Bug di Ponsel Samsung, Tiba-tiba Mengirim Foto Ke Kontak Tanpa Jejak

Bursahpsamsung.com – Beberapa pengguna ponsel Samsung mengeluhkan jika perangkat yang mereka gunakan tiba-tiba mengirimkan foto ataupun pesan ke kontak secara acak.

Sebab-musababnya diduga bug tersebut berasal dari aplikasi Samsung Messages yang terpasang di Galaxy S8 maupun Galaxy S9.

Aplikasi perpesanan default tadi tanpa ada perintah langsung saja mengirim foto yang tersimpan di galeri ke kontak acak lewat jalur SMS yang itu terjadi tengah malam.

Yang juga mengherankan, aplikasi Samsung Messages ini tanpa meninggalkan jejak sedikitpun begitu mengirimkan gambar atau pesan. Artinya pengguna tak menyadari foto mana dan ke kontak siapa pesan tersebut dikirimkan.

ponsel Samsung

Ponsel Samsung

Kejadian tersebut sudah pasti akan membuat risaupengguna, sebab bisa saja foto atau pesan tadi terkirim ke kolega bisnis, atasan, atau yang lain.

Kejadian tersebut belum lama ini terjadi pada satu pemilik akun Reddit (Sfkn123) sebagaimana dikutip dari situs The Guardian. Pemilik akun tersebut yang seorang pria mengatakan jika pada jam 02.30 pagi, ponsel Galaxy S9+ milik teman dekatnya berulah dengan mengirimkan seluruh isi galeri foto lewat pesan namun tak terekam di aplikasi perpesanan.

Bisa diketahui dari catatan di log T-Mobile (operator seluler yang digunakan si pemilik akun). Ponsel miliknya sendiri pun melakukan hal yang sama malam sebelumnya. Ia menduga jika hal itu ada kaitannya dengan aplikasi SMS Samsung yang di-update dari Galaxy Store.

Bug kesalahan tersebut menurut analisa beberapa pengguna diakibatkan oleh komunikasi antara Samsung Messages dengan pembaruan profil rich communication services (RCS) dengan provider seluler T-Mobile.

RCS ini disematkan dengan tujuan menambahkan berbagai fitur baru misalnya pengalaman yang lebih baik saat berbagi konten visual, indikator pengetikan, maupun interface keseluruhan. Namun pihak T-Mobile segera membantahnya.

Samsung dengan kejadian tersebut segera melakukan investigasi dan akan secepatnya mengatasi masalah tersebut. Para pengguna dengan masalah yang sama diminta untuk menghubungi pihak Samsung.

Untuk para pengguna Samsung yang was-was jika perangkat mereka mengalami kejadian yang sama maka tersedia dua solusi yang bisa dilakukan.

Pertama yaitu dengan mengakses menu pengaturan aplikasi kemudian nonaktifkan fitur untuk mengakses penyimpanan dari Samsung Messages.

Langkah tersebut diharapkan bisa menghindarkan aplikasi Samsung Messages mengirim foto atau konten lain yang tersimpan di penyimpanan ponsel.

Atau solusi kedua yaitu tak menggunakan aplikasi Samsung Messages namun beralih ke Android Messages atau aplikasi WhatsApp. Kedua langkah sementara tersebut bisa dilakukan hingga pihak Samsung menyediakan solusi secara permanen.

No more articles