Samsung J7 Duo, Adiknya Samsung J7 Plus Berharga Murah

Samsung J7 Duo – Keluarga Galaxy J terus mendapat anggota baru. Setelah diluncurkan Galaxy J7 (2018) dan Galaxy J7 Plus, langsung menyusul Galaxy J7 Duo.

Samsung J7 Duo sebenarnya membawa beberapa fitur yang serupa dengan kedua saudaranya seperti kamera ganda di belakang.

Namun karena diposisikan sebagai versi murah dari J7 Plus maka beberapa spesifikasi dan fitur pun ada yang diturunkan atau dihilangkan. Harga Galaxy J7 Duo pun terpaut jauh dengan J7 Plus.

Samsug J7 Duo

Penampilan Samsug J7 Duo Saat Dirilis

 

1. Tampilan

Handset ini mengadopsi dimensi standar sebagaimana kebanyakan ponsel masa kini. Layarnya memiliki bentang 5,5 inch yang masih memungkinkan menggunakannya dengan satu tangan saja.

Sebagaimana smartphone buatan Samsung kebanyakan, dijumpai tombol fisik Home di sebelah bawah layar. Tombol Home tersebut pun sekaligus memiliki fungsi sebagai sensor sidik jari.

Dilengkapi pula dengan sepasang tombol capacitive (soft button) di sebelah kanan dan kiri Home.

 

2. Display

Karena harganya yang cukup murah, kekurangan tentu saja ada termasuk di bagian layar. Kelebihan layar Super AMOLED yang sangat bagus ketika mereproduksi warna ternyata tak disokong aspek rasio layar yang sedang menjadi tren.

Layar Galaxy J7 Duo tetap membawa aspek rasio tradisional 16:9 dan bukannya 18:9 yang sedang menjadi standar baru tampilan layar.

Di samping itu resolusi layar juga tak mencapai Full HD namun hanya sebatas HD. Kendati demikian secara umum spek layar sudah mencukupi saat digunakan memutar video.

 

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo Lengkap

 

3. Kamera

Kendati gawai terbaru ini lebih menyasar konsumen yang sensitif dengan harga namun nyatanya fitur kamera cukuplah mumpuni.

Ini terlihat dari spesifikasi sensor ganda untuk kamera utama. Galaxy J7 Duo adalah perangkat pertama dari keluarga Galaxy J yang membawa spesifikasi tersebut.

Kamera ganda yang dibawa memiliki resolusi 13 MP dan 5 MP. Sedangkan untuk kamera depan, pihak vendor membenamkan kamera dengan kekuatan 8 MP. Yang mengesankannya lagi baik kamera depan maupun belakang menawarkan aperture lensa tinggi yaitu f/1.9.

Bila digunakan untuk pengambilan gambar standar maka bukaan lensa yang tinggi akan bisa menghasilkan gambar yang cukup cerah dengan latar belakang yang dalam.

Pengguna malah dapat pula menentukan sendiri efek blur (bokeh) untuk hasil foto selfie menggunakan kamera depan. Adapun untuk keadaan terbatas cahaya maka aperture lensa yang lebar akan bisa menampung cahaya yang lebih banyak untuk hasil foto yang cerah tanpa hiasan bintik-bintik (noise).

Kelebihan lain kamera depan perangkat ini juga tersedianya fitur Augmented Reality (AR) sticker. Dengan fitur tersebut maka pengguna mampu melengkapi foto yang dihasilkan dengan berbagai macam gambar stiker lucu.

 

4. Jeroan

Asisten virtual Bixby adalah salag satu fitur yang hilang dari perangkat ini untuk menekan harga. Untuk spesifikasi otak pemrosesan Galaxy J7 Duo, pihak vendor telah membenamkan chipset produksi sendiri yaitu seri Exynos 7 yang terpasang processor delapan inti dengan kecepatan 1,6 Ghz.

Otak pemrosesan tersebut pun disandingkan dengan 3 GB RAM ditambah memori internal 32 GB serta OS Android 8.0 Oreo untuk menjalankannya.

Sementara untuk baterai kapasitasnya sebesar 3.000 mAh. Penutup belakang Galaxy J7 Duo bisa dibuka untuk mencopot baterai dari tempatnya.


5. Banderol Harga

Bila Samsung Galaxy J7 Pro dijual pada harga Rp.5 juta pada saat peluncurannya akhir tahun lalu maka sebagai versi murah harga Samsung Galaxy J7 Duo hanya dibanderol Rp.3,7 juta.

Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan tiga opsi warna meliputi warna hitam, biru dan emas.

error: Content is protected !!