8 Samsung Galaxy A8 Star Tips & Triks Kamu Wajib Tau!!

Samsung Galaxy A8 Star adalah smartphone murah terbaru keluaran Samsung yang cukup layak diperhitungkan. Dipasarkan untuk negara berkembang seperti India, Malaysia, dan juga Indonesia ponsel ini membawa beberapa fitur menarik.

Salah satunya adalah kamera utama ganda yang selama ini hanya terpasang di perangkat menengah atas Samsung. Tak ada produk yang sempurna, sebagaimana seri Galaxy lain, Samsung Galaxy A8 Star pun kadang mengalami masalah saat digunakan. Berikut beberapa masalah Galaxy A8 Star dan solusinya.

Samsung Galaxy A8 Star Tips & Triks

1. Galaxy A8 Star Phone tiba-tiba shut down

Masalah ini sebenarnya sudah jamak di sebagian besar smartphone Android. Jika masalah ini muncul di Galaxy A8 Star maka langkah-langkah berikut perlu dilakukan.

Masalah ponsel tiba-tiba shut down bisa saja disebabkan oleh perangkat yang terlalu panas. Oleh karena itu perangkat harus dibiarkan beberapa saat sampai suhu prosesor turun, baru kemudian dinyalakan kembali.

Cara kedua, cas baterai ponsel hingga penuh lalu biarkan ponsel menyala hingga baterai benar-benar habis dan mati sendiri. Atau cara ketiga lakukan reset pabrik (factory reset), jangan kembalikan ke file backup atau mengembalikan data secara manual.

2. Layar Galaxy A8 Star hang

Galaxy A8 Star pun kadang mengalami layar macet atau freeze ketika digunakan untuk menelepon atau mungkin saat bermain game. Solusi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama, jika mengalami masalah hanya di aplikasi tertentu seperti Instagram, tak ada yang perlu dikhawatirkan sebab biasanya aplikasi sedang melakukan pembaruan atau pengoptimalan lebih lanjut untuk model perangkat tertentu. Sementara jika layar macet saat menjalankan aplikasi default seperti Phone, Messaging, atau aplikasi kamera, solusinya buka menu pengaturan> aplikasi> aplikasi default, lalu pilih aplikasi yang bermasalah dan hapus cache-nya. Solusi lain yang bisa diambil yaitu Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik.

3. Aplikasi di Galaxy A8 Star lambat membuka

Ada beberapa aplikasi yang memang cukup berat yang biasanya menggunakan grafis tinggi seperti Youtube. Itu wajar dan tak perlu dikuatirkan. Namun jika setiap aplikasi membuka dengan lambat, coba lakukan boot ulang untuk menyegarkannya. Pilihan terakhir bila masalah masih dialami adalah melakukan reset perangkat dengan memilih tombol Factory Reset.

4. Aplikasi atau game tiba-tiba crash

Untuk itu buka menu pengaturan > aplikasi, lalu klik pada aplikasi yang sering crash atau macet lalu hapus data. Solusi kedua yang juga bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi tersebut dan instal lagi dari play store. Bila ada pembaharuan, perbarui aplikasi dari play store.

5. Fitur Bluetooth tidak berfungsi

Masalah Bluetooth dapat terjadi di ponsel Android saat menghubungkan dengan perangkat lain. Masalah tersebut dapat diatasi, mula-mula, pastikan ponsel sudah diperbarui secara software. Cek pembaruan via OTA dan bila ada perbarui sesegera mungkin. Selanjutnya pastikan perangkat dapat dideteksi oleh perangkat lain dan sebaliknya. Terakhir, coba aktifkan lalu nonaktifkan beberapa kali hingga fungsinya kembali seperti semula.

6. Layar tak merespon saat disentuh

Hubungkan Galaxy A8 Star ke komputer atau laptop melalui kabel USB C. Pengguna dapat mengakses data dari komputer atau laptop tersebut. Jika pengguna ingin menjalankan beberapa aplikasi di Galaxy A8 Star, gunakan kabel OTG, keyboard dan mouse nirkabel. Sambungkan kabel OTG ke ponsel dan hubungkan perangkat wireless receiver ke kabel. Kini pengguna dapat mengakses ponsel seperti menggunakan komputer.

7. Masalah Koneksi Wi-fi atau jangkauan Wi-fi yang terbatas

Pertama-tama, periksa router atau modem. Coba atur ulang pengaturannya. Pastikan tidak ada halangan di depan router. Juga, aktifkan mode pesawat selama 1 menit lalu matikan. Coba sekali lagi fungsi Wifi di perangkat.

8. Internet bermasalah

Jika Galaxy A8 Star bermasalah dengan koneksi internetnya, coba langkah-langkah berikut ini. Pertama, ambil kartu SIM yang digunakan lalu pasang lagi. Cara lainnya, hidupkan mode Pesawat selama 30 detik lalu kemudian matikan. Atau lakukan tweak pengaturan jaringan di menu Setting.

Demikianlah info mengenai 8 Samsung Galaxy A8 Star Tips & Triks Kamu Wajib Tau!!, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian khususnya pengguna hp samsung galaxy A8 star di indonesia.

(Visited 173 times, 3 visits today)

Penulis di Bursahpsamsung.com yang menulis tentang Review Ponsel Samsung Galaxy Harga dan Spesifikasinya