Cara Menggunakan Aplikasi Dual Messenger di Samsung Note 8 dengan OS Oreo

Cara Menggunakan Aplikasi Dual Messenger di Samsung Note 8 dengan OS Oreo –┬áBeberapa aplikasi perpesanan instan dan jejaring sosial, seperti Instagram, memungkinkan penggunanya menjalankan dua akun berbeda pada perangkat yang sama.

Lain dengan WhatsApp atau Snapchat yang lebih ketat dengan memberlakukan hanya satu akun untuk satu perangkat. Meski begitu ada beberapa solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut, salah satunya adalah fitur Secure Folder dari Samsung.

Secure Folder Samsung akan membuat semacam tempat aman di perangkat dimana data dan aplikasi benar-benar terpisah dari Folder reguler. Samsung pun memperkenalkan opsi untuk menggunakan dua akun dari berbagai aplikasi jejaring sosial dan perpesanan berupa aplikasi Dual Messenger yang mulai dikenalkan di Samsung Galaxy Note 8.

Cara Menggunakan Aplikasi Dual Messenger di Samsung Note 8 dengan OS Oreo

Dual Messenger Fitur Standar di OS Oreo

Dalam perkembangannya fitur Dual Messenger saat ini telah menjadi standar baru di semua perangkat yang menjalankan Android 8.0 Oreo. Aplikasi ini bekerja dengan mengkloning aplikasi perpesanan yang dipilih untuk digunakan akun yang lain.

Bagaimana cara kerja Dual Messenger? Pada dasarnya fitur ini memasang dua aplikasi yang sama pada satu perangkat melalui trik under-the-hood.

Hasilnya pengguna dapat masuk ke dua akun berbeda dari satu aplikasi yang sama (1 default dan 1 cloning). Pengguna dapat beralih di antara kedua akun sebagaimana yang dilakukan antara dua aplikasi yang berbeda.

Pada Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ fitur Dual Messenger ini bahkan dapat membatasi kontak yang dibagikan ke akun yang satunya. Namun, Dual Messenger tidak mendukung aplikasi yang sudah memiliki fitur multiple users.

Dengan Dual Messenger ini maka proses berpindah dari akun satu ke akun lain menjadi lebih cepat. Beberapa aplikasi yang berjalan dengan Dual Messenger meliputi Facebook Messenger, WhatsApp, Facebook, Snapchat, dan juga Hike.

Cara Menggunakan Aplikasi Dual Messenger di Samsung Note 8 dengan OS Oreo

Cara Menggunakan Aplikasi Dual Messenger di Samsung Note 8 dengan OS Oreo

Untuk mengakses Dual Messenger, buka aplikasi Settings di handset. Kemudian masuk ke menu Advanced features, dan ketuk pada Dual Messenger.

Untuk mengaktifkan fitur aplikasi tertentu, cukup gunakan toggle di sebelahnya. Setelah versi kloning aplikasi yang dipilih terpasang, pengguna sudah bisa menemukannya di App Drawer dengan ikon rantai di pojok kanan bawah.

Cara lainnya yaitu tekan lama ikon aplikasi perpesanan yang diinginkan. Ketuk “Instal Second App” dari menu untuk memasang aplikasi yang sama lagi. Aplikasi kedua akan ditandai dengan logo Dual Messenger untuk menghindari kebingungan pengguna.

(Visited 2,493 times, 20 visits today)