Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, Duo Flagship dengan Upgrade Fitur Kamera

by

Sejak peluncuran Galaxy S6, Samsung konsisten merilis dua seri flagship dalam waktu bersamaan. Termasuk di tahun 2018 ini, di mana Samsung meluncurkan dua seri flagship sekaligus bernama Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Masuk dalam salah satu daftar pencarian produk terlaris di situs Priceza, kedua smartphone ini sama-sama tawarkan upgrade jika dibandingkan dengan generasi lamanya yakni Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Apakah kamu tertarik untuk membeli Galaxy S9 atau Galaxy S9 Plus? Sebelum membelinya, mari kita simak dulu ulasan singkatnya di bawah ini:

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus
Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Desain Minimalis dengan Kesan Mewah

Sama seperti Galaxy S8 dan S8 Plus, kedua flagship terbaru Samsung ini mengusung konsep “Infinity Display”.

Melalui desain bagian depan yang dibuat melengkung, Samsung menggunakan material kaca tangguh dari Gorilla Glass 5 pada bodi depan dan belakang, termasuk frame alumunium yang memberikan kesan solid pada smartphone ini.

Menawarkan konsep minimalis yang tetap berkesan mewah, kedua flagship cukup nyaman digenggam dengan 83.6% screen-to-body ratio.

Soal variasi warna, kamu pun bisa menyesuaikannya menurut favorit kamu, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus menyediakan 6 opsi warna berbeda seperti Midnight Black, Coral Blue, Titanium Gray, Lilac Purple, Burgundy Red, dan Sunrise Gold.

Layar Besar Jaminan Kepuasan Visual

Semua Galaxy S series termasuk kedua smartphone ini masih mempertahankan teknologi panel Super AMOLED yang terkenal dengan kontras warna tajam, serta tingkat respon layar yang sangat baik untuk menunjang berbagai fungsi dan produktivitas.

Untuk Galaxy S9, layar yang tersedia memiliki ukuran 5,8 inch berasio 18.5:9 beresolusi 1440 x 2960 piksel dengan kerapatan layar mencapai 570 ppi.

Sementara itu, seri Galaxy S9 Plus mengusung layar lebih besar berukuran 6.2 inch yang memiliki rasio dan resolusi sama dengan kerapatan layar 529 ppi.

Dengan adanya dukungan layar besar, tentunya kamu akan dipuaskan saat menjalankan berbagai macam fungsi seperti menonton video atau gaming. Tak kalah penting, perubahan rasio layar pun membuat bodi Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus tetap compact sehingga nyaman genggam.

Hardware Canggih untuk Kepuasan Multitasking

Khusus untuk pasar Asia, kedua smartphone Samsung ini didukung chipset Exynos 9810 Octa dengan CPU Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) dan pengolah grafis Mali-G72 MP18.

Perbedaannya, Galaxy S9 hanya didukung RAM 4GB sedangkan varian Plus dilengkapi RAM 6GB yang tentunya sangat andal untuk digunakan multitasking.

Menyesuaikan penggunaan mesin kelas high-end tersebut, Samsung juga menyematkan sejumlah fitur penunjang seperti Game Mode yang akan memaksimalkan fungsi hardware untuk melibas aneka game kelas berat, termasuk fungsi split-screen yang memungkinkan kamu menikmati dua konten dalam satu waktu.

Untuk Galaxy S9, kamu bisa memilih opsi memori internal berkapasitas 64GB, 128GB, dan 256GB, sementara varian Galaxy S9 Plus hanya tersedia satu varian memori internal berkapasitas 128GB saja. Untuk ketahanannya, Galaxy S9 andalkan baterai berkapasitas 3.000 mAh sedangkan Galaxy S9 Plus mempunyai kapasitas baterai lebih besar berukuran 3500 mAh.

Kamera Berkualitas dengan Dual Aperture

Khusus untuk Galaxy S9 Plus, Samsung membenamkan dua buah lensa 12 MP, di mana salah satu lensanya berjenis telephoto dengan fungsi 2x zoom yang siap membantu kamu menangkap foto bokeh berkualitas a la kamera DSLR atau mirrorless.

Kendati demikian, Galaxy S9 tetap memiliki dukungan kamera berkualitas meskipun hanya dilengkapi single sensor, utamanya karena kedua seri sama-sama didukung dual aperture f/1.5 dan f/2.4 untuk menyesuaikan tingkat pencahayaan sesuai kondisi pemotretan, beserta fitur tambahan seperti dual pixel PDAF, OIS dan mode video 4K.

Tak kalah penting, kamera depan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga mempunyai kualitas yang sama baiknya. Kamera depan tersebut memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 yang turut terintegrasi dengan fitur AR Emoji dan Intelligent Scan yang memungkinkan kamu membuka kunci smartphone menggunakan wajah.

Untuk kamu yang menginginkan smartphone flagship dengan dukungan kamera canggih, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus merupakan opsi terbaik untuk dipilih. Galaxy S9 dijual dengan banderol mulai Rp9 jutaan sedangkan Galaxy S9 Plus dijual mulai Rp11 jutaan

(Visited 254 times, 1 visits today)

About Author: Nuraida Irawan

Gravatar Image
Penulis di Bursahpsamsung.com yang menulis tentang Review Ponsel Samsung Galaxy Harga dan Spesifikasinya