Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S9

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S9 – Flagship Samsung Galaxy S9 buatan Samsung saat ini sudah ada di tangan pemesan di beberapa wilayah. Beberapa fungsi mungkin saja sama dengan yang ada pada Galaxy S8.

Termasuk cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy S9, prosesnya tidak jauh berbeda. Mereka yang sebelumnya menggunakan Galaxy S8 mungkin sedikit bingung cara mengambil screenshot di Samsung S9 mengingat handset terbaru ini tidak memiliki tombol Home fisik sebagaimana yang dimiliki Samsung S8.

Kendati begitu ada beberapa cara lain untuk mengambil tangkapan layar di Galaxy S9 seperti dijelaskan berikut ini :

Cara Screenshoot di Samsung Galaxy S9

Cara Screenshoot di Samsung Galaxy S9

Metode 1: Kombinasi tombol Volume + Power

Buka apa pun yang ingin di-screenshot apakah itu aplikasi, game, halaman web, gambar, dan sebagainya. Cukup tekan dan tahan tombol power dan tombol volume bersamaan sampai suara rana kamera terdengar dan hasil gambar screenshot ditampilkan di layar.

Metode 2: Palm Swipe

Pengguna pun bisa mengambil screenshot di Samsung Galaxy S9 dengan menggunakan isyarat sederhana. Cukup gesek layar dengan tepi telapak tangan dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan.

Pengguna akan mendengar suara rana kamera dan hasilnya langsung ditampilkan di layar. Fitur ini sebelumnya harus diaktifkan terlebih dulu dengan masuk ke menu Settings > Advanced Settings (Pengaturan Lanjutan) > geser tombol toggle “Palm swipe to capture” ke posisi On.

Metode 3: Bixby

Ini mungkin cara paling sederhana untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Aktifkan Bixby dengan mengucapkan “Hai, Bixby” atau dengan tombol Bixby. Cukup perintahkan asisten virtual ini dengan mengatakan “Take a screenshot”.

Setelah mengambil tangkapan layar maka pilihan selanjutnya meliputi Draw, Crop and Share yang akan ditampilkan di bagian bawah layar.

Ada juga pilihan yang disebut “Scroll Capture”. Jika tidak melihat opsi tersebut setelah mengambil tangkapan layar, lakukan pengaturan terlebih dulu dengan masuk ke menu Settings ªAdvanced features dan aktifkan Smart Capture.

Scroll Capture adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan pengguna menangkap tangkapan layar lebih dari sekedar apa yang ada di layar dalam satu gambar. Fitur ini dapat digunakan untuk menangkap keseluruhan halaman web atau daftar panjang dari beberapa aplikasi.

Semua gambar screenshot yang dihasilkan akan tersimpan di folder Screenshots di tab Album galeri. Jika terlihat tab Pictures maka gambar-gambar tersebut akan ditampilkan bersama-sama dengan foto kamera. Pengguna pun dapat mengaksesnya menggunakan aplikasi File Manager dengan membuka penyimpanan internal kemudian masuk ke folder DCIM dimana folder Screenshots berada.

Leave a Reply

1 Shares
Share1
Tweet
+1