Cara Backup (Mencadangkan) Kontak di HP Samsung Dengan Mudah

Cara Backup Kontak Samsung

Cara backup kontak di hp Samsung merupakan kegiatan untuk mencadangkan data kontak yang tersimpan di handphone satu ke handphone yang lain. Dimana hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah agar semua kontak yang tersimpan di handphone tidak hilang apabila mengalami rusak ataupun error.

Melakukan backup kontak Samsung sesering mungkin sangatlah berguna, dengan tujuan untuk mengamankan data kontak dari beberapa masalah yang mungkin akan terjadi. Selain itu backup kontak hp ini juga wajib kita dilakukan sebelum melakukan reset hp samsung, dimana bertujuan agar semua kontak tidak hilang terhapus.

Untuk melakukan backup kontak pada hp Samsung cukuplah mudah, namun tidak semua orang mengetahui cara pastinya. Sekarang ini ada banyak bertebaran cara membackup kontak telepon yang bertebaran di internet, namun tidak semua cara tersebut bisa bekerja dengan baik di hp Android Samsung.

Cara Backup Kontak di HP Samsung

Banyak cara untuk mencadangkan kontak yang bertebaran di internet, namun tidak semua cara tersebut tergolong mudah dan cepat. Berikut beberapa cara membackup kontak di hp Samsung yang bisa kalian coba, salah satunya yakni backup ke kartu SIM, backup ke akun Google, dan backup ke SDcard. Untuk lebih jelasnya, langsung simak tutorial yang akan Bursahpsamsung.com bagikan berikut ini.

Backup Kontak dari Android ke Akun Google

Backup Kontak Samsung Akun Google

Cara pertama ini terbilang paling mudah yang bisa kalian coba untuk memastikan semua kontak Samsung selalu ter-backup dengan aman. Dikarenakan sistem operasi Android ini merupakan salah satu produk dari Google, sehingga proses integrasi hp Samsung dengan akun Google dapat berjalan dengan baik.

Apabila kalian menggunakan layanan Google di smartphone, maka semua kontak yang tersimpan secara otomatis akan tersimpan di akun Google. Hal ini meliputi semua kontak yang sudah lama tersimpan maupun kontak telepon yang baru saja disimpan pada handphone. Sehingga ketika terjadi masalah pada hp Android seperti rusak terkena air, hilang, ataupun sekedar ganti handphone. Maka semua kontak otomatis akan aman tersimpan di akun Google dan siap untuk diunduh kembali melalui hp baru kamu.

  • pertama buka menu “Settings” dari hp Samsung kamu.
  • Lalu pilih opsi “Accounts”.
  • Cari akun Google atau Gmail kamu dan silahkan login.
  • Pastikan terdapat tanda centang di bagian “Contacts”.

| Baca Juga : Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Backup Kontak dari Android ke SDcard

Backup Kontak Samsung Kartu SD

Cara backup kontak Samsung berikutnya ialah menggunakan kartu SD, meski terbilang jadul namun cara ini masih banyak digunakan oleh beberapa orang. Tidak kalah dengan cara yang pertama, backup kontak ke kartu SD ini juga tergolong cukup praktis dan efisien bagi sebagian orang yang kurang percaya dengan penyimpanan berbasis cloud.

Sehingga membackup kontak menggunakan perangkat penyimpanan eksternal (SDcard) bisa menjadi solusi untuk mencadangkan semua kontak yang tersimpan di handphone. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian coba lakukan untuk backup kontak dari Android ke kartu SD :

  • Buka aplikasi “Contacts”.
  • Tekan tombol menu dan masuk ke “Settings”.
  • Pilih “Import/Export”.
  • Pilih di mana kamu ingin menyimpan kontak tersebut.
  • Ikuti instruksi yang diberikan.

| Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Backup Kontak dari Samsung ke Kartu SIM

Backup Kontak Samsung Kartu SIM

Untuk backup kontak Samsung yang terakhir yaitu dengan memakai kartu SIM, cara memang masih banyak dipakai oleh sebagian orang. Hal ini biasa dilakukan apabila kalian ingin mengganti handphone, namun tetap masih ingin menggunakan kartu SIM atau nomor yang sama.

Meski cukup mudah, namun cara ini juga memiliki kekurangan yakni hanya bisa digunakan untuk backup beberapa kontak (buku telepon) saja. Namun cara ini tetap praktis dan efektif, untuk kalian yang memiliki kontak telepon dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Berikut langkah-langkah ntuk backup kontak dari Android ke kartu SIM :

  • Buka aplikasi “Contacts”.
  • Tekan tombol menu dan masuk ke “Settings”.
  • Pilih “Import/Export”.
  • Pilih “SIM Card”.
  • Ikuti instruksi yang diberikan.

| Baca Juga : Cara Menghapus Akun Samsung Permanent

Demikian informasi singkat dari kami mengenai cara backup kontak di hp Samsung, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Agar bisa menambah wawasan kalian, baca juga artikel yang bermanfaat dari kami lainnya.