Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Samsung Error Tidak Berfungsi

Cara Fingerprint Samsung

Cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi terbilang cukup mudah. Seperti yang kita tahu sensor fingerprint ini merupakan fitur keamanan yang wajib ada pada setiap smartphone Android. Begitu juga dengan Samsung yang sudah membekalkan teknologi pemindai sidik jari ini di setiap smartphone keluaran terbarunya.

Fitur ini memang memang lagi populer, pasalnya dengan fitur ini jaminan keamanan dan privasi pengguna akan lebih terjaga dengan mencegah orang lain untuk mengaksesnya. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda sehingga jika ada orang lain yang mencoba membuka smartphone kalian tanpa izin, maka akan selalu gagal.

Penyebab Fingerprint Tidak Berfungsi

Meski terbilang canggih, namun perlu kalian ketahui bahwa fitur ini rentan sekali untuk mengalami kerusakan. Ada beberapa cara sebagai penyebab sensor fingerprint atau pemindai sidik jari ini tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, berikut beberapa diantaranya :

  • Terkena gesekan benda keras (seperti kunci) saat berada di dalam saku atau tas.
  • Bug beta software pada update terbaru.
  • Tangan berminyak atau kotor.
  • Sensor mengalami kerusakan permanen.

Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error

Meski terkesan sepele, namun masalah sensor fingerprint yang tidak berfungsi ini lama kelamaan juga akan terasa cukup merepotkan. Karena ketika kita ingin login ke smartphone maka kita harus menggunakan cara lama, yakni dengan memakai password, PIN, pola pattern.

Tentu hal ini menjadi masalah, karena orang lain bisa mengintip atau membuka smartphone tanpa sepengetahuan kita. Ada beberapa cara mudah yang biasa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yaitu dengan memeriksa sensor fingerprint bersih atau tidak. Langsung saja kalian bisa simak informasi berikut ini.

Pastikan Sidik Jari Bersih

Cara pertama untuk mengatasi fingerprint error ataupun tidak berfungsi, ialah dengan mengecek dan memastikan bahwa sidik jari benar-benar bersih. Karena apabila sidik jari kalian kotor, berkeringat, ataupun berminyak maka sensor fitur pemindaian sidik jari ini tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Jadi sebelum menggunakan fitur ini ada baiknya terlebih dahulu kalian membersihkan tangan dengan kain kering, hal ini bertujuan agar sensor fingerprint dapat dengan mudah membaca sidik jari kalian. Selain itu pastikan bahwa scanner fingerprint juga dalam keadaan bersih, jika perlu lap dengan kain bersih atau tisu.

| Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode Samsung

Reboot Hp Samsung

Jika dengan cara diatas masih belum berhasil, kalian bisa mencoba cara kedua ini untuk mengatasi fingerprint yang mengalami error atau tidak berfungsi. Caranya ialah dengan melakukan reboot atau restart hp Samsung kalian, hal ini bertujuan agar sistem pada smartphone bisa kembali fress dan normal.

Karena apabila sistem yang berjalan terlalu berat, serta memori RAM yang juga penuh juga dapat mengakibatkan sensor fingerprint tidak berfungsi. Dengan melakukan cara ini, maka hp Samsung tentu saja akan kembali normal dan ruang penyimpanan juga akan kembali lega.

| Baca Juga : Cara Backup Kontak di HP Samsung

Menghapus Cache Fingerprint

Cara berikutnya yakni menghapus cache fingerprint pada hp Samsung, hal ini perlu kalian coba apabila masih belom berhasil dengan kedua cara diatas. Cache merupakan data penggunaan aplikasi di ponsel yang disimpan sementara di memori, data ini juga sering dijadikan kunci. Jadi setiap kalian yang menggunakan fitur fingerprint ini maka datanya akan tersimpan dalam memory cache ini.

Hal ini tentu bisa menjadi penyebab terjadinya error atau tidak berfungsinya sensor fingerprint pada hp Samsung kalian. Maka dari itu cobalah untuk membersihkan cache fingerprint, dengan cara masuk ke menu “Pengaturan >  App manager > Bersihkan cache“. Setelah itu silahkan restart hp android Samsung kalian.

Reset Ulang Hp Samsung

Jika semua cara diatas masih tidak berhasil mengatasi fingerprint error,  kalian bisa mencoba mereset ulang hp Samsung. Namun sebelum melakukan pastikan kalian sudah membackup semua data Android yang dirasa penting terlebih dahulu. Karena nantinya semua data yang tersimpan pada perangkat Samsung kalian akan terhapus.

Caranya sangat mudah, silahkan buka menu “Pengaturan > Setelan Tambahan > Buat Cadangan dan Reset > Reset Perangkat“. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa melakukannya melalui recovery mode Android. Untuk lebih jelas mengenai langkahnya silahkan kalian simak tutorial reset hp Samsung.

Flashing Ulang Hp Samsung

Jika merasa sensor fingerprint bermasalah setelah update software, jangan panik kalian bisa lakukan cara flashing ulang ke software versi sebelumnya, atau menunggu update yang terbaru. Biasanya setiap pembaruan software akan memperbaiki bug yang ada, termasuk bug pada sensor fingerprint ini.

Namun apabila kalian masih awam dengan flashing Android, adabaiknya jangan melakukannya sendiri. Karena cara ini terbilang sangat beresiko, dapat menyebabkan hp Samsung kalian bootloop, hingga hardbrick. Apabila kalian masih merasa awam, lebih baik membawanya ke konter langganan untuk memperbaiki masalah tersebut.

| Baca Juga : Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Bawa ke Service Center Samsung

Apabila semua cara diatas tidak berhasil, langkah terakhir untuk mengatasi fingerprint tidak berfungsi yakni dengan membawanya ke service center Samsung terdekat di kota kalian. Nantinya para teknisi Samsung akan memeriksa dan menginformasikan mengenai kerusakan pada fingerprint smartphone Anda.

Dengan membawa Hp Samsung anda ke service center kalian akan ditanya mengenai kronologi kenapa fingerprint error atau tidak berfungsi. Dengan mengetahui kronologi secara pasti kemungkinan besar akan ketemu masalah yang terjadi pada smartphone anda.

Nah, demikianlah cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi di hp Android Samsung. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Bursahpsamsung.com ini, jangan sungkan untuk membagikannya ke teman-teman Anda di media sosial. Semoga bermanfaat!