Cara Mengatasi Layar Samsung Shadow (Burn-in) Paling Mudah 

Cara Layar Samsung Shadow

Layar shadow atau berbayang merupakan salah satu kendala yang kerap dialamai hp Samsung, biasa terjadi pada layar Super AMOLED. Sayangnya masih sedikit yang tahu cara mengatasi layar Samsung shadow, apabila dibiarkan akan membuat layar menjadi semakin parah bahkan bisa sampai burn-in screen.

Permasalahan shadow pada layar smartpone ini sering ditemui pada hp Samsung dengan seri Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A dan juga Galaxy M. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek atau mengatasi masalah layar shadow pada ponsel Samsung, mulai dari menggunakan aplikasi hingga mengganti LCD Samsung.

Penyebab Layar Shadow

Masalah shadow atau berbayang pada layar Samsung tentu saja ada penyebabnya, nah kali ini Bursahpsamsung.com akan sedikit menjelaskan kepada kalian. Penyebab utama layar berbayang ini biasanya berasal dari penggunaan warna yang sama secara terus menerus, dimana tiap LCD memiliki tiga warna utama, yakni Red, Green, Blue (RGB).

Yang mana apabila hanya salah satu warna saja yang terus menerus ditampilkan, maka pixel pada hp tidak bisa menahan suhunya dan membuat layar LCD beserta Pixel akan terbakar. Berawal dari pixel yang terbakar inilah sebagai penyebab utama layar Samsung menjadi shadow, sehingga warna dan cahaya yang dihasilkan tidak bisa tampil sebagaimana mestinya.

| Baca Juga : Cara Masuk dan Keluar Safe Mode Samsung

| Baca Juga : Cara Mengecek IMEI pada HP Samsung

Seperti yang kita sebutkan diatas, masalah ini sering kita jumpai pada handphone keluaran terbaru khususnya yang memakai layar Super AMOLED. Lantas bagaimana cara cek layar Samsung yang mengalami shadow atau burn-in, untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak tutorial di bawah ini.

Cara Cek Layar Samsung Shadow

Cek Layar Samsung Shadow

Sering kali shadow pada layar tidak bisa dilihat secara langsung dengan mata, oleh karena itu kita perlu melakukan  pengecekan secara mendalam. Untuk cara mengecek layar yang mengalami shadow atau tidak juga sangat mudah, kita hanya perlu mengtikkan kode rahasia Samsung. Adapun kodenya sebagai berikut :

  1. Ketikkan kode rahasia *#0*# pada menu dial-up Samsung untuk cek layar hp.
  2. Lalu tekan OK, maka otomatis akan muncul pilihan untuk cek layar.
  3. Setelah itu pilih menu Red, Green, dan Blue
  4. Buka satu persatu menu warna tersebut. Perhatikan warna yang ada ditampilan layar apakah ada yang berbeda.
  5. Apabila ada tamilan warna yang terlihat berbeda, maka bisa dipastikan terjadi Shadow.
  6. Namun jika warnanya sesuai dengan menu warna yang dipilih, maka dipastikan layar hp Samsung kalian dalam kondisi normal.

Cukup mudah bukan, cara diatas bisa dicoba untuk mengecek layar Samsung apakah smartphone kalian mengalami shadow atau tidak. Setelah mengetahui cara pengecekannya, selanjutnya kami akan membagikan tutorial mengatasi atau memperbaiki LCD Samsung yang mengalami shadow. Langsung saja kalian dapat menyimak langkah-langkah dibawah ini :

Cara Mengatasi Layar Samsung Shadow

Meski terkesan sepele, namun masalah layar Samsung shadow atau berbayang ini cukup mengganggu tampilan ponsel. Maka harus segera diperbaiki apabila tidak akan berpengaruh pada kecerahan layar yang terganggu, bahkan dalam jangka waktu tertentu bisa mengakibatkan layar hp menjadi blank.

Ada beberapa cara mengatasi masalah layar hp Samsung berbayang, cara paling mudah yaitu dengan membawanya Service Center. Namun apabila masa garansi ponsel sudah habis, kalian bisa mencoba beberapa tutorial yang akan kami bagikan berikut ini :

Mengatasi Layar Samsung Shadow dengan sFilter

Cara peratama yang dapat digunakan untuk memperbaiki layar hp shadow, yakni dengan menggunakan aplikasi sFilter. Yang mana aplikasi ini dirancang untuk mengatasi beberapa masalah yang kerap terjadi pada layar Super AMOLED, seperti layar berbayang atau shadow. Langsung saja simak tutorial berikut ini :

  1. Pertama-tama buka Play Store, cari aplikasi sFilter lalu instal di ponsel Samsung kalian. atau langsung klik link berikut untuk download sFilter.
  2. Buka aplikasi sFilter lalu tunggu hingga muncul menu utamanya, jika sudah hidupkan blue light filter yang ada di pojok kanan atas dari aplikasi tersebut.
  3. Sesuaikan filter opacity dan brightness off screen di antara 30% hingga 50%.
  4. Kemudian pada bagian bawah, pilih warna kuning dan klik tombol start yang ada di bagian paling bawah.
  5. Kembali ke menu utama smartphone, otomatis layar sudah tidak akan mengalami shadow lagi.
  6. Namun kekurangannya layar hp Samsung akan menjadi sedikit berwarna kuning.

Memperbaiki Layar Shadow dengan OLED Tools

Oled Tools Icon

Untuk cara kedua ini hanya bisa berjalan dengan baik pada layar OLED, yang mana Samsung banyak menanamkan layar jenis ini pada smartphone keluaran terbarunya. Maka mengatasi masalah shadow di layar Samsung dengan aplikasi OLED Tools ini sangatlah tepat, untuk cara dan langkah-langkahnya kalian bisa simak tutorial berikut :

  1. Download dan pasang aplikasi OLED Tools di handphone Samsung kalian, atau langsung klik link berikut untuk download OLED Tools.
  2. Buka dan jalankan aplikasi tersebut, lalu klik burn-in check pada aplikasi OLED Tools untuk memerikasa layat ponsel terkena burn-in atau tidak.
  3. Tunggu hingga proses selesai, setelah itu akan muncul parameter tingkat shadow atau burn-in di ponsel Samsung kalian.
  4. Apabila dari hasil cek menunjukkan layar hp Samsung mengalami masalah, kalian bisa melakukan burn-in reduce menggunakan aplikasi OLED Tools.
  5. Klik tombol burn-in reduce yang ditandai dengan warna merah, tunggu hingga proses selesai dan pixel layar akan kembali seperti semula.

Catatan : Diperlukan beberapa kali penggunaan cara tersebut agar hasilnya lebih maksimal, setidaknya lakukan burn-in reduce sebanyak dua kali setiap harinya. Lakukan setiap hari hingga masalah layar Anda teratasi secara tuntas.

| Baca Juga : Cara Hapus Akun Google di Hp Samsung

| Baca Juga : Cara Reset Hp Samsung Semua Tipe

Apabila telah berhasil memperbaiki layar hp Samsung yang mengalami shadow, ada baiknya kalian perlu melakukan berarapa langkah untuk mencegah agar tidak mengalami shadow kembali. Adapun caranya kalian dapat melihatnya pada tutorial dibawah ini :

Cara Mencegah Layar Hp Samsung Shadow

Untuk mencegah terjadi masalah tersebut, kalian dapat mengikuti beberapa tips dari kami agar bisa meminimalisir terjadinya shadow atau burn-in pada layar hp Samsung. Nah, untuk melakukannya kalian dapat mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  1. Atar brightness atau kecerahan layar pada tingkat yang pas, sesuai kenyamanan mata. Pasalnya layar yang terlalu terang membutuhkan daya yang semakin kuat sehingga lebih rentang terkena shadow atau burn-in.
  2. Menggunakan Live Wallpaper, dengan fitur ini kemungkinan munculnya bayangan tersebut bisa dikurangi. Atau kalian juga bisa menggunakan wallpaper dengan warna yang agak gelap.
  3. Apabila tidak suka fitur Always On Display, maka kami sarankan untuk dinon-aktifkan saja.

Untuk terhindar dari shadow lebih baik jangan memaksakan layar hp Samsung untuk menampilkan gambar cerah secara terus menerus dan dalam keadaan brightness terlalu cerah. Silahkan mengikuti tips yang kami sampaikan di atas sehingga layar lebih awet.