran, apabila banyak orang yang mencari cara untuk mengatur sensitif layar Samsung agar touchscreen-nya kembali normal lagi. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatur sensitivitas pada handphone Samsung, mulai dari membersihkan layar hingga melakukan kalibrasi layar samsung.

Penyebab Layar Samsung Tidak Sensitif

Masalah layar sentuh Samsung kurang sensitif tentu saja ada penyebabnya, nah berikut ini Bursahpsamsung.com akan sedikit menjelaskannya kepada kalian. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan layar sentuh atau touchscreen hp Samsung bermasalah.

  • Mengalami panas yang terlalu tinggi atau overhead
  • Layar handphone sudah terlalu tua atau sudah waktunya ganti.
  • Handphone sering jatuh atau terkena benturan benda keras.
  • Layar hanphone terkena air atau kotor.
  • Terlalu sering terkena radiasi signal.

| Baca Juga : Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu

Cara Mengatur Sensitif Layar HP Samsung

Ada beberapa hal sebagai pemicu atau penyebab layar hp Samsung menjadi kurang sensitif, misalnya karena arus listrik berlebih, kualitas pelindung layar yang buruk, dan pernah jatuh atau terbentur. Selain itu ada juga penyeban lain yang dapat membuat layar smartphone tidak sensitif pada bagian touchscreen.

Jika akhir-akhir ini kalian merasa sensitivitas layar sentuh pada hp Samsung bermasalah, sehingga terasa kurang nyaman ketika digunakan sehari-hari. Berikut kami akan membagikan informasi menarik menggenai cara mengatur sensitivitas layar Samsung all tipe berikut ini.

Atur Sensitivitas Layar Samsung

Atur Sensitivitas Layar Samsung

Cara pertama untuk mengatur sensitif layar Samsung ialah dengan masuk ke menu setting dan lakukan pengaturan sensitivitas layar touchsreen. Dimana cara ini bisa kalian praktekan pada smartphone Samsung seri lama dengan antarmuka Touchwiz, seperti Galaxy S8, dan Galaxy J7 Pro.

  1. Pertama-tama, buka menu Setting pada hp Samsung.
  2. Kemudian silahkan pilih menu Display and Wallpaper.
  3. Setelah itu cari menu increase touch sensitivity.
  4. Silahkan kalian lakukan pengaturan sensitivitas layar.

Cara ini dapat dengan sangat mudah kalian praktekan pada handphone Samsung seri lawas atau keluaran lama. Dimana untuk hp Samsung seri terbaru memiliki tampilan antarmuka yang berbeda, sehingga berbeda juga cara dan langkah untuk melakukannya.

Mengatur Sensitif Layar HP Samsung Baru

Mengatur Sensitif Layar Samsung

Jika kamu merupakan pengguna hp Samsung keluaran terbaru, kalian bisa mempraktekan cara mengatur sensitif hp Samsung berikut ini. Dimana untuk smartphone Samsung seri terbaru ini menggunakan antarmuka OneUI yang lebih simple dan modern. Langsung saja berikut langjah-langkahnya.

  1. Pertama, masuk ke menu Setting di hp Samsung.
  2. Kemudian kalian pilih menu Tampilan.
  3. Lalu tap menu Sensitivitas Sentuhan.
  4. Dan silahkan atur tingkat sensitivitas layar handphone.

Dimana dengan cara diatas, kita bisa dengan sangat mudah untuk mengatur tingkat sensitif sentuhan layar pada perangkat android Samsung. Dimana pada dasarnya cara ini terbilang sama dengan cara pertama, namun hanya saja pada menu pengaturannya yang sedikit berbeda.

Bersihkan Layar Handphone

Cara Atur Sensitif Layar

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil, kalian bisa mencoba membersihkan permukaan layar handphone dengan menggunakan tisu ataupun kain bersih. Hal ini dikarenakan, permukaan layar Samsung yang kotor atau terkena cipratan air dapat mengurangi sensitivitas touch screen.

Jadi pada bagian ini kita perlu melakukan pembersihan pada layar hp Samsung, tidak perlu mengatur-nya lagi. Untuk melakukannya kamu bisa membersihkan bagian layar smartphone yang kotor dengan menggunakan tisu, jika kotoran membandel dan sulit di bersihkan maka bisa menggunakan tisu basah.

| Baca Juga : Cara Atasi Fingerprint Samsung Error

Lepas Tempered Glass

Untuk melindungi layar agar tidak tergores ataupun pecah, banyak pengguna yang menambahkan glass (anti gores) pada handphone Samsung-nya. Namun dalam beberapa kasus pemakaian tempered glass malah dapat mengurangi tingkat sensitifitas layar smartphone, dikarenakan bahan pembuatannya yang terlalu tebal dan kurang berkualitas.

Salah satu cara untuk meningkatkan sensitif layar sentuh Samsung, yakni dengan melepas tempered glass yang telah terpasang di smartphone. Selain itu kalian juga bisa menggantinya dengan tempered glass ori bawaan smartphone, atau produk buatan dari brand ternama.

| Baca Juga : Cara Aktifkan Dark Mode Samsung

Lakukan Kalibrasi Layar

Bila semua cara diatas masih belum berhasil juga, kalian bisa mencoba melakukan kalibrasi layar Samsung untuk mengatur sensitif-nya. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kesentifan layar dengan sentuhan yang disediakan oleh developer Android pada perangkat Samsung.

Cara untuk melakukan kalibrasi layar cukup mudah, kita hanya tinggal masuk ke menu Pengaturan (Settings), lalu silahkan pilih pengaturan ponsel, kemudian pilih opsi kalibrasi, dan terakhir Anda tinggal disuruh mengikuti proses kalibrasinya.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara mengatur sensitif layar Samsung. Langsung saja kalian bisa mencoba cara diatas untuk mengatur tingkat kesensitifan layar sentuh pada hp Samsung kalian. Akhir kata, cukup informasi dari kami kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.