Cara Cek IMEI Samsung Untuk Mengetahui Keaslian HP

cara cek imei samsung, cek imei samsung

Cara Cek IMEI Samsung – IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, ini merupakan kode unik yang terdiri dari kombinasi 15 digit angka. Setiap ponsel memiliki IMEI yang berbeda dengan unit ponsel lainnya, nomor IMEI berisikan informasi mengenai negara asal, pabrikan, nomor model, dan lain-lain.

Dengan mengetahui nomor IMEI kita dapat membedakan ponsel tersebut asli atau replika. Selain itu IMEI juga dapat digunakan untuk pengaman ponsel apabila dicuri orang. Anda dapat memblokirnya dengan melaporkannya ke operator seluler yang digunakan. Untuk melakukannya, Anda harus memberikan nomor IMEI ke pihak operator. Setelah diblokir, ponsel Samsung tersebut tidak akan berfungis normal, bahkan jika seseorang memasukkan SIM baru.

Maka dari itu Anda harus merahasiakan nomor IMEI hp sumsung Anda, sebab apabila ada orang lain yang mengetahui nomor IMEI tersebut mereka dapat memasukkan ponsel ke daftar hitam tanpa sepengetahuan Anda. Tentu Anda tidak ingin hal ini sampai terjadi pada ponsel Samsung Anda bukan. Ada beberapa cara cek IMEI Samsung, berikut informasi lengkapnya untuk Anda :

Cara Cek IMEI HP Samsung Semua Tipe

Ada beberapa cara untuk cek IMEI pada HP Samsung, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara detail kepada Anda. Antara lain cara cek imei Samsung dengan kode khusus, melalui menu settings, pada dus box, pada bodi ponsel, dan aplikasi pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial berikut.

Cara Cek IMEI Samsung Dengan Kode khusus

cara cek imei hp Samsung

Untuk mengetahui IMEI ponsel Samsung sangatlah mudah, cara cek IMEI Samsung yang pertama yaitu dengan menekan kode *#06# dari ponsel. Silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Phone Call atau Telepon di ponsel Samsung.
  2. Kemudian, ketikkan kode *#06#.
  3. Jika sudah, tekan tombol Call (telepon warna hijau).
  4. Maka secara otomatis nomor IMEI ponsel Samsung akan tampil di layar.
  5. Cara ini bisa dikatakan bekerja pada segala jenis merk dan type smartphone.

Cara cek IMEI Samsung Melalui menu Settings

cek imei Samsung

Selain cara diatas, Anda juga dapat menemukan kode IMEI ponsel Samsung Anda pada menu settings atau setelan. Untuk lebih detailnya silahkan baca tutorial berikut.

  1. Pertama, buka menu Settings (Pengaturan) di ponsel Samsung Anda.
  2. Pada halaman Settings (Pengaturan), cari dan pilih menu About Phone (Tentang Ponsel).
  3. Jika sudah, silahkan pilih menu Status.
  4. Setelah itu pilih salah satu opsi kartu SIM yang ada di ponsel Samsung.
  5. Secara otomatis nomor IMEI akan muncul.

Cara Cek IMEI Samsung di Body Ponsel

Selain dua cara diatas, Anda juga bisa melihat nomor IMEI hp Samsung di bagian body ponsel. Apabila ponsel Anda memiliki desain unibody biasanya nomor IMEI terdapat dibagian belakang casing. Namun, jika bukan unibody nomor IMEI terdapat di dudukan baterai. Untuk melihatnya Anda tinggal melepaskan casing hp dan baterainya.

Cara Cek IMEI Samsung di Dus Box Ponsel

Pada saat kita membeli HP Samsung terbaru biasanya Anda akan mendapkan dus box kemasan ponsel. Nah, biasanya nomor IMEI dan MEID juga terdapat di bagian belakang dus box ponsel tersebut.

Cara cek IMEI Samsung Dengan Aplikasi

Untuk melihat kode IMEI Samsung yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Antutu Benchmark. Anda bisa mendapatkan aplikasi dengan cara mendownloadnya gratis di Play Strore. Aplikasi ini akan menampilkan infomasi lengkap mengenai ponsel kita sperti spesifikasi dan skore AnTuTu.

Cara Cek Keaslian IMEI HP Samsung

Setelah mendapatkan nomor IMEI hp Samsung  melalui beberapa cara diatas, selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan keaslian dan garansi ponsel Samsung tersebut. Untuk melakukannya, Anda bisa mengunjungi situs IMEI cheker. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, silahkan buka situs www.imeipro.info
  2. Pada halaman tersebut terdapat kolom untuk memasukkan nomor IMEI.
  3. Masukkan nomor IMEI, lalu klik CHECK.
  4. Tunggu beberapa saat, setelah itu akan muncul informasi detail mengenai ponsel tersebut dan Anda bisa mencocokannya.

Demikianlah tutorial dari bursahpsamsung.com. Tidak hanya untuk HP Samsung saja, tutorial diatas juga bisa Anda gunakan untuk cek IMEI semua tipe dan merek ponsel Android. Semoga bermanfaat.

(Visited 4.242 times, 1 visits today)