Jadwal Update Android Oreo untuk Galaxy J 2017 Series

Bursahpsamsung.com – Sebagai pemimpin pasar produsen ponsel Android, Samsung tak hanya menjual produk namun juga memberikan layanan after sales yang prima. Vendor teknologi raksasa asal negeri Gingseng ini secara konsisten menyediakan update atau pembaharuan sistem operasi Android terbaru ke berbagai perangkat Galaxy dalam waktu yang tak lama setelah peluncuran perdana.

Termasuk yang kebagian update Android 8.0 Oreo yaitu seri Galaxy J 2017 yang terdiri dari Galaxy J3, Galaxy J5, dan Galaxy J7 yang masih mengusung Android 7.0 Nougat.

Akan tetapi untuk para pengguna Galaxy J3 2017, Galaxy J5 Pro dan Galaxy J7 Pro mungkin harus agak sabar menunggu. Sebabnya pembaharuan Android Oreo tersebut baru dapat diperoleh di bulan September sebagaimana informasi yang diposting di situs resmi Samsung Turki.

[artikel number=3 tag=”berita-samsung” ]

update Android Oreo di Hp Samsung

Bocoran update Android Oreo di Hp Samsung

 

Pihak vendor sendiri telah beberapa kali menguji update Android Oreo dalam bentuk beta. Menurut portal berita Phone Arena, tadinya pembaharuan lewat saluran OTA (Over The Air) dijadwalkan 13 Juli 2018 atau beberapa hari ke depan.

Namun nyatanya diundur hingga 28 September. Masih ada beberapa seri Galaxy J yang belum menerima update sistem operasi terutama untuk keluaran sebelum 2017.

Perlu diketahui bahwa Galaxy J5 Pro dan Galaxy J7 Pro untuk pasar di luar Turki dijual dengan nama Galaxy J5 (2017) dan Galaxy J7 (2017).

Samsung belum memberikan pernyataan resmi terkait penundaan tersebut. Dari kebiasaan yang sudah-sudah, Turki adalah salah satu negara yang paling akhir memperoleh update baik sistem operasi maupun update keamanan.

Boleh jadi jika update Android Oreo untuk Turki dilakukan September maka untuk beberapa wilayah lain akan memperoleh jadwal update lebih cepat, bisa di bulan Juli ini atau Agustus mendatang.

Untuk seri Galaxy A 2017, misalnya, dari jadwal untuk Turki direncanakan akan diberikan pada tanggal 10 Agustus meskipun update ini untuk beberapa wilayah lain sudah tersedia.

Android Oreo sendiri akan genap berusia satu tahun pada 21 Agustus mendatang dan versi final dari Android P pun diharapkan akan diluncurkan dalam waktu yang bersamaan. Android Oreo sendiri memiliki beberapa pembaharuan dari platform Android sebelumnya.

Beberapa update itu adalah : waktu boot yang lebih cepat, mode Picture in Picture, , membatasi aplikasi berjalan di latar belakang, adaptive icon dan masih banyak lagi.

1. Mode Picture in Picture (PiP)
Mode split-window yang mulai diperkenalkan di Android Nougat ini sangat bermanfaat untuk multitasking berbagai aplikasi meski tidak semua.

Update PiP ini seperti mengecilkan feed video YouTube atau panggilan video di Hangouts atau Duo ke sudut layar sehingga pengguna dapat melanjutkan tugas-tugas lain secara bersamaan.

2. Waktu booting lebih cepat
Waktu booting yang cepat biasanya dikaitkan dengan peningkatan performa perangkat keras, tetapi Android Oreo menawarkannya ke semua tipe ponsel yang menjalankannya.

Meskipun saat ini kelebihan tersebut masih terbatas pada lineup ponsel Pixel buatan Google. Meskipun kelebihan ini mungkin minor bagi sebagian pengguna namun ketika reboot cepat diperlukan maka tak akan ada lagi perasaan jengkel menunggu layar ponsel terbuka.

3. Aktivitas latar belakang yang dibatasi
Ini adalah fitur hemat daya dengan cara membatasi fungsi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan fungsi ini maka pada gilirannya akan membuat baterai bisa bertahan lebih lama daripada ketika menjalankan Android Nougat.

Dipasangkan dengan fitur Doze yang secara cerdas menghemat baterai ketika layar ponsel dalam kondisi tidur. Dipastikan dengan Android Oreo ini pengguna akan memiliki tambahan masa hidup baterai beberapa jam lagi.

No more articles