Samsung Galaxy Tab S4 Harga dan Spesifikasi [Oktober 2018]

by
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4
Samsung Galaxy Tab S4 image: gsmarena.com

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4 – Tablet tidak akan menggantikan PC, tetapi perangkat ini bisa dikatakan sebagai laptop yang menggunakan keyboard add-ons dan stylus.

Akhirnya, perangkat tablet flagship terbaru Samsung resmi dikenalkan. Samsung Galaxy Tab S4 datang dengan ukuran layar 10.5 layaknya sebuah laptop dan dibundel dengan S Pen dan juga tawaran Book Cover keyboard yang dijual terpisah.

Tablet ini juga menjadi yang pertama mendukung monitor ganda menggunakan Samsung DeX yang artinya pengguna dapat menambahkan monitor eksternal melalui kabel HDMI untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih besar dengan layar tablet tetap menyala.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4

HargaRp. 9,4 Jutaan
BodiMetal frame, glass front and back
Layar10.5″ Super AMOLED, 2,560 x 1,600px, 16:10
Add-onsS Pen included, DeX dock and Book Cover keyboard sold separately
ChipsetSnapdragon 835 chipset
Memori4GB of RAM, 64GB storage, microSD card slot
SoftwareAndroid 8.1 Oreo, Samsung Experience, Microsoft apps pre-loaded
AudioQuad speakers tuned by AKG, Dolby Atmos support
Kamera13MP / 4K on the back, 8MP / 1080p on the front
KonektivitasOptional LTE Cat. 16, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, USB-C 3.1
Baterai7,300mAh, fast charging (9V at 1.67A or 5V at 2A)
Fitur LainnyaIris scanner, pogo pins, global positioning
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4
image: gsmarena.com

1. Layar lega dengan tampilan cemerlang
Spesifikasi layar Galaxy Tab S4 10.5 sesuai namanya memiliki bentang 10,5 inch dengan aspek rasio 16:10. Seperti biasa, Samsung mengandalkan panel Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1600px.

Galaxy Tab S4 hanya sedikit lebih besar daripada dimensi Tab S3, namun memiliki layar 33% lebih besar sebab Samsung meniadakan sensor sidik jari dan menggantinya dengan Face Unlock dan juga membuat bezel setipis mungkin.

Tombol Home, Back, dan Recent sudah beralih ke dalam layar menggantikan tombol kapasitif standar. Tak ada lagi tombol Home fisik dan pemindai sidik jari.

 

2. Tampilan bodi mewah
Secara desain perangkat tablet ini mampu memberikan tampilan premium dengan bezel yang sangat tipis, bodi yang langsing dengan berat 482 gram (untuk model Wifi) dan dimensi 249,3 x 164,3 x 7.1mm.

Tablet ini pun menawarkan Book Cover Keyboard yang di samping sebagai pelindung juga memudahkan pengguna yang sering menggunakannya untuk mengetik.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4

Bagian luar Book Cover tersebut memiliki tekstur yang terasa antara kain dan karet sehingga tak terasa licin. Sementara permukaan bagian dalam memiliki sentuhan akhir yang lembut yang akan menjaga kaca tablet dari kemungkinan tergores. Book Cover ini pun dilengkapi magnet yang akan mengunci saat ditutup,

sementara magnet lain untuk menahan keyboard tertutup sehingga tidak akan terbuka ketika pengguna mengambilnya. Cover ini sedikit melebar melebihi ukuran tablet sehingga memberi cukup ruang untuk meletakkan jempol di sana dan mendorong penutupnya terbuka.

Samsung melengkapi Galaxy Tab S4 10.5 dengan empat speaker, dua di setiap sisi mengarah keluar. Keempat speaker menggunakan sistem AKG sehingga output yang dihasilkan sangat jernih dan mendalam. Speaker pun mendukung Dolby Atmos untuk memutar konten dari Netflix, YouTube dan juga Facebook.

 

3. Spek Jeroan terbaru
Samsung Galaxy Tab S4 dilengkapi dengan spesifikasi jeroan terbaru yang juga digunakan di flagship Galaxy S9 dan S9+. Menjalankan Android 8.1 didukung chipset Qualcomm Snapdragon 835, dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 25GB, yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD.

Meski spesifikasi chipset dan memori agak tertingaal dibanding jeroan Apple iPad Pro namun secara performa sudah lebih dari memuaskan.

 

4. Pemindai Iris
Tab S4 adalah tablet pertama yang datang dengan pemindai Iris, yang menggantikan pembaca sidik jari pada pendahulunya Tab S3.

Pemindai mata ini diposisikan di dekat kamera selfie, yang artinya ada di sisi kiri saat pengguna memegang tablet dalam orientasi lanskap.

Karena itu disarankan untuk menggunakan sensor iris ini dengan layar dalam posisi potrait sebab bila dalam posisi lanskap akan berisiko sensor tertutup oleh telapak tangan. Tak masalah jika tablet diletakkan di atas meja dalam posisi dock menggunakan Book Cover Keyboard.

 

5. S Pen terbaru yang ergonomis
Ergonomi S Pen yang dibawa Galaxy Tab S4 ini cukup bagus dan itu semua karena ukurannya sehingga terasa seperti pena biasa.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4

Namun tidak seperti stylus Galaxy Note, S Pen ini tidak dapat masuk ke tablet, jadi pengguna harus membawanya secara terpisah. Ada “tutup pena” yang melekat pada keyboard, yang tentu saja akan mengurangi kemungkinan pengguna kehilangan stylus.

Fitur PENUP hadir untuk memanfaatkan kemampuan artistik S Pen. Pengguna tidak perlu menjadi seorang seniman untuk bisa menggambar.

 

6. Mendukung Dock DeX
Galaxy Tab S4 adalah tablet 2 in 1 antara mode tablet dan mode PC. Saat keyboard terpasang maka otomatis tablet ini beralih ke mode PC.

Galaxy Tab S4 10.5 dapat beroperasi sebagai tablet Android biasa, tetapi saat dihubungkan ke dock DeX atau Book Cover keyboard maka akan langsung terbuka mode DeX.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4

Saat itu fitur-fitur stylus pen bisa digunakan secara maksimal. Saat pengguna menyambungkan ke pengaturan desktop DeX dengan monitor, keyboard, dan mouse yang terpasang maka perbedaan antara tablet dan komputer semakin lebur.

Berkat fitur dual monitor pengguna dapat menampilkan aplikasi tertentu di layar tablet misalnya jendela chat atau aplikasi yang berfungsi lebih baik dengan sentuhan sementara lainnya di monitor misalnya aplikasi produktivitas yang membutuhkan tampilan besar.

Dalam mode DeX pengguna pun dapat menggunakan tablet dan stylus sebagai sarana membuat sketsa digital. Atau, layar sentuh tablet dapat berfungsi sebagai satu track pad besar.

 

7. Dukungan keyboard fisik
Galaxy Tab S4 memiliki kelengkapan pendukung berupa Book Cover Keyboard. Ini adalah papan ketik yang juga menyatu sebagai cover bagi tablet.

 

Keyboard-nya sendiri tidak menambah banyak cara dalam menavigasi antarmuka di layar.

Namun ada tombol yang akan langsung membuka laci aplikasi dalam mode pencarian, sehingga meluncurkan aplikasi baru cukup dengan beberapa kali menekan tombol.

Kemudian menekan tombol Alt + Tab berfungsi untuk berpindah antar aplikasi.

Tak ada tombol Escape sehingga pengguna bisa menggunakan tombol Backspace. Keyboard fungsi utamanya memang untuk mengetik karena itu Tab S4 ini sudah pre loaded aplikasi Microsoft Word dan Excel.

Mengetik dokumen dan menavigasi sel dengan tombol panah tentu lebih nyaman daripada melakukannya di layar sentuh.

 

8. Baterai berdaya jumbo
Tablet ini memiliki baterai 7.300 mAh, yang diklaim Samsung mencukupi untuk memutar video tanpa jeda selama 16 jam. Pengguna akan mendapatkan perangkat Pengisi Daya Cepat dengan daya 15W menggunakan port USB-C.

Pengguna pun bisa melakukan charging menggunakan pin pogo dengan daya 10W berkecepatan setara USB 2.0.


Harga Samsung Galaxy Tab S4

Mengusung segala keunggulan dan kelengkapan perangkat pendukung, harga Samsung Galaxy Tab S4 sudah pasti cukup menguras kantong.

Ada tiga versi tersedia untuk tablet ini yaitu varian ROM 64 GB dan WiFi dibanderol 650 Dollar atau kurang-lebih Rp.9,4 juta; varian ROM 64 GB dan LTE dibanerol 760 euro atau kira-kira Rp.12,8 juta; dan terakhir adalah varian ROM 256 GB dengan WiFi dipatok pada harga 750 Dollar atau kurang-lebih Rp 10,8 juta.

Untuk warna yang tersedia hanya ada dua yaitu hitam dan putih. Mulai dibuka sesi pre order pada 24 Agustus mendatang di beberapa pasar.

(Visited 3,219 times, 14 visits today)

About Author: Nuraida Irawan

Gravatar Image
Penulis di Bursahpsamsung.com yang menulis tentang Review Ponsel Samsung Galaxy Harga dan Spesifikasinya