Cara Mengaktifkan Dark Mode (Night Mode) Samsung Semua Tipe HP

Cara Dark Mode Samsung

Cara mengaktifkan dark mode menjadi tren saat ini, Samsung juga turut menambahkan fitur dark mode (night mode) pada antar muka besutannya One UI. Fitur ini sangat penting, karena bisa mengubah tampilan layar pada hp Samsung menjadi bernuansa gelap ketika diaktifkan. Sehingga lebih nyaman ketika dipandang mata, serta dapat membuat konsumsi baterai lebih efisien dan hemat.

Secara default Samsung telah menambahkan fitur dark mode ini pada semua handphone Samsung yang memakai sistem operasi Android Pie (9.0) serta antar muka One UI. Hanya saja untuk fitur ini Samsung memberinya sebutan yang sedikit berbeda, pada One UI ini fitur dark mode Samsung diberi nama night mode.

Kelebihan Dark Mode Samsung

Tujuan penyematkan fitur dark mode ini, merupakan cara Samsung membuat pengguna tetap merasa nyaman ketika dalam kondisi minim cahaya. Meski hanya terlihat perbedaan dari segi tampilan, namun ternyata dark mode ini juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari menghemat baterai hingga hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Bukan hanya itu saja, fitur ini juga memiliki bergai manfaat diantaranya bisa membuat tulisan lebih mudah dibaca, mengurangi kelelahan mata, mengurangi paparan radiasi cahaya biru, dan masih banyak lagi. Apabila tertarik untuk mencoba cara aktifkan fitur dark mode pada hp Samsung, kalian bisa membaca artikel berikut ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Samsung

Jika dibanding dark mode pada smartphone lain, fitur dark mode Samsung memiliki kelebihan yakni terdapat opsi schedule yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kapan dark mode akan aktif. Meski tergolong fitur baru, namun sejauh ini sudah banyak pengguna yang puas dengan hadirnya fitur ini.

Mengaktifikan dark mode Samsung cukuplah mudah, ada beberapa cara untuk aktifkan fitur dark mode ini yakni melalui menu setting, quick setting, dan penjadwalan dark mode. Adapun untuk lebih detail mengenai cara beserta langkah-langkahnya kalian bisa langsung menyimaknya pada tutorial di bawah ini.

| Baca Juga : Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang

Aktifkan Dark Mode Melalui Setting

Mengaktifkan Dark Mode Samsung

Untuk cara yang pertama ini terbilang cukup mudah, kalian bisa aktifkan dark mode melalui menu Setting atau Pengaturan yang ada di hp Samsung. Dengan mengaktifkan fitur ini maka otomatis semua tema dan aplikasi yang terpasang di handphone akan beralih menjadi bernuansa gelap. Adapun cara mengaktifkannya kalian bisa simak tutorial berikut ini.

  1. Pertama, buka Menu Setting atau Pengaturan
  2. Selanjutnya, kalian pilih “Display”.
  3. Kemudian untuk aktifkan dark mode, kalian geser slide ke kanan.
  4. Selamat, dark mode Samsung telah aktif.

| Baca Juga : Cara Backup Kontak di HP Samsung

Perlu kami ingatkan, bahwa tidak semua aplikasi tidak mendukung fitur dark mode Samsung. Ada beberapa aplikasi yang harus diatur secara manual agar tampilan bisa berubah menjadi gelap. Hal tersebut bukan jadi masalah selama aplikasi-aplikasi populer sudah mendukung fitur night mode Samsung.

Aktifkan Dark Mode Lewat Quick Setting

Dark Mode Quick Setting

Berikutnya yakni mengaktifkan dark mode Samsung melalui menu quck setting, cara ini juga terbilang mudah bahkan lebih gampang dari cara pertama. Untuk melakukannya kalian tidak perlu buka menu setting, cukup cari menu “Mode Gelap” di status bar lalu tap menu tersebut. Lebih detainya mengenai langkah-langkahnya kalian bisa simak tutorial berikut.

  1. Pertama nyalakan hp Samsung kalian.
  2. Buka kunci layar apabila kalian mengkunci layar ponsel.
  3. Kemudian swipe status bar kebawah.
  4. Lalu cari menu “Mode Gelap”, dan tap menu tersebut.
  5. Selamat, mode gelap telah aktif di hp Samsung kalian.

| Baca Juga : Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Cara Aktifkan Penjadwalan Dark Mode Samsung

Aktifkan Dark Mode Setting

Terakhir yakni penjadwalan dark mode Samsung, dimana metode ini sedikit agak ribet namun cukup memuaskan. Karena kita bisa menjadwal kapan fitur dark mode ini aktif, misalnya mengatur penggunaan fitur dark mode hanya pada waktu sore hari sampai malam hari.

  1. Pertama, buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Kemudian silahkan pilih “Display”
  3. Lalu pada bagian “Dark Mode” kalian geser slide ke kanan.
  4. Setelah itu untuk mengatur penjadwalan dark mode pilih “Turn on as scheduled”.

| Baca Juga : Cara Membuat Akun Samsung Mudah

Disini kalian bisa atur jadwalan penerapan dark mode di hp Samsung. Contohnya seperti Sunset to sunrise, yang dimana artinya dark mode hanya diaktifkan pada waktu matahari terbenam sampai matahari terbit. Atau kalian bisa atur sendiri waktu mulai jamnya sampai waktu selesai jamnya penggunaan dark mode.

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana cara mengaktifkan dark mode Samsung, semoga artikel dari Bursahpsamsung.com ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Agar menambah wawasan, jangan lupa untuk membaca artikel dari kami lainnya.