10 Tips dan Trik Samsung Galaxy Note 9 Wajib Tau!

Tips dan Trik Samsung Galaxy Note 9 – Flagship terbaru Samsung, Galaxy Note 9 baru saja memulai debutnya. Perangkat paling premium milik Samsung ini datang dengan berbagai fitur canggih yang membuat decak kagum.

Namun jangan tertipu saat pertama kali menggunakannya, sebab meski terlihat sangat mirip dengan pendahulunya, Galaxy Note 9 menawarkan hardware, software, dan fitur baru yang berbeda.

Selain baterai kapasitas jumbo yang dapat di-cas dengan cepat, Samsung Galaxy Note 9 pun menggabungkan pengalaman desktop DeX dengan stylus Bluetooth yang bisa berfungsi sebagai remote control.

Dengan kata lain, ada banyak hal yang perlu dipelajari dari Note 9 ini hingga benar-benar bisa memanfaatkan semua fitur dan kemampuannya. Cek tips-tips memaksimalkan kemampuan Samsung Galaxy Note 9 berikut ini :

Galaxy Note 9 Tips dan Trik

1. Fitur keamanan

Galaxy Note 9

Ketika menyalakan perangkat untuk pertama kalinya, sajian layar akan otomatis memandu pengguna melalui pengaturan.

Ini dimulai dengan Protect Your Phone, di mana pengguna dapat memilih apakah akan membuka kunci ponsel dengan PIN numerik, pola, sidik jari, face unlock, pola iris atau kombinasi face unlock dan iris.

Pengguna tinggal memilih metode mana yang ingin digunakan untuk membuka Kunci Layar. Setelah memilih, ketuk Next sehingga pengguna akan diminta mengatur tipe pengunci layar (pola, PIN atau kata sandi) sebelum menggunakan face unlock, sidik jari atau iris. Pengguna pun dapat mengatur supaya PIN diketikkan sebelum Note 9 dibuka.

Galaxy Note 9

2. Sinkronisasi perangkat dengan S Pen

Salah satu perubahan terbesar yang diperkenalkan Note 9 adalah fitur S Pen terbaru. Bukan hanya untuk menulis catatan atau membuat sketsa, S Pen kini pun terhubung ke perangkat melalui Bluetooth, dengan jangkauan kira-kira 30 kaki (9 meter).

Pengguna dapat menggunakan tombol S Pen di tengah sebagai pengendali jarak jauh untuk apa pun mulai dari memainkan atau menjeda video Youtube hingga memotret gambar dengan kamera.

Tetapi pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu Pengaturan, lalu ketuk Advanced Features, kemudian ketuk S Pen.

Galaxy Note 9

Di layar berikutnya, pilih S Pen Remote dan geser sakelar On / Off ke kanan untuk menyalakan perangkat lunak S Pen Remote. Ketika perangkat dan stylus terhubung maka lingkaran biru akan terlihat di halaman S Pen Remote.

3. Mengaktifkan wireless fast charging

Baterai Galaxy Note 9 berkapasitas 4.000 mAh dapat diisi dengan kabel USB C tradisional atau dengan pengisi daya nirkabel Qi.

Jika pengguna memiliki charger nirkabel berdaya tinggi, proses pengisian ini bisa dipercepat hingga 40 persen. (Perangkat mungkin perlu menggunakan kipas pendingin untuk membuang panas berlebih yang dihasilkan.

Galaxy Note 9

Caranya, masuk ke menu Pengaturan lalu ketulk Advanced Feature. Masuk ke menu Accessories di mana pengguna dapat menggeser tombol On / Off untuk mengaktifkan Fast Wireless Charging.

4. Konfigurasi NFC

Bagian belakang Galaxy Note 9 memiliki chip NFC di balik kesingnya. NFC berfungsi untuk memindahkan data secara nirkabel dengan menempatkannya di dekat perangkat dengan fitur yang sama.

Salah satu kegunaannya adalah untuk mencetak dan membayar barang yang dibeli. Untuk menyiapkannya, buka Connections di menu Pengaturan dan buka NFC.

Galaxy Note 9

Lalu ketuk Payment. Geser tombol On/Off ke kanan untuk menyalakannya. Selanjutnya, buka layar Tap and Pay untuk memanfaatkan metode pembayaran lewat Android Pay atau Samsung Pay.

5. Konfigurasi Mobile Wallet

Jika ingin menggunakan Note 9 untuk membayar berbagai hal, pengguna harus mendaftarkan kartu kredit yang dimilikinya.

Proses memasukkan informasi pembayaran belum berubah dibanding flagship Samsung terbaru lainnya. Samsung Pay tersedia di berbagai toko yang terus bertambah dan memungkinkan pembayaran instan dengan cepat melebihi cara kuno dengan menggesek kartu kredit.

Galaxy Note 9

Caranya, buka Tap and Pay, di sana pengaturan default adalah untuk Google Pay. Pilih Samsung Pay jika cara pembayaran ini yang akan dipilih.

6. Memilih mode layar

Layar AMOLED 6.4-inci yang digunakan di Note 9 adalah salah satu yang paling cerah dan tajam serta bisa disetel. Kuncinya adalah Screen Mode yang akan menyempurnakan tampilan layar sesuai keinginan pengguna.

Caranya, masuk ke menu Pengaturan lalu ketuk Display. Gulir ke bawah untuk menemukan menu Screen Mode. Screen Mode memiliki beberapa opsi : AMOLED Cinema, AMOLED Photo, dan Adaptive Display.

Galaxy Note 9

Untuk opsi yang terakhir akan secara otomatis mengubah pengaturan layar berdasarkan apa yang sedang ditampilkan. Memilih Adaptive Display memungkinkan pengguna menyesuaikan temperatur warna layar dengan menggeser slider. Pengguna pun dapat menyesuaikan per warna seperti merah, hijau atau biru dengan mengetuk tombol Advanced.

7. AON untuk memo

Always on Display untuk memo adalah salah satu fitur menarik dari Note 9. Untuk dapat menulis memo di layar kapan saja bahkan saat layar Note 9 terkunci harus dilakukan pengaturan terlebih dulu.

Sehingga ketika pengguna mengeluarkan S Pen dari slotnya maka akan langsung disajikan layar kosong yang siap digunakan untuk mencoret-coret atau membuat catatan.

Galaxy Note 9

Caranya, masuk ke Pengaturan kemudian ketuk Advanced. Di menu S Pen, ketuk pada Removal yang akan menampilkan kotak dialog dengan tiga pilihan : Open Air Command, Create Note atau Do Nothing.

8. Mengaktifkan Edge Panel Note 9

Banyak pengguna yang suka dengan layar Infinity Note 9 yang melengkung sekaligus memiliki fungsi praktis. Pengguna bisa menempatkan sekelompok aplikasi ke layar utama cuma dengan menggesekkan jari dari tepi kanan ke tengah.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cari strip vertikal putih pendek di tepi kanan layar. Seret ke tengah layar sehingga pengguna akan melihat penjelasan fitur Edge Panel dalam dua tampilan layar.

Galaxy Note 9

Setelah menggesek untuk membuka halaman berikutnya, ketuk Start sehingga pengguna akan melihat dua kolom aplikasi yang mungkin akan sering digunakan.

9. Menggunakan Apps Pair

Saat berada di halaman Edge Panel, pengguna dapat memasangkan dua aplikasi untuk ditampilkan dalam tampilan layar terpisah.

Misalnya menampilkan aplikasi Gmail dan Gallery sehingga akan menyederhanakan proses pengambilan dan pengiriman foto.

Galaxy Note 9

Caranya, masuk ke Edge Panel Edit kemudian ketuk ikon + di bawah Apps Pair dan pilih dua aplikasi yang hendak dipasangkan dan akhiri dengan ketuk Done. Ketika akan menggunakannya, cukup seret menu Edge Panel dari sisi kanan dan ketuk ikon Apps Pair di bagian bawah.

10. Memulai Bixby

Bixby adalah fitur asisten virtual yang dipersembahkan Samsung kepada para pengguna setianya. Fitur ini menggunakan teknologi artificial intelligence berbasis cloud sehingga membutuhkan banyak latihan.

Ada baiknya pengguna mengaktifkan fitur Bixby dari awal. Caranya, tekan tombol Bixby di bagian kiri ponsel. Setelah menyetujui lisensi Samsung, saatnya untuk melatih Bixby mengenali suara pengguna.

Galaxy Note 9

Pegang ponsel dengan jarak sekitar 30 cm dari wajah dan ucapkan “Hai Bixby” Pengguna harus terus mengulanginya hingga layanan dapat mengenali nuansa suara pengguna. Butuh beberapa kali sehingga Bixby Voice mengenalinya. Bixby akan menampilkan slide yang berisi hal-hal yang dapat dilakukan pengguna.

(Visited 860 times, 4 visits today)