8 Cara Ampuh Tingkatkan Performa Hp Samsung Anda

Cara Ampuh Tingkatkan Performa Hp Samsung Anda – Smartphone adalah kebutuhan tak tergantikan untuk kebanyakan orang saat menyelesaikan aktifitas keseharian. Berbagai aplikasi keren menjadi pilihan para pengguna smartphone berkesibukan.

Akan tetapi berbagai aplikasi tadi pun memiliki sisi jeleknya yaitu akan menjadikan memori perangkat cepat penuh yang akibatnya performa gawai menjadi lelet.

Kelewat banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan menjadi biang keladi ponsel yang melambat termasuk di sini Samsung Galaxy.

Cara Ampuh Tingkatkan Performa Hp Samsung

Mengatasi Hp Samsung Yang Lemot/Lambat

Apabila masalah tersebut tak segera diselesaikan maka resikonya adalah masa pakai yang lebih pendek. Untuk anda dan siapa saja para pengguna ponsel Samsung Galaxy, berikut sejumlah tips mudah sebagai solusi mengatasi perangkat yang berkinerja lambat :

1. Copot aplikasi tak penting

Pemasangan berbagai aplikasi yang begitu banyak adalah salah satu pemicu smartphone yang lemot. Makin banyak aplikasi terpasang maka akan mengakibatkan penyimpanan internal maupun RAM cepat penuh tanpa pengguna menyadarinya.

Karena itu tentukan aplikasi mana saja yang dianggap penting untuk menunjang aktifitas. Selebihnya copot yang tak dibutuhkan.

2. Bloatware harus di-nonaktifkan

Berbagai aplikasi bawaan pabrik atau bloatware tak bisa dicopot bila perangkat belum di-root. Oleh karena itu pengguna bisa menonaktifkan aplikasi tersebut untuk menghindari terpakainya space RAM di latar belakang.

Mudah saja, akses ke menu pengaturan kemudian masuk ke kelola aplikasi selanjutnya tentukan aplikasi bawaan pabrik yang hendak dinonaktifkan.

3. Bersihkan widget tak digunakan di Apps Drawer

Terlampau banyak widget pun akan mengakibatkan gawai lelet. Hal yang bisa dilakukan yaitu mengaktifkan wallpaper saja tanpa tambahan ikon widget.

Gambar wallpaper pun pilih yang memiliki warna gelap. Langkah ini sedikit banyak bisa mendukung performa smartphone yang meningkat.

4. Nonaktifkan sambungan internet kala tak dipakai

Sambungan internet di smartphone sebenarnya akan menguras daya baterai dengan cepat dan sekaligus juga menghambat unjuk kerja komputasi. Langkah terbaik adalah menonaktifkan koneksi data perangkat saat tak digunakan dalam waktu lama.

5. Hindari mengaktifkan animasi

Mengaktifkan gambar animasi di smartphone tentu saja menarik, akan tetapi fitur ini ternyata memakan ruang RAM yang sudah terbatas. Gambar animasi bisa dimatikan dengan masuk ke menu setting layar.

6. Pasang Aplikasi Booster

Tidak sedikit nada miring yang menyebutkan jika memasang aplikasi booster pihak ketiga justru akan menghambat performa perangkat.

Akan tetapi hal tersebut tak seluruhnya harus dipercayai. Di toko aplikasi Play Store milik Google sudah tersedia berbagai aplikasi booster misalnya Clean Master yang sangat populer.

Clean Master menawarkan berbagai fitur yang akan melakukan optimalisasi kemampuan smartphone. Di samping Clean Master, aplikasi DU Speed Booster, CCleaner dan sejenisnya pun bisa dipilih.

7. Nonaktifkan Auto-sync

Banyak para pengguna perangkat Samsung Galaxy yang menggunakan beberapa akun berbeda saat melakukan sinkronisasi beberapa aplikasi.

Tak disadari jika fitur sinkronisasi akan mengkonsumsi kapasitas kosong RAM sekaligus juga daya baterai. Karena itu coba buka menu pengaturan lalu temukan opsi Auto-Sync (normalnya ada sesudah opsi akun.

Memang tidak seluruh aplikasi dengan fitur auto-sync dapat dinonaktifkan dari menu pengaturan. Misalnya saja akun Facebook yang mesti dinonaktifkan dari menu pengaturan di aplikasinya sendiri.

8. Factory Reset

Langkah ini adalah senjata terakhir bilamana perangkat Samsung Galaxy terjadi lag. Dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik maka akan mengembalikan smartphone ke pengaturan sebagaimana baru dibeli.

Namun, hal tersebut tak berarti akan menjadikan kinerja perangkat melesat. Setidaknya kinerja yang dihasilkan akan sedikit lebih baik dibanding sebelumnya.

error: Content is protected !!