Cara Masuk dan Keluar Safe Mode Android di HP Samsung Semua Tipe

Cara Masuk Safe Mode Android Samsung

Masuk safe mode Android merupakan salah satu cara untuk mengatasi hp Samsung yang lemot atau kinerjanya sudah menurun. Layaknya sistem operasai pada umumnya, seiring bertambahnya waktu Android juga akan mengalami penurunan performa. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang terpasang di smartphone.

Semakin banyak aplikasi terinstal, maka otomatis service atau layanan yang dijalankan di Android juga semakin banyak pula. Sehingga tidak jarang kita temui masalah sistem operasi error, hal ini juga menjadi penyebab performa hp android Samsung lemot dibanding saat pertama kali dibeli.

Untuk mengetahui apakan aplikasi tertentu sebagai penyebab terjadinya terjadi kesalahan atau error. Maka kita perlu masuk ke safe mode atau mode aman Android, hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi  hp android Samsung lemot.

| Baca Juga : Cara Screenshot Samsung J5 Series

Pengertian dan Fungsi Safe Mode Android

Safe mode memiliki fungsi untuk memeriksa apakah ada aplikasi pihak ketiga sebagai penyebab masalah kegagalan atau error pada sistem operasi Android. Sederhananya, safe mode merupakan suatu kondisi dimana sistem operasi Android hanya menjalankan fungsi dasarnya saja.

Dimana ketika masuk ke safe mode Android, maka semua aplikasi pihak ketiga yang terpasang di hp Samsung akan tidak dapat digunakan dan memberikan kalian pengalaman default. Selain untuk memperbaiki hp Samsung lemot atau error, cara masuk safe mode Android ini juga berguna untuk memperbaiki smartphone yang sering restart sendiri atau sulit booting.

| Baca Juga : Cara Buka Kunci Layar Yang Lupa Pola

Lantas bagaimana cara masuk ke safe mode Android di semua tipe hp Samsung ? serta bagaimana cara keluar safe mode Android ?

Cara Masuk Safe Mode Android di HP Samsung

Cara mengaktifkan safe mode Android ini dapat digunakan untuk semua tipe hp Samsung Galaxy. Caranya cukup mudah kita hanya perlu mematikan ponsel Samsung, lalu tekan beberapa tombol kombinasi pada handphone. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Matikan handphone dengan menekan tombol Power, lalu pilih Power Off.
  2. Jika sudah mati, tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Samsung.
  3. Kemudian lepas tombol Power, lalu tekan dan tahan tombol volume down (bawah).
  4. Terus tekan tombol Volume down, tunggu hingga proses boot up selesai (menyala).
  5. Lepaskan tombol ketika handphone sudah masuk ke dalam Safe Mode.

| Baca Juga : Cara Reset HP Samsung Paling Mudah

Note : Ketika telah berhasil masuk ke Safe Mode, tampilan handphone akan sama saja. Hanya saja pada bagian pojok kiri bawah terdapat watermark bertuliskan “Safe Mode” atau “Mode Aman”.

Cara Keluar dari Safe Mode Android Samsung

Cara mematikan atau keluar dari Safe Mode Android sangatlah mudah, dimana jauh lebih mudah dibanding cara mengaktifkan. Untuk melakunnya kalian hanya perlu melakukan “Restart hp Samsung” yang kalian punya. Lebih jelasnya kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut ini :

  1. Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul opsi “Power Off” dan “Restart”.
  2. Pilih Restart dan tunggu hingga proses boot up selesai atau handphone menyala.
  3. Lihat pada pojok kiri bawah layar hp, apakah tulisan Safe mode telah hilang.
  4. Jika hilang, berarti telah berhasil mematikan atau keluar Safe mode Android.

Safe mode Android memiliki banyak fungsi atau manfaat, dimana pengguna dapat melakukan  pengecekan aplikasi pihak ketiga yang membuat hp Samsung lemot. Selain itu juga bisa untuk menghapus aplikasi yang kerap menampilkan iklan atau disisipi malware, dan masih banyak lagi.

Demikianlah sedikit penjelasan dari Bursahpsamsung.com, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Agar dapat menambah wawasan kalian, baca juga artikel yang bermanfaat dari kami lainnya.