Samsung Galaxy A7 2018 Tips dan Trik Wajib Tau !!

by
Samsung Galaxy A7 2018 Tips dan Trik
Samsung Galaxy A7 2018 Tips dan Trik

Samsung Galaxy A7 2018 adalah smartphone pangsa konsumen mid-range terbaru yang dibesut oleh Samsung. Sebagai sebuah ponsel canggih di kelasnya, spesifikasi Samsung Galaxy A7 2018 pastinya mengesankan.

Namun tentu saja tak ada perangkat yang sempurna, Hp Samsung Galaxy A7 2018 juga memiliki beberapa masalah yang muncul saat digunakan.

Karena itu dalam artikel berikut ini akan diberikan tips dan trik Samsung Galaxy A7 2018 termasuk solusi dari masalah yang timbul.

Spesifikasi utama Samsung Galaxy A7 2018 : layar 6 inci dengan resolusi 1080 x 2220 piksel dan densitas 441 ppi, Android 8.0 Oreo, chipset Octa-Core 2.2Ghz, pilihan 4GB / 6GB RAM dan 64GB / 128GB penyimpanan internal, kamera utama triple 24MP + 8MP + 5MP dan kamera depan 24MP, baterai non removable 3300 mAh.

Samsung Galaxy A7 2018 Tips dan Trik
Samsung Galaxy A7 2018

1. Samsung Galaxy A7 2018 tiba-tiba mati

Masalah ini umum di sebagian besar ponsel Android tak terkecuali Samsung Galaxy A7 2018 yang baru saja diluncurkan. Bila itu yang terjadi kemungkinan karena terjadi overheat atau pemanasan berlebih.

Lakukan pengecasan baterai hingga penuh lalu biarkan ponsel terus menyala hingga benar-benar mati sendiri karena daya baterai yang habis.

Opsi terakhir yang juga bisa dilakukan adalah melakukan reset ke pengaturan pabrik (factory reset). Jangan pulihkan data backup setelahnya, namun kembalikan data secara manual.

Jika ternyata setelah mengikuti langkah-langkah di atas masalah masih terjadi, saatnya untuk pergi ke service center Samsung.

2. Layar Samsung Galaxy A7 2018 freeze atau macet

Jika ponsel macet saat membuka aplikasi, melakukan panggilan telepon atau bermain game maka berikut langkah yang harus diambil.

Jika masalah tersebut hanya terjadi saat membuka aplikasi tertentu seperti Instagram itu artinya aplikasi itu harus diperbaharui ke versi paling baru.

Bila layar freeze atau macet saat digunakan untuk menelepon, SMS, atau aplikasi kamera, coba masuk ke menu pengaturan> aplikasi> aplikasi default, lalu pilih aplikasi yang bermasalah dan hapus cache-nya. Bila masalah masih saja terjadi, pilihan terakhir hanya dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik (factory reset).

3. Aplikasi lambat loading

Jika aplikasi di ponsel membuka lebih lambat, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Beberapa aplikasi tertentu memang ada yang loadingnya berat seperti game dan aplikasi dengan pemrosesan grafis tinggi seperti Youtube.

Jika itu yang terjadi maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika setiap aplikasi di Samsung Galaxy A7 2018 lambat loading, solusinya adalah dengan merestart perangkat untuk menyegarkan sistem di dalamnya.

4. Aplikasi atau game tiba-tiba Crash

Pertama, masuk ke menu pengaturan > aplikasi, lalu klik pada aplikasi yang sering crash atau macet dan hapus datanya (clear data).

Opsi kedua jika masalah masih terjadi, copot aplikasi itu dan kemudian instal lagi dari Play Store. Bisa juga dengan memperbaharui versi aplikasi tersebut dari play store.

5. Fitur Bluetooth bermasalah

Pertama-tama, pastikan Samsung Galaxy A7 2018 sudah menggunakan sistem Android terbaru. Periksa pembaruan OTA dan lakukan pembaharuan sesegera mungkin.

Kedua, pastikan Samsung Galaxy A7 2018 dapat dideteksi oleh perangkat lain dan sebaliknya. Terakhir, coba aktifkan dan nonaktif fitur Bluetooth beberapa kali.

6. Layar retak dan tak merespon ketika disentuh

Hubungkan ponsel ke komputer atau laptop melalui kabel USB C. Jika ingin menggunakan beberapa aplikasi di Ponsel Samsung Galaxy A7 2018, gunakan kabel OTG, keyboard dan mouse nirkabel.

Sambungkan kabel OTG ke handset lalu hubungkan wireless receiver ke kabel. Kini data-data di ponsel bisa diakses dari komputer.

7. Masalah Koneksi Wi-fi atau jangkauannya yang terbatas

Pertama-tama, periksa router atau modem, coba atur ulang setingannya. Pastikan tidak ada halangan di depan router. Coba aktifkan mode pesawat selama 1 menit dan kemudian matikan.

Jika langkah di atas tidak berhasil, coba sambungkan ponsel ke hotspot Wi-fi berbeda dan lihat apakah tersambung atau tidak.

Apabila masih juga bermasalah, sebaiknya segera saja dibawa ke pusat layanan untuk memastikan ada tidaknya kerusakan hardware.

8. Sinyal atau akses internet bermasalah

Jika Samsung Galaxy A7 2018 tak ada sinyal atau jaringan internet tidak berfungsi seperti sebelumnya, coba langkah-langkah berikut ini.

Pertama, keluarkan kartu SIM dari slotnya lalu pasang lagi. Nyalakan mode pesawat selama 30 detik dan kemudian matikan. Cek pengaturan jaringan dari menu setting bila opsi sebelumnya belum membuahkan hasil.

9. Tidak bisa mendownload dari Play store

Ini adalah salah satu masalah umum yang sering dialami pengguna Android. Pertama, masuk ke menu pengaturan lalu hapus data dari aplikasi Play Store. Lalu, bersihkan histori pencarian lokal (local search) dari aplikasi Play store.

Samsung J6 PlusSamsung A8 Star
Samsung J4 PlusSamsung A6 Plus

Demikianlah informasi mengenai permasalahan yang ada pada Samsung Galaxy A7 2018, klik disini untuk melihat harga Samsung Galaxy A7 2018 terbaru, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

(Visited 640 times, 4 visits today)

About Author: Nuraida Irawan

Gravatar Image
Penulis di Bursahpsamsung.com yang menulis tentang Review Ponsel Samsung Galaxy Harga dan Spesifikasinya