Cara Screenshot Samsung J5 Series Mudah dan Cepat

screenshot samsung j5, cara screenshot samsung j5, screenshot samsung galaxy j5

Bursahpsamsung.com – Mengambil gambar layar smartphone atau yang biasa disebut screenshot adalah hal yang lazim dilakukan para pengguna Android. Hanya saja masih banyak pengguna yang tak tahu bagaimana cara screenshot atau meng-capture layar ponsel. Cara screenshot bisa saja berbeda dari satu merek dengan merek lain. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara screenshot Samsung Galaxy J5 series.

Screenshot lazimnya ditempuh ketika pengguna menemukan gambar yang menarik namun tak dapat disimpan. Screenshot adalah salah satu cara praktis menyimpan gambar atau foto tersebut. Terkadang, screenshot juga digunakan untuk menyimpan gambar obrolan chat di WhatsApp atau posting menarik di jejaring sosial. Gambar dari hasil screenshot tersebut dapat digunakan sebagai bukti atau dapat di-share di media sosial maupun di WA.

Nah, apabila kalian ingin mengetahui cara mengambil screenshot Samsung Galaxy J5, J5 Pro dan J5 Prime paling mudah, langsung saja simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung J5 Series

Ada beberapa cara mudah untuk mengambil screenshot Samsung J5 series, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara detail kepada kalian. Antara lain dengan menekan tombol kombinasi, Palm Swipe Capture, dan cara mengambil screenshot panjang. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial berikut.

Screenshot Menggunakan Kombinasi Tombol

screenshot samsung j5

Cara screenshot Samsung J5 series yang pertama ialah dengan menggunakan kombinasi tombol Power + Home. Ini merupakan cara screenshot yang paling sering digunakan, dan yang paling mudah untuk untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut langkah screenshot menggunakan kombinasi tombol power + home:

  1. Langkah pertama, tampilkan gambar yang hendak di screenshot atau capture pada layar utama ponsel.
  2. Setelah itu tekan tombol Power + Home secara bersamaan, tahan beberapa saat hingga sistem ponsel bereaksi.
  3. Apabila terdengar suara shutter kamera dengan layar yang berkedip itu artinya tampilan layar sudah diambil screenshot-nya.
  4. Tergantung dari setting volume di ponsel, tanda jika berhasil mengambil gambar tangkapan layar juga bisa dengan bergetar. File gambar hasil screenshot biasanya akan disimpan dalam folder Screenshot yang bisa dibuka dari Galeri.

Screenshot Menggunakan Palm Swipe Capture

palm swipe gesture, screenshot galaxy j5,

Cara screenshot Samsung J5 ini juga terbilang sangatlah mudah. Palm swipe capture merupakan salah satu fitur unggulan Samsung yang berguna untuk mengambil screenshot, namun tanpa perlu repot-repot menekan tombol pada ponsel. Kalian hanya perlu menggeser atau swipe tangan atau jari kalian pada layar. Berikut langkah screenshot menggunakan palm swipe capture :

  1. Aktifkan fitur Swipe Capture terlebih dahulu di ponsel Samsung J5 kalian.
  2. Caranya, buka Settings kemudian pilih Advanced Features dan aktifkan fitur Palm swipe to capture.
  3. Jika fitur sudah aktif, selanjutnya tentukan area layar yang ingin di screenshot.
  4. Untuk mengambil screenshot kalian tinggal mengibaskan telapak tangan dari kanan ke kiri.
  5. Nantinya akan terdengar suara shutter dan layar akan berkedip, ini menandakan bahwa layar sudah berhasil di capture.
  6. Selesai.

Screenshot Halaman Panjang ke Bawah

Cara screenshot Samsung Galaxy J5 yang terakhir ini sangatlah spesial, karena fitur ini hanya ada di ponsel Samsung saja. Fitur ini memiliki kemampuan untuk menangkap gambar layar khususnya halaman situs yang memanjang kebawah dana bukan hanya yang terlihat di layar saja. Berikut langkah screenshot halaman panjang ke bawah :

  1. Pertama, buka menu Settings di ponsel Samsung J5 kalian.
  2. Kemudian pilih menu Advanced Features dan aktifkan fitur Smart Capture.
  3. Untuk mengambil screenshot, kalian bisa menggunakan kombinasi tombol fisik atau palm swipe capture.
  4. Setelah layar berkedip, otomatis kalian bisa melihat hasil screenshot di menu Scroll Capture.
  5. Ketuk pada opsi Scroll Capture, nantinya Anda akan menerima instruksi untuk mengambil beberapa screenshot lagi hingga panjang ke bawah.
  6. Selesai.

Setelah melakukan screenshot Samsung Galaxy J5, untuk melihat hasil screenshot kalian bisa melihatnya di galeri ponsel. Buka aplikasi galeri kemudian cari folder screenshot, di folder tersebut semua hasil screenshot tersimpan.

Cukup mudah bukan? demikianlah 3 cara mudah screenshot Samsung Galaxy J5 series dari kami. Untuk melakukannya  kalian tidak perlu me-root atau menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk dapat screenshot layar Samsung J5.

(Visited 877 times, 3 visits today)