Fantastis, Galaxy S10 akan Datang dengan 12GB RAM?

Galaxy S10

Bursahpsamsung.com – Beberapa handset terbaru Samsung tidak terlihat sangat berbeda dibanding pendahulunya. Sebagian besar hanya menawarkan peningkatan spesifikasi bertahap, namun sepertinya akan berubah dengan hadirnya Galaxy S10.

Selain semua teknologi terbaru yang disematkan, flagship Samsung di tahun 2019 mendatang tersebut mungkin datang dalam empat varian, salah satunya dikabarkan mendukung jaringan 5G dan mengemas RAM 12GB yang sangat besar.

Rumor terbaru terkait spesifikasi calon flagship Samsung Galaxy S10 tersebut memang sangat menarik. Selentingan yang beredar di media sosial Weibo, Samsung diduga akan mengeluarkan varian Galaxy S10 (model 5G-enabled) dengan RAM 12GB onboard.

Ini bukan bocoran spesifikasi sebenarnya sebab rumor ini hanya berdasar pada foto screenshot dari laporan analis tentang bagaimana opsi RAM smartphone meningkat terus pada 2018 dan akan terus meningkat di tahun depan. Jadi ini hanya prediksi saja mengenai apa yang kemungkinan akan dilakukan vendor ponsel tahun 2019 mendatang.

Galaxy S10

Rumor Galaxy S10 – Weibo

Samsung bisa saja memasang RAM 12GB sebagai salah satu spesifikasi utama Galaxy S10, tetapi itu tak akan dilakukan. Galaxy Note 9 yang belum lama ini diluncurkannya hanya mengandalkan RAM berkapasitas 8 GB. Sementara Galaxy S10 meski akan menjadi perangkat spesial sebagai andalan ke-10 Galaxy S, namun peningkatan RAM yang besar tak akan menjadi salah satu daya tariknya.

RAM 8GB kemungkinan besar akan tetap digunakan untuk Galaxy S10. Memang salah satu produsen ponsel Cina belum lama ini mengumumkan ponsel terbarunya dengan RAM 10GB, tetapi tidak mungkin Samsung dapat menawarkan RAM tinggi tanpa kenaikan harga yang mencolok.

Jangan lupa juga jika Galaxy S10 mungkin akan hadir dengan tampilan layar penuh terbaru dengan fitur seperti sensor sidik jari dan mungkin juga kamera di bawah panel layar, jadi itu sudah cukup membuat mahal harganya dibanding dengan flagship Galaxy S sebelumnya.

Kapasitas 12GB RAM terdengar terlalu muluk-muluk untuk menjadi kenyataan dan itu pun akan sangat tidak berguna juga. Perangkat lunak Samsung bukan lah yang paling ditonjolkan sehingga tidak ada alasan untuk memiliki RAM besar di ponsel. Alasan paling mungkin hanyalah sebagai salah satu gimmick pemasaran untuk menarik pembeli.

Rumor tersebut pun menunjukkan empat versi Galaxy S10 yaitu versi dasar dengan RAM 4GB dan layar 5,8 inci, yang bisa menjadi opsi paling murah yang mirip dengan iPhone XR buatan Apple; model 6,3 inci Galaxy S10 Plus yang lebih besar dengan 6GB RAM; model Galaxy S10 X yang lebih canggih dengan 8GB RAM; dan termahal adalah Galaxy S10 X 5G, yang hadir dengan RAM 12GB.

Tambahan nama “X” boleh jadi hanya sebagai placeholder saja yang bisa berubah dengan kode tertentu sesuai strategi yang digunakan Samsung.

Di pasaran sudah ada Mi Mix 3 dan Black Shark 2 dari Xiaomi sama-sama memiliki RAM 10GB, Oppo’s X yang sedang dikembangkan juga kabarnya memiliki RAM 10 GB, sehingga kapasitas 12GB sepertinya tidak terlalu muluk-muluk. Menurut screenshot tersebut, Huawei pun dilaporkan akan memasukkan ukuran RAM yang sama dalam P30 Pro-nya.

Dukungan jaringan interner 5G pun sangat menarik, terutama karena Samsung mengatakan S10 tidak akan menjadi perangkat pertama yang datang dengan fitur 5G.

Mungkin seri Galaxy lain misalnya Galaxy X yang dapat dilipat (foldable). Petinggi Samsung, DJ Koh menyebutkan jika Galaxy S10 akan tampil dengan perubahan desain yang sangat signifikan. Selain pembaca sidik jari di layar,n rumor lain juga mengatakan akan digunakannya pack baterai graphene.

Sumber

(Visited 377 times, 4 visits today)