Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Tahan Air Ga?

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Tahan Air Ga – Sudah sejak beberapa tahun lalu Samsung menerapkan beberapa standar terbaru untuk perangkat flagship mereka. Salah satunya adalah kemampuan tahan air dan debu dengan mengantongi sertifikasi IP68.

Flagship terbaru Galaxy S9 dan S9+ pun membawa kemampuan ini. Itu artinya pengguna tak perlu ragu ketika menggunakannya sembari berbasah-basah karena hujan.

IP68 (International Protection) adalah rating yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Angka 6 sebagai digit pertama menggambarkan peringkat untuk ketahanannya terhadap debu, dan juga kotoran serta pasir tanpa adanya cover tambahan.

Fitur Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Tahan Air

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Tahan Air

Misalnya, Samsung Galaxy S9 memperoleh peringkat 6 untuk ìNo ingress of dust; atau tidak ada debu yang berarti memberikan perlindungan lengkap terhadap kontak debu ketat setelah tes 8 jam. Kemudian angka kedua adalah sertifikasi untuk ketahanannya terhadap air.

Rating ini adalah bagian yang penting. Misalnya Samsung Galaxy S9 menerima rating 8 untuk ketahanannya terhadap penetrasi air, yang berarti dapat tetap berfungsi normal meski berada di dalam air selama 30 menit pada kedalaman hingga 1,5 m.


Meski mengantongi rating IP68 namun bisa saja Galaxy S9 atau Galaxy S9+ bisa saja tak berfungsi ketika mengalami perlakuan ekstrem. Touch screen ataupun beberapa fitur bisa saja tak berfungsi dengan semestinya saat perangkat dioperasikan di dalam air.

Karena itu bagi para pemilik sebaiknya menyimak cara merawat Galaxy S9 dan Galaxy S9+ berikut ini :

1. Dilarang merendam unit S9/S9+ dengan kedalaman air melebihi 1,5 meter. Termasuk di sini merendam di kedalaman air kurang dari 1,5 m namun melebihi 30 menit.

2. Dilarang menempatkan unit S9/S9+ di air yang mengalir deras misalnya pancaran air keran, air terjun dan juga gelombang laut.

3. Saat unit S9/S9+ dalam kondisi basah maka cepat dikeringkan dengan lap lembut bersih. Kemudian apabila unit terciprat air asin atau air ion maka cepat siram menggunakan air tawar yang tak mengalir, lalu gunakan lap bersih lembut untuk mengeringkannya.

Saat mengeringkan unit jangan lupa menepuk bagian earpiece di atas layar, mikrofon utama, speaker eksternal di bagian belakang), serta bagian colokan USB. Setelah dilap, angin-anginkan sebentar sebelum digunakan.

4. Bila karena suatu hal unit terjatuh atau mengalami benturan maka bisa saja fungsi IP68 terganggu. Cek adanya retakan atau pecah setelah terjatuh atau benturan.

Baca juga informasi mengenai tips samsung lainnya disini https://www.bursahpsamsung.com/samsung-tips


(Visited 19 times, 1 visits today)