Bukan Notch, Samsung Galaxy A8s akan Menawarkan Lubang di Layar

samsung galaxy a8s

Bursahpsamsung.com –┬áSetelah membawa smartphone kamera triple dan quad, Samsung tampaknya akan menunjukkan inovasinya di sisi tampilan dengan membawa Samsung Galaxy A8s yang memiliki lubang di bagian depan, bukan notch tradisional.

Pada acara peluncuran Galaxy A9s dan Galaxy A6s di China belum lama ini, Samsung memberikan sedikit teaser akan keluarnya smartphone terbaru yang dinamakan Galaxy A8s.

Samsung Galaxy A series dari Samsung memang memiliki beberapa penawaran yang kompetitif. Awal tahun ini, Samsung membawa Galaxy A7 (2018) dengan tiga kamera belakang untuk bersaing dengan Huawei P20 Pro yang juga membawa fitur serupa.

Perusahaan juga awal bulan ini meluncurkan Galaxy A9 (2018) dengan empat kamera belakang. Itu disebut-sebut menjadi “kamera quad pertama di dunia” untuk smartphone. Tren inovasi berlanjut dengan Galaxy A9s yang juga memiliki empat kamera belakang dan fitur layar Full-HD + Super AMOLED berukuran 6,3 inci.

Dan sepertinya Galaxy A8s akan menjadi smartphone pertama buatan raksasa teknologi asal Korea Selatan yang menawarkan desain truly all-screen atau layar penuh yang sesungguhnya.

 

Tidak ada panel notch atau takik pada ponsel tersebut tetapi menurut Chinese leakster Ice universe, ponsel Samsung Galaxy A8s akan memiliki lubang yang dibor ke layar untuk mengakomodasi kamera depan termasuk sensor ambient light dan proximity.

samsung galaxy a8s

Rumor desain tersebut tentu saja menimbulkan pertanyaan, bagaimana lubang akan lebih baik daripada notch? Sebab meski hanya berupa lubang namun akan tetap menghalangi ketika pengguna menonton video, bahkan jika itu tidak akan sebesar notch di iPhone atau harus berada di tengah layar.

Teaser resmi Samsung di acara tersebut sepertinya tidak mengalami gangguan apa pun di layar, sehingga logikanya sensor kamera mungkin berada di bawah layar atau mungkin layar hanya akan mematikan bagian tersebut saat pengguna menjalankan YouTube atau Netflix.

Bila memang benar maka ini akan menawarkan pengalaman tampilan yang benar-benar canggih yang berbeda dengan desain notch yang telah menjadi sangat umum pada beberapa smartphone Android sejak kedatangan iPhone X di bulan September tahun lalu. Namun, akan menarik untuk melihat bagaimana aplikasi dan antarmuka akan bekerja bersama dengan keberadaan lubang di layar tersebut

Belum ada rincian yang tepat mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A8s sebab dilaporkan perangkat ini baru akan dirilis resmi pada awal 2019.

Boleh jadi ini akan menjadi pendahulu untuk fitur no-notch display yang akan dibawa Galaxy S10. Samsung Galaxy A8s akan menjadi yang pertama di kelas smartphone mid end dengan bezel yang ultra-tipis.

Samsung tidak mengungkapkan rincian apapun mengenai spesifikasi perangkat keras galaxy A8s ini. Namun dilaporkan bahwa model terbaru ini akan datang dengan teknologi “first-time adoption” atau penerapan teknologi pertama kali.

Namun demikian, jika kita melihat beberapa render awal, seperti yang diposting SamMobile, smartphone bisa memiliki lubang untuk menempatkan sensor kamera depan dan sensor lainnya. Dipercaya bahwa lubang akan dibor ke layar untuk mengakomodasi sensor yang diperlukan.

Ini mungkin bukan desain yang mirip dengan apa yang telah kita lihat pada smartphone Android terkini yang ada di pasaran sebab kebanyakan memiliki lubang notch berbentuk persegi panjang. Beberapa waktu lalu, sejumlah vendor smartphone termasuk Oppo dan Vivo mulai melirik tampilan layar bergaya waterdrop atau tetesan air yang membutuhkan ruang lebih sedikit dibanding notch tradisional semacam kepunyaan iPhone X.

Selain rumor Galaxy A8s, rumor lain dari OnLeaks membocorkan tentang warna apa saja yang akan tersedia untuk flagship Samsung Galaxy S10.

Menurutnya, Samsung Galaxy S10 akan tersedia dalam enam warna berbeda, termasuk hitam, biru, merah, kuning, hijau dan abu-abu. Belum bisa dipastikan apakah warna-warna itu hanya untuk Galaxy S10 atau apakah itu juga untuk Galaxy S10 Lite dan Galaxy S10 +. Menurut sumber yang digunakan OnLeaks, pada tahap pengembangan tidak kurang dari 9 pilihan warna yang direncanakan untuk Galaxy S10 dengan 6 warna tadi sudah bisa dipastikan.

Sumber 1 dan Sumber 2

(Visited 344 times, 1 visits today)