Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Paling Mudah dan Cepat

cara reset hp samsung, hard reset samsung, reset hp samsung

Cara Reset HP Samsung sangatlah mudah, pada dasarnya reset hp Samsung adalah suatu cara yang sering digunakan untuk mengembalikan pengaturan hp seperti awal Anda membelinya. Biasanya cara ini digunakan apabila hp Samsung mengalami kerusakan software android ataupun lupa kata sandi pola pada hp Samsung.

Sebelum melakukan reset hp Samsung ada baiknya Anda membackup data hp Samsung terlebih dahulu. Karena ketika proses reset ulang berjalan, maka semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal handphone akan terhapus. Semua akan kembali ke pengaturan pabrik, sama seperti ketika Anda pertama kali membeli hp Samsung baru.

Pada artikel ini BursahpSamsung.com akan membagikan tutorial reset Samsung Galaxy kepada kalian. Cara hard reset Samsung yang akan kami bagikan ini juga bisa untuk semua tipe hp Samsung Galaxy, seperti Samsung J1, J2 prime, Galaxy Note 9, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah Cara Reset HP Samsung Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Ada beberapa cara yang sering digunakan untuk melakukan cara reset HP Samsung, antara lain dengan menekan kode reset rahasia, melalui menu Backup & Reset atau melalui Recovery Mode pada Android. Untuk lebih jelas silahkan simak tutorial dibawah ini.

1. Melalui Menu Pengaturan Samsung

reset hp Samsung, factory reset Samsung

Cara reset hp Samsung yang pertama ini merupakan cara paling mudah, untuk melakukannya kita hanya perlu masuk ke menu settings lalu pilih backup and reset. Langsung saja simak langkah-langkah berikut untuk lebih jelasnya.

  • Pertama, silahkan masuk ke menu Settings (Pengaturan) di HP Samsung kalian.
  • Geser layar kebawah, kemudian pilih menu Backup and reset.
  • Jika sudah, lalu pilih menu Factory data reset.
  • Kemudian pilih Reset Device, maka otomatis proses reset data berjalan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Lamanya proses reset data Samsung tergantung banyaknya jumlah data yang tersimpan di memori Internal.
  • Apabila berhasil, biasanya hp Samsung akan merestart dengan sendirinya.

2. Melalui Kode Reset Rahasia

hard reset Samsung

Cara reset hp Samsung berikutnya yaitu dengan mengetikkan kode reset rahasia di hp Samsung. Disebut rahasia karena tidak banyak pengguna yang mengetahui cara ini untuk hard reset Samsung. Untuk melakukannya Anda hanya perlu mengetikkan kode *2767*3855# pada menu phone call. Silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi Phone Call (Telepon) di hp Samsung.
  • Kemudian, ketikkan kode *2767*3855#.
  • Jika sudah, tekan tombol Call (telepon warna hijau).
  • Maka secara otomatis semua data di HP Samsung akan direset dan hilang, sama seperti waktu pertama kali Anda membelinya.

3. Melalui Recovery Mode Android

cara hard reset Samsung

Recovery mode merupakan suatu cara yang biasa digunakan untuk reset ulang hp android apabila terjadi kerusakan pada software ataupun lupa password & pola layar pada hp android. Cara reset hp Samsung melalui recovery mode ini sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut.

  • Pertama, silahkan matikan hp Samsung kalian seperti biasa.
  • Jika sudah, tekan dan tahan tombol PowerHomeVolume Up secara bersamaan dalam beberapa detik.
  • Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke mode Recovery pada hp Samsung.
  • Kemudian pilih menu Wipe data/Factory reset dengan cara menekan tombol volume up dan volume down untuk menggeser.
  • Lalu tekan tombol Home untuk memulai proses reset hp Samsung, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Jika proses sudah selesai, silahkan pilih menu Reboot System Now.

Catatan : Sebelum memulai proses reset ulang hp Samsung ada baiknya Anda membackup semua data yang tersimpan di memori internal smartphone. Dan pastikan kapasitas baterai diatas 50% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses reset berlangsung.