Cara Mengatasi HP Samsung Lemot dan Lag Paling Ampuh

Mengatasi Hp Samsung Lemot

Mengatasi hp samsung lemot cukuplah mudah, pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa cara ampuh yang bisa kalian coba untuk atasi masalah lemot dan lag pada perangkat android. Namun jangan terlalu berharap performa akan naik secara signifikan, karena performa dan kinerja dari sebuah smartphone juga sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang di usung.

Untuk smartphone flagship tentu tidak akan mengalami masalah lemot dan lag, sehingga pengguna bisa leluasa bermain game dan juga menjalankan banyak aplikasi. Namun bagi pengguna ponsel android dengan spesifikasi menengah, tentu harus berbesar hati apabila performa hp samsung yang dimiliki kurang maksimal alias lemot.

Ada beberapa faktor sebagai penyebab hp samsung lemot, yang paling utama yakni kapasitas RAM, jenis processor, dan kapasitas memori internal. Jadi apabila spesifikasi yang diusung ala kadarnya maka performa yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Namun pengguna masih bisa mencoba cara mengatasi hp Samsung lemot untuk dapat meningkatkan performa dan kinerja ponsel.

Penyebab HP Samsung Lemot

Sebelum memahami cara mengatasi hp samsung lemot, ada baiknya kita memahami beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan handphone menjadi lemot. Dibawah ini Bursahpsamsung akan menjelaskan beberapa penyebab utama yang membuat hp samsung menjadi lemot.

  • Pertama, terlalu banyak menginstal aplikasi di handphone. Dimana hal ini dapat membuat smartphone kehabisan memory untuk menyimpan aplikasi tersebut.
  • Kedua, karena konsumsi RAM sudah hampir melebihi batas kapasitas. Lebih baik jangan membuka aplikasi berat secara bersamaan jika RAM di HP kamu kecil.
  • Ketiga, telalu banyak aplikasi yang berjalan. Kadang banyak pengguna yang lupa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu memori RAM menjadi penuh dan ponsel mu menjadi lemot atau lag.

Mengatasi masalah lemot pada hp Samsung terbilang cukup mudah, dimana pengguna hanya perlu melakukan beberapa cara atau langkah saja. Dibawah ini kami akan sedikit menjelaskan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk blokir iklan yang sering muncul dan mengganggu di hp Samsung, langsung saja simak tutorialnya berikut ini :

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot dan Ngelag

Berikut ini beberapa metode yang kalian coba untuk mengatasi permasalahan lemot dan ngelag pada hp Samsung Galaxy. Kesemua metode yang akan kami bagikan ini cukup mudah dan ampuh, untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimaknya pada tutorial yang akan Bursahpsamsung.com bagikan berikut ini

Mematikan Animasi

Matikan Animasi Hp Samsung Lemot

Salah satu kelebihan dari hp samsung ialah memiliki antar muka OneUI yang elegan dengan banyak animasi sehingga membuat tampilan terasa lebih smooth. Namun sayang dengan banyaknya animasi tersebut membuat performa handphone terasa lebih berat dan lemot, terutama untuk hp samsung dengan spesifikasi RAM kecil.

Apabila hp Samsung mulai terasa lemot, kalian bisa mengatasi-nya dengan cara mematikan animasi pada perangkat android. Untuk caranya kalian tinggal masuk ke menu Developer Options atau Opsi Pengembang, lalu matikan skala animasi jendela, skala animasi transisi, dan skala durasi animator. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak tutorial berikut ini :

Cara Mematikan Animasi di Android

  1. Pertama, masuk ke menu “Pengaturan” di hp samsung.
  2. Setelah itu klik “Tentang Ponsel”.
  3. Jika sudah, lanjut klik “Informasi Perangkat”.
  4. Lalu klik “Nomor Versi” sebanyak 7 kali.
  5. Kembali ke menu Pengaturan, lalu buka menu “Pilihan Pengembang”.
  6. Kemudian cari menu Skala Animasi Jeda, Transisi, dan Animator.
  7. Kemudian pilih opsi “Animasi mati”.

Menghapus File Berukuran Besar

Cara kedua untuk mengatasi hp samsung lemot yakni dengan menghapus penyimpanan ponsel dari semua file yang memiliki ukuran besar. Yang mana setiap smartphone memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda, mulai dari 8GB hingga 1TB. Bagi anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas internal besar tentu tidak jadi masalah, karena tidak akan merasakan hp samsung lemot atau ngelag.

Namun berbeda dengan hp samsung bermemori terbatas, pengguna harus rajin menghapus file berukuran besar agar tidak kehabisan ruang penyimpanan. Sebab memori internal penuh akan membuat smartphone lemot, untuk mengatasi hp samsung lemot salah satu cara-nya yakni dengan menghapus file berukuran besar, baik itu game, aplikasi, foto, ataupun video.

| Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Hp Samsung

| Baca Juga : Cara Menghapus Akun Samsung di HP

Selalu Update Software

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

Meng-update software pada smartphone sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk menjaga performa hp Samsung tetap ngebut. Dengan selalu update sofware akan menghilangkan bug ataupun masalah lainnya yang menjadikan hp Samsung lemot dan lag. Karena bisa dipastikan update bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Meski terkadang kita temui bahwa setelah update malah semakin buruk, namun pihak pengembang pasti tidak tinggal diam jika terjadi kesalahan pada software-nya. Maka apabila ada notifikasi “pembaruan sistem” maka segera lakukan update, atau juga bisa mengeceknya secara maunal dengan memeriksanya di menu Settings > About > System Update > lalu pilih “Check for Updates”.

Menghapus Cache Data

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

Bukan hanya itu saja, untuk cara mengatasi hp Samsung yang lemot juga bisa dengan menghapus cache aplikasi yang tersimpan di handphone. Terlalu banyak data cache aplikasi yang tersimpan di memori, maka semakin banyak pula kapasitas memori yang digunakan. Sehingga dibutuhkan penghapusan cache data secara berkala, untuk menjaga performa hp samsung tetap maksimal.

Untuk menghapus cache data kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner ataupun aplikasi lainnya yang tersedia secara gratis di Play Store. Selain itu kalian juga menghapus cache tiap aplikasi secara manual, caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > lalu pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya.

Kurangi Penggunaan Widget

Cara mengatasi hp Samsung lemot berikutnya yakni dengan mengurangi penggunaan widget pada smartphone.  Penggunaan widget pada smartphone berguna untuk mempercantik tampilan homescreen, dan juga bisa sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membukanya.

Namun jika terlalu banyak menggunakan widget juga membuat performa hp samsung menjadi lemot, karena akan banyak menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Beda cerita apabila kalian menggunakan ponsel Samsung kelas flagship dengan RAM 8GB ke atas, tentu tidak akan menjadi masalah apabila memakai banyak widget.

| Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Samsung Shadow

| Baca Juga : Cara Masuk Safe Mode di HP Samsung

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Banyak sekali aplikasi baru bermunculan di Play Store yang selalu menarik untuk di coba, namun banyak juga dari aplikasi tersebut yang hanya menarik di awal saja. Bahkan ada juga yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang sebelumnya telah terpasang di handphone Samsung android kita.

Tanpa disadari aplikasi yang telah kita download sudah terlalu banyak, sehingga membuat performa ponsel menjadi lemot dan ngelag. Untuk cara mengatasi hp samsung lemot yaitu dengan menghapus atau unintall semua aplikasi yang tidak terpakai dan memiliki fungsi sama dari ponsel pintar kita.

Namun terkadang ada beberapa aplikasi bawaan sistem yang tidak bisa dihapus, dan tetap berjalan walau tidak kita butuhkan. Maka otomatis konsumsi RAM juga akan terkuras dan tentu akan  memperlambat kinerja hp android samsung kita. Untuk menghentikannnya, kita bisa “Disable” aplikasi tersebut dari sistem dengan cara masuk Settings > Apps > lalu pada tab “Running” pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

Lakukan Factory Reset

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

Apabila kesemua cara mengatasi hp samsung lemot diatas masih belum berhasil, kalian bisa mencoba cara terakhir yakni dengan Factory Reset yang dijamin 100% ampuh. Dimana cara ini akan mengembalikan semua pengaturan smartphone secara default ke pengaturan pabrik sama seperti pertama kali membeli, sehingga kinerja smartphone kembali seperti baru lagi.

Namun perlu diingat bahwa melakukan factory reset ini akan menghapus semua data yang tersimpan di ponsel sama seperti pertama kali kita beli, jadi backup semua data terlebih dahulu sebelum mencobanya. Kalian bisa melakukan Factory Reset melalui menu Settings > Backup & reset > Factory data reset.

Demikianlah penjelasan kami mengenai beberapa cara untuk mengatasi hp Samsung lemot dan ngelag paling mudah. Sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya, namun menurut kami cara di atas merupakan cara yang paling manjur untuk memperbaiki hp Samsung yang lemot. Sekian informasi bursahpsamsung.com, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi.