Cara Memformat Kartu MicroSD di Galaxy S8 atau S8+

Cara Memformat Kartu MicroSD di Galaxy S8 atau S8+ – Setelah sempat hilang di seri Galaxy S6, Samsung kembali menghadirkan slot kartu microSD untuk penerusnya.

Duo Flagship Galaxy S8 dan S8+ kini terpasang slot kartu microSD yang memungkinkan pengguna menentukan sendiri seberapa banyak kapasitas penyimpanan yang ingin mereka tambahkan.

Cara Memformat Kartu MicroSD di Galaxy S8 atau S8+

Cara Memformat Kartu MicroSD di Galaxy S8 atau S8+

Meskipun mungkin tak banyak pengguna yang akan membutuhkannya sebab kapasitas penyimpanan internal yang sudah besar mencapai 64 GB.

Pengguna dapat mengeluarkan kartu SD dari slot Galaxy S8 dengan leluasa tanpa khawatir itu akan mempengaruhi sistem, sebab pengguna hanya kehilangan file data yang tersimpan di kartu.

Pengguna dapat mengeluarkan kartu dari slotnya lalu menghubungkannya ke komputer untuk diisi dengan berbagai file yang di inginkan. Selanjutnya tinggal mengembalikan kartu MicroSD ke slotnya di Galaxy S8 untuk digunakan.

Salah satu kelemahan menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan yang dapat dicopot dibanding penyimpanan internal yaitu ada batasan pada file apa yang dapat dipindahkan.

Selama ini para pengguna menganggap kartu SD sebagai tempat untuk menyimpan data dalam jumlah besar, namun bukan aplikasi yang diakses secara teratur.

Pengguna bisa menyimpan foto, musik, video, atau dokumen ke kartu SD tanpa masalah. Hal ini akan bisa sedikit membuat lega memori internal yang akhirnya akan berpengaruh bagus para kinerja ponsel secara keseluruhan.


Namun pengguna tidak akan dapat memindahkan beberapa aplikasi atau game ke kartu SD karena file-file tersebut harus tetap berada di memori internal agar bisa dijalankan.

Mengeluarkan kartu SD dari slot Galaxy S8 itu artinya juga mengeluarkan kartu SIM. Ini karena kartu SD di Galaxy S8 berada di slot yang sama dengan kartu SIM.

Dengan begitu jika pengguna hendak mentransfer file dari komputer dengan mengeluarkan kartu dari slotnya di Galaxy S8 artinya layanan seluler pun akan terputus.

Selain menggunakan komputer, cara memformat kartu SD Galaxy S8/S8+ juga bisa dilakukan langsung di perangkatnya. Sudah tersedia fasilitas untuk membuat kosong isi kartu MicroSD.

Baca Juga: Cara Memindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke Kartu MicroSD di Samsung S9

Saat akan memformat kartu memori microSD di Galaxy S8 atau S8+ para pengguna jangan lupa untuk mengambil langkah backup atau pencadangan data.

Dan cara memformat kartu memori di Galaxy S8 atau Galaxy S8+ sebenarnya sangat simpel.

Dari layar utama sentuh ikon Apps > Pengaturan > Pemeliharaan Perangkat > Penyimpanan > Pengaturan lainnya > Pengaturan Penyimpanan > Kartu SD > Format.

Selesai, kini kartu memori MicroSD sudah dalam kondisi bersih dari data-data yang tersimpan di dalamnya.


(Visited 7 times, 1 visits today)