Samsung Galaxy S9 dan S9+ Resmi Dikenalkan di MWC Bulan Depan

Samsung Galaxy S9 dan S9+ – Kabar gembira bagi para fans perangkat flagship, DJ Koh yang merupakan bos Samsung Mobile telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan tersebut akan segera meluncurkan lini Galaxy S paling baru di perhelatan Mobile World Congress (MWC) di Barcelona bulan depan (Februari 2018), begitu seperti dikutip dari portal ZDNet. Selama ini banyak rumor yang menyatakan jika Samsung akan meluncurkan Galaxy S9 lebih awal dari kebiasaan.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Koh mengeluarkan pengumuman tersebut di sebuah konferensi pers saat pameran dagang CES di Las Vegas. ZDNet tidak secara eksplisit mengkonfirmasi bahwa ponsel premium terbaru tersebut adalah Galaxy S9 namun nama lain yang bisa jadi akan menjadi sebuah kejutan bagi para penggemar.

Samsung Galaxy S9 dan S9+

Rumor Samsung Galaxy S9 dan S9+ (credit:weibo)

Koh juga menegaskan bahwa tanggal rilis resmi akan diumumkan di acara tersebut. Laporan sebelumnya banyak yang menyarankan agar Samsung segera memamerkan Galaxy S9 dan Galaxy S9+ pada ajang CES minggu ini, meski hal itu ternyata tak terjadi.


Sedikit flashback, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 + pada gelaran acara tersendiri yaitu “Galaxy Unpacked” pada bulan Maret tahun lalu sebelum memaang keduanya pada bulan April di situs resmi Samsung.

Pada beberapa tahun sebelumnya, perusahaan selalu mengenalkan smartphone high end terbarunya pada ajang Mobile World Congress, yang merupakan acara konferensi global bagi para pelaku industri mobile. MWC tahun 2018 ini akan berlangsung dari tanggal 26 Februari sampai 1 Maret.

Setelah pengenalan tersebut, kemudian akan dijual secara resmi beberapa minggu sesudah itu yaitu di akhir Maret atau awal April. Samsung sendiri belum memberikan konfirmasi resmi mengenai hal itu. Selain Galaxy S9, Koh pun menyatakan jika Samsung berencana meluncurkan iterasi berikutnya dari asisten suara Bixby yang banyak dikritik tahun lalu. Ia pun menambahkan bahwa smartphone yang bisa dilipat akan segera direalisasikan di tahun 2019 mendatang.

Berikut beberapa spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+ dari rumor yang beredar selama ini :

– Layar 5.8 inci / 6.2 inci QHD + Layar melengkung super AMOLED (570ppi / 529ppi)
– Android 8.0 ‘O’
– Qualcomm Snapdragon 845 (AS) / Samsung Exynos (Inggris)
– Cat 18 LTE support (kecepatan download 1.2Gbps)
– Pemindai sidik jari
– Kamera selfie ganda
– Asisten Bixby AI dengan tombol khusus
– USB-C, jack headphone 3.5mm