Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S8

Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S8.jpg

Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S8 – Smartphone dengan layar sentuh atau Touchscreen tak cukup sensitif jelas akan mengganggu, terlebih saat sedang memainkan game yang memerlukan kecepatan sentuhan jari dalam memberikan perintah.

Tambahan lagi layar smartphone tak responsif ketika digunakan akan menghambat pekerjaan sehari-hari seperti membuka pesan chat atau browsing mencari informasi.

Tak hanya dijumpai di ponsel kelas bawah, bahkan flagship Samsung Galaxy S8 keluaran Samsung pun adakalanya mengalami masalah yang sama.

Sensitifitas layar S8 kadang tak seperti yang diharapkan. Bagaimana mengatasinya? Berikut cara meningkatkan sensitifitas layar Samsung Galaxy S8.

1. Copot pelindung layar atau anti gores

Lapisan anti gores memang sangat berguna melindungi layar di bawahnya dari kemungkinan goresan yang tak disengaja. Namun, dalam beberapa kasus, pelindung layar malah akan mengurangi sensitivitas layar Galaxy s8.

Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S8-2

Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S8 Salah satunya copot anti gores

Itu terjadi terutama pada pelindung kaca jenis tempered glass yang tebal. Jika masalahnya muncul setelah memasang pelindung layar ke Samsung S8, Anda mungkin harus mencopotnya dan perhatikan apakah layar sudah berfungsi seperti biasanya.

Perlu diketahui bahwa spesifikasi Galaxy S8 untuk layar sudah terpasang kaca pelindung Gorilla Glass terbaru buatan Corning yang berguna mengamankan layar di bawahnya dari goresan benda tajam dan bahkan benturan. Jadi pemasangan tempered glass sebenarnya tak diperlukan lagi.

2. Sesuaikan sensitivitas layar Galaxy S8

Tahukah Anda bahwa sensitivitas layar sebenarnya dapat disesuaikan pada Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Fitur ini mungkin hanya diberikan pada Galaxy S8 dan flagship yang lebih baru.

Cara meningkatkan sensitifitas layar Samsung S8 adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan,
  • lalu pilih opsi Display atau Tampilan.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Navigation Bar. Sesuaikan bar sesuai keinginan Anda di bagian bawah antara More sensitive” dan “Less sensitive”.

3. Jangan biarkan layar dalam kondisi kotor

Jika Samsung Galaxy S8 Anda basah atau kotor, itu juga berdampak buruk pada kinerja layar. Selain itu, telapak tangan yang berkeringat juga akan berpengaruh pada sensitifitas layar.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan layar perangkat Galaxy S8 Anda saat terlihat kotor. Gunakan sepotong kain yang lembut sedikit basah untuk menyeka layar dengan hati-hati.

4. Aplikasi SGS Touchscreen Booster

Aplikasi yang satu adalah sebuah tool sederhana akan tetapi cukup bermanfaat untuk meningkatkan sensitifitas layar Galaxy S8 .

Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang dari Google Play Store di https://play.google.com/store/search?q=pembersih.

Aplikasi SGS Touchscreen Booster.jpg

Aplikasi SGS Touchscreen Booster

Pengaturannya cukup mudah sebab sudah tersedia presets yang tinggal dipilih misalnya More slow, Default, Optimized, Super Optimized dan Custom.

Tidak boleh lupa untuk mencentang opsi “start service on boot” dan ketuk “Apply changes” untuk menyimpan setingan.

5. Bersihkan tumpukan cache

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan sering instal uninstal aplikasi dan game tentu akan mempengaruhi kinerja Galaxy S8. Seringnya perangkat melambat dan ruang kosong memori internal yang menciut.

Saat aplikasi atau game dicopot maka akan menyisakan file cache atau sampah. Karena itu gunakan aplikasi pembersih cache yang ada banyak pilihan di Play Store.

Salah satunya adalah aplikasi berbagi file SHAREit. Ya, selain memiliki fungsi mengirim dan menerima file via wifi, aplikasi SHAREit pun memiliki fitur pembersih file cache di ponsel.

Fitur yang disebut CLEANit ini cukup mudah digunakan sebab sudah ada di dalam aplikasi SHAREit, gulir layar ke bawah maka akan menemukan CLEANit, ketuk CLEAN NOW untuk mulai proses pembersihan.

6. Turunkan nilai skala animasi layar

Masuk ke menu Pengaturan atau Settings, lalu ketuk Tentang perangkat atau About devices. Berikutnya ketuk Info Perangkat Lunak atau Software Info dan ketuk opsi Nomor Versi atau Build Number hingga 5 kali berturut-turut sehingga menu Pengembang atau Depelover option akan tertera di menu Settings.

Buka opsi Pengembang atau Depelover option tersebut lalu di menu Drawing, ganti nilai Window animation scale dan Transition animation scale ke angka 0.5x.

Kemudian di menu Hardware-accelerated rendering, aktifkan Force GPU rendering, Enable 4X MSAA dan Disable hardware overlay. pada opsi Application, aktifkan Dont keep activities dan Show all ANRs, lalu rubah Limit background processes ke At most 3 processes atau kurang dari itu.

Baca Juga: Cara Mengatur Sensitifitas Sentuhan Layar Samsung Galaxy S9

Semoga tips cara meningkatkan sensitifitas layar Galaxy S8 ini membantu. Jika masalah sensitivitas tetap ada, titik masalahnya mungkin saja pada perangkat keras.

Dalam kasus seperti itu, Anda harus membawa perangkat ke Samsung Store untuk diperbaiki atau malah diganti dengan unit baru. Selamat mencoba!

(Visited 937 times, 1 visits today)