Samsung Galaxy Note 9 Update Peningkatan Signifikan Kemampuan Kamera

Galaxy Note 9

Bursahpsamsung.com – Sejak peluncurannya beberapa bulan lalu, flagship terbaru dari Samsung, Galaxy Note9 sudah diberikan dua kali rilis pembaruan. Yang pertama memberikan kontrol ekstra dari mode video Super Slow-mo dan yang kedua ditujukan untuk tombol Bixby.

Sekarang yang ketiga akan memberikan update paling signifikan karena menjanjikan peningkatan pengalaman kamera yang sangat substansial.

Para pengguna Note 9 di Jerman adalah yang pertama menerima pembaruan tersebut secara OTA (Over the Air). Update ketiga Galaxy Note 9 tersebut memiliki nomor build N960FXXU2ARI9 dan memiliki ukuran file sebesar 302MB.

Changelog yang ditawarkan di update Samsung Galaxy Note 9 rilis ketiga ini adalah semua tentang peningkatan kemampuan dan memperbaiki masalah terkait kamera seperti masalah HDR di mana beberapa bagian gambar kurang terang, peningkatan kemampuan kamera di cahaya rendah, dan juga mereduksi noise.

Penggunaan algoritma SNR (Signal-to-Noise Ratio) yang diperbarui mampu menghilangkan noise yang timbul pada gambar ketika diambil dalam cahaya rendah.

Wajah hasil pemotretan kini menjadi lebih cerah berkat pemberian cahaya latar ke subyek. Samsung pun telah meningkatkan akurasi kontrol HDR siang / malam termasuk juga memoles mode otomatis kamera.

Galaxy Note 9

Update Galaxy Note 9

Sampai saat ini, update ketiga Samsung Galaxy Note 9 masih belum tersedia untuk semua pengguna di berbagai negara selain Jerman.

Namun biasanya akan secara bertahap tersedia di negara lain. Untuk itu pengguna dapat mengecek tersedia tidaknya update terbaru ini di menu Pengaturan.

Seperti diketahui, banyak spesifikasi andalan yang dimiliki Galaxy Note 9. Salah satunya adalah fitur kamera yang dianggap sebagai kamera smartphone terbaik yang pernah ada.

Spesifikasinya mirip dengan kamera yang dimiliki Galaxy S9+ yaitu memiliki dua sensor 12 megapiksel, satu dengan lensa telefoto dan yang lainnya lensa sudut lebar (wide angle).

Kamera telefoto memiliki fitur Dual Aperture persis seperti di Galaxy S9+, yang memiliki bukaan hingga f / 1.5 untuk lebih banyak cahaya yang masuk.

Yang membedakan, Samsung kini sudah menambahkan kemampuan lebih lewat fitur Scene Optimizer yang pada dasarnya adalah fitur fotografi AI yang digunakan Huawei dan LG.

Saat pengguna mengarahkan kamera Note 9 ke suatu obyek maka ia akan mencoba mengenali apa yang dilihatnya untuk kemudian mengubah pengaturan kamera yang sesuai. Arahkan pada obyek makanan maka hasilnya adalah gambar dengan saturasi penuh.

Saat memotret bunga maka sensor kamera akan mempertajam detil pada kuncup. Kamera Note 9 akan mengidentifikasi sekitar 20 adegan dimana lencana atau badge akan muncul di jendela bidik untuk memberi tahu pengguna apa yang dilihatnya.

Peningkatan pada kemampuan artificial intelligence cukup halus dibandingkan dengan Huawei yang kadang-kadang masih over saturation.

Kamera galaxy Note 9 mampu menghasilkan gambar yang cukup bagus tanpa bantuan AI. Warna gambar sangat kaya dengan detail yang tajam, meskipun masih kurang dari Pixel 2 untuk akurasi warna. Aperture f / 1.8 akan membuat pemfokusan subjek closeup menjadi lebih mudah.

Fitur Flaw Detection memungkinkan pengguna mengetahui ketika berpikir seseorang dalam gambar berkedip atau jika gambar buram.

Ketika dites dimana seseorang yang akan difoto dengan sengaja memejamkan mata dalam beberapa bidikan maka fitur kamera Note 9 akan memberikan peringatan meski hanya mengatakan bahwa hasil foto mungkin kabur.

Sumber 1 dan Sumber 2

(Visited 386 times, 1 visits today)