11 Hal yang Harus Dilakukan dengan Samsung Galaxy A8 2018 atau Galaxy A8+ 2018 Baru Anda

Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8+ (2018) adalah pilihan tepat untuk orang-orang yang gemar beraktifitas selfie sekaligus menikmati beberapa fitur yang dimiliki perangkat flagship.

Ada banyak hal bisa dilakukan dengan duo ponsel midrange terbaru persembahan Samsung ini mulai dari selfies yang cantik dengan mengaburkan latar belakang hingga melihat video YouTube di layar infinity 18: 5: 9 yang sangat imersif.

Bagi Anda yang baru saja membeli, berikut beberapa hal yang harus disiapkan dengan Galaxy A8 (2018) atau Galaxy A8+ (2018) :

1. Siapkan pengenalan wajah, daftarkan sidik jari

Dua hal yang harus disiapkan setelah menghidupkan perangkat untuk pertama kalinya yaitu menyiapkan sidik jari dan juga mengaktifkan pengenalan wajah. Sebagai dua fitur keamanan perangkat, sidik jari mungkin lebih baik namun pengenalan wajah lebih mudah untuk dilakukan. Anda tidak harus memilih salah satunya sebab bisa menggunakan keduanya sebagai akses membuka kunci ponsel.

Untuk memasang sidik jari, buka Setting, ketuk Lock screen and security kemudian sentuh Fingerprint Scanner. Pertama Anda harus menyiapkan pola, PIN, atau kata kunci sebagai alternatif bila sensor sidik jari tidak berfungsi (atau saat Anda tidak dapat mengangkat telepon untuk menggunakan pemindai sidik jari belakang). Kemudian, cukup ikuti petunjuk untuk mendaftarkan sidik jari Anda, lalu pilih opsi Turn on saat ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan kunci sidik jari.

Samsung Galaxy A8 2018 atau Galaxy A8+ 2018

Cara Setting Fitur Fingerprint scanner di Samsung Galaxy A8 2018 atau Galaxy A8+ 2018

Itu belum selesai, Anda bisa menambahkan sidik jari yang sama ke sensor fingerprint terpisah. Hal tersebut akan membuat sensor lebih akurat, karena mendapat dua kali data sidik jari untuk jari yang sama. Untuk menambahkan sidik jari lain, Anda dapat menekan opsi Add fingerprint pada menu Fingerprint Scanner, lalu gunakan jari yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya. Pastinya Anda juga bisa menambahkan jari lain, seperti jari telunjuk di tangan kiri saat Anda tidak bisa mengangkat telepon dengan tangan kanan.

Sekarang, untuk pengenalan wajah, masuk ke Lock screen and Security di menu Setting kemudian ketuk opsi Face Recognition. Ikuti instruksi untuk mendaftarkan wajah Anda, tekan OK pada layar berikutnya untuk mengaktifkan pengenalan wajah, lalu pilih Aktifkan saat ditanya apakah Anda ingin membuka kunci perangkat dengan menggunakan Face Recognition.

Cara Setting Fitur Fingerprint scanner di Samsung Galaxy A8 2018 atau Galaxy A8+ 2018

Cara Setting Fitur Face Recognition di Samsung Galaxy A8 2018 atau Galaxy A8+ 2018

Jika mau, Anda dapat memilih opsi layar ponsel yang secara otomatis akan terbuka saat menekan tombol daya untuk mengaktifkan layar, atau opsi dengan melakukan swipe di layar. Perlu diingat bahwa sensor pengenalan wajah tidak terlalu aman, karena seseorang dapat menggunakan gambar atau video wajah Anda untuk mengakali fitur ini.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Galaxy A8 2018

2. Sign-in dengan akun Samsung Anda

Akun Samsung bisa berguna untuk membackup data dasar seperti log panggilan, pesan, alarm, kamus keyboard (dari aplikasi keyboard Samsung), pengaturan telepon, dan bahkan Saved Card dari Samsung Pay. Semua data tersebut dapat dipulihkan di perangkat Samsung lain. alat. Akun Samsung juga diperlukan untuk mengakses Theme Store. Jika Anda belum memiliki akun Samsung sebelumnya, Anda dapat melakukannya dengan mengetuk opsi Add account di menu Account ªCloud and Accountsª Accounts dan pilih Samsung Account. Ikuti petunjuk untuk membuat akun baru jika Anda belum memilikinya.

 Sign-in dengan akun Samsung Anda

Sign-in dengan akun Samsung Anda

Setelah masuk ke akun Samsung, nonaktifkan gallery sync to Samsung Cloud dengan masuk ke menu Cloud and Accountsª Samsung Cloud. Samsung Cloud menawarkan penyimpanan gratis 15GB untuk menyimpan koleksi foto di perangkat. Untuk mem-backup foto, gunakan Google Photo yang memungkinkan pengambilan gambar tanpa batas gratis hingga resolusi 16 megapiksel. Kualitas foto mungkin sedikit menurun namun tak terlalu mencolok mengingat penyimpanan yang ditawarkan Google tak terbatas. Jika Anda menggunakan kartu microSD, Anda dapat menyalin foto ke PC dengan menghubungkan telepon melalui kabel USB Type-C yang sudah disertakan dalam pembelian.

3. Aktifkan tombol App Drawer

Secara default untuk versi terbaru perangkat lunak Samsung yang disebut Samsung Experience, mengakses daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat dilakukan dengan menggesek ke atas atau ke bawah pada Homescreen. Jika Anda lebih suka tombol tradisional di dock Homescreen (ikon yang ada di paling bawah) untuk mengakses laci aplikasi (App Drawer), Anda dapat mengaktifkannya dari Homescreen di menu Display di Setting. Ketuk tombol Apps, kemudian pilih tombol Show Apps. Pilihan tersebut tak lalu akan menonaktifkan Swipe Gesture, Anda tetap dapat mengulir layar ke atas atau ke bawah untuk mengakses App Drawer selain menggunakan tombol.

Aktifkan tombol App Drawer

Aktifkan tombol App Drawer

Anda juga dapat menyapu layar ke bawah di Homescreen untuk membuka panel notifikasi. Mengaktifkan fitur Gesture dengan mengaktifkan Quick-open notification panel di Homescreen di Display Setting. Jika opsi tersebut diaktifkan, maka App Drawer hanya dapat diakses dengan menyapu Homescreen.

4. Siapkan Bixby Home jika menginginkan

Salah satu spesifikasi Galaxy A8 2018 dan A8+ 2018 adalah adanya Bixby Home meski tidak menyediakan tombol fisik khusus. Bixby Home adalah fitur yang dengan cerdas bisa memberikan rekomendasi berdasarkan pola pemakaian perangkat yang dilakukan pengguna. Misalnya saja anda sering membuka Facebook maka Bixby akan memberikan notifikasi Facebook.

Jika Bixby mendeteksi bahwa Anda tiba-tiba berhenti menggunakan ponsel hingga berjam-jam pada waktu tertentu, maka akan ada pengingat bahwa sudah waktunya untuk tidur. Informasi seperti agenda yang akan datang dan cuaca hari itu juga akan ditampilkan di Bixby Home, selain hal-hal seperti rekomendasi YouTube dan musik.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan Bixby Home, tidak ada yang perlu Anda lakukan selain jangan pernah menggesek layar Homescreen ke arah kanan. Saat pertama kali akan mengakses fitur Bixby maka Anda harus masuk dengan akun Samsung dan menerima beberapa syarat dan ketentuan. Bixby Home kemudian akan mulai mengumpulkan rekomendasi dan data lainnya saat Anda menggunakan perangkat. Butuh beberapa hari bagi Bixby sehingga bisa mengumpulkan data-data mengenai kebiasaan anda menggunakan ponsel.

5. Aktifkan tombol Floating Camera

Tombol floating camera diperkenalkan pertama kali di seri Galaxy A 2018. Fitur ini memungkinkan Anda memiliki tombol rana kedua di dalam aplikasi kamera, yang dapat dipindahkan ke mana saja di layar. Anda dapat dengan mudah mengambil foto tanpa mencapai tombol volume atau tombol rana default, yang terkadang sulit dilakukan.

Aktifkan tombol Floating Camera

Aktifkan tombol Floating Camera

Untuk mengaktifkan tombol floating camera ini cukup buka aplikasi kamera, tekan tombol Setting (ikon roda gigi di kanan atas layar), lalu gulir ke bawah untuk menemukan opsi tombol Floating Camera.

Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombol rana kedua di dalam aplikasi kamera, dan Anda dapat menariknya untuk memindahkannya ke sisi layar yang Anda sukai. Jika Anda berada sedang membuka aplikasi kamera dan belum mengambil selfie Live Focus, Anda bisa melakukannya sekarang. Swipe layar untuk beralih ke kamera depan, kemudian tekan tombol Live Focus. Posisikan ponsel di depan Anda dan tunggu sampai Live Focus siap, lalu tekan tombol rana.

6. Sesuaikan tata letak tombol navigasi pada layar

Jika Anda tadinya menggunakan smartphone merek lain yang menggunakan stock Android dengan urutan tombol Back, Home dan Multitasking/recent apps, Anda mungkin tidak merasa nyaman dengan setup Samsung, yang memiliki tombol Back di sebelah kanan tombol Home.

Namun ini yang menarik sebab tombol Back digunakan jauh lebih sering dibanding tombol Recent Apps. Posisi tersebut pun lebih mudah dijangkau. Namun bila Anda menginginkan setting Stock Android, Anda dapat mengganti semuanya di menu Settings >>Display>>Navigation bar >>Buttons Layout.

Sesuaikan tata letak tombol navigasi pada layar

Sesuaikan tata letak tombol navigasi pada layar

Kemudian jika Anda tidak ingin melihat on-screen navigation bar setiap saat (berguna untuk meningkatkan tampilan lanskap layar untuk aplikasi tertentu), Anda dapat mengaktifkan ikon melingkar kecil di samping tombol navigasi. Ketuk dua kali ikon tersebut untuk membuat panel navigasi menghilang kecuali jika diminta dengan menggesek ke atas dari bagian bawah layar. Ketuk dua kali lagi, dan panel navigasi akan muncul kembali. Aktifkan ikon tersebut dari pengaturan bilah navigasi dengan menggeser tombol Show and Hide.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Galaxy A8 Plus 2018

7. Kustomisasi Quick Toggle

Ada enam default Quick Toggle yang tersedia saat Anda menggesek ke bawah untuk membuka Notification Shade. Beberapa di antaranya, seperti mode Wi-Fi atau mode pesawat terbang, tidak sering digunakan oleh kebanyakan pengguna. Anda dapat dengan mudah mengkustomisasi Quick Toggle ini dengan hanya menampilkan opsi yang sering anda gunakan.

Untuk melakukannya, gulir ke bawah Notification Shade, lalu copot Quick Toggles dengan menggesek ke bawah untuk melihat semua opsi yang tersedia. Kemudian, ketuk tombol tiga titik di kanan atas, dan pilih Button Order.

Kustomisasi Quick Toggle

Kustomisasi Quick Toggle

Sekarang, tekan dan tahan toggles untuk memindahkannya ke lokasi yang diinginkan, lalu tekan Done di kanan atas layar. Enam toggles pertama adalah apa yang Anda lihat secara default, sehingga Anda dapat menambahkan toggles penting (seperti lampu senter) di posisi ini untuk akses yang lebih cepat.

Anda juga bisa membuat display brightness terlihat di panel notifikasi, tepat di bawah enam Quick Toggles tersebut. Secara default, ini diakses dengan membuka menu Quick Toggles secara penuh. Untuk mengubahnya, gesek ke bawah dua kali dari atas layar untuk memperluas menu Quick Toggles, lalu ketuk panah yang mengarah ke bawah di samping panel brightness slider. Aktifkan opsi Show control pada pilihan teratas untuk selalu melihat slider brightness di panel utama Notification Shade.

8. Set Up blue light filter

Jika Anda adalah tipe pengguna yang terus asyik dengan smartphone sampai tertidur karena kelelahan, disarankan menggunakan blue light filter pada layar. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar bisa menghambat otak memproduksi zat kimia yang memberikan sinyal bahwa tubuh Anda bahwa sudah waktunya tidur. Perangkat Samsung kini hadir dengan menu blue light filter yang cukup bermanfaat.

Anda dapat mengaturnya agar diaktifkan secara otomatis pada waktu tertentu dalam sehari. Anda juga dapat mengaktifkan dan mematikan sesuka hati dari menu di Quick Toggles. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings ªDisplay dan tekan Blue light filter. Aktifkan opsi Turn on as scheduled, lalu izinkan akses lokasi untuk blue light filter. Ini akan memungkinkan perangkat secara otomatis mengaktifkan filter saat matahari terbenam dan menonaktifkannya saat matahari terbit. Anda juga bisa mengatur jadwal sendiri menurut jam Anda tidur dan bangun.

Anda juga bisa mengubah mode tampilan agar warna pada layar terlihat lebih alami, meski akibatnya akan menghilangkan keindahan tampilan layar AMOLED. Untuk mengubah modus tampilan, gunakan menu Screen Mode dalam Display Setting. Anda juga dapat mengubah nada warna layar di sini, selama Anda tetap menggunakan mode tampilan Adaptif default. Hangat untuk putih kemerahan dan dingin untuk putih kebiruan.

9. Set up Samsung Pay

Samsung Pay, jika tersedia di negara Anda, adalah layanan pembayaran mobile terbaik yang harus Anda setting di perangkat Galaxy A8 2018 atau A8+ 2018 milik Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Samsung Pay dari Apps Drawer, lalu ikuti petunjuk untuk masuk ke akun Samsung dan tambahkan kartu kredit (Anda mungkin perlu memperbarui aplikasi saat pertama kali menjalankannya). Setelah menambahkan kartu, Anda dapat mengakses Samsung Pay dari home screen atau lock screen dengan menggesek layar dari bagian bawah layar. Cara yang sama bisa dilakukan untuk mengakses Samsung Pay saat telepon terkunci dan layar mati.

10. Kustomisasi fitur Always On Display

Always On Display (AOD) adalah fitur praktis untuk melihat waktu dan pemberitahuan di telepon tanpa perlu mengaktifkan layar. Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu fitur AOD yang penting adalah pilihan untuk menampilkan tombol home dan ketuk dua kali untuk mengaktifkan layar.

Anda juga dapat mengkustomisasi untuk hanya melihat tombol home, atau melihat jam dan informasi lainnya. AOD dapat diatur agar diaktifkan pada waktu-waktu tertentu dan bukannya selalu muncul. Anda juga dapat memilih berbagai tampilan jam yang sangat menarik.

Kustomisasi fitur Always On Display

Kustomisasi fitur Always On Display

Untuk melakukan Setting Always On Display, buka Setting, kemudian masuk ke Lock screen and security, dan sentuh Always On Display. Ubah pengaturan yang dibutuhkan untuk memodifikasi AOD sesuai dengan keinginan anda. Anda juga dapat menonaktifkan AOD sepenuhnya untuk menghemat masa pakai baterai atau mengaktifkannya sesuai keinginan Anda dengan menggunakan tombol Quick Toggle di panel Notification Shade.

11. Hilangkan fitur Marketing Information

Ini adalah sesuatu yang paling sering dilewatkan pengguna saat penyiapan awal dan mendaftar ke Marketing Information dari Samsung. Informasi iklan tersebut mulai dari tawaran gratis 100 GB penyimpanan Microsoft OneDrive sampai iklan yang muncul di Theme Store dan juga informasi dalam bentuk pemberitahuan dan pesan SMS .

Kustomisasi fitur Always On Display

Kustomisasi fitur Always On Display

Untuk menghilangkan atau menonaktifkan Marketing Information tersebut, buka Setting lalu masuk ke General management dan ketuk Marketing Information. Di layar yang muncul, hapus pilihan I agree to receive marketing information.